STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN SIDRAP (Tinjauan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)

  • Ali Rahim
    (ID)

Abstract

Disertasi ini membahas tentang Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah Aliyah Kabupaten Sidrap (Tinjauan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Madrasah Aliyah Kabupaten Sidrap, faktor pendukung dan penghambat peningkatan kualitas pendidikan serta solusinya dan bentuk strategi peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dan keilmuan. Pendekatan keilmuan meliputi: pendekatan pedagogis dan teologis normatif. Adapun sumber data penelitian adalah para Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Sarana Prasarana, dan guru Madrasah Aliyah di enam Madrasah Aliyah di Kabupaten Sidrap. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Teknik pengolahan data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik analisis data meliputi induktif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Kabupaten Sidrap berjalan dengan baik, namun sebagian guru tidak maksimal karena kondisi sarana yang kurang mendukung. Kedua, faktor pendukung dalam peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Kabupaten Sidrap yaitu faktor kurikulum yang paling dominan, kemudian faktor kompetensi guru dalam melaksanakan program pembelajaran, manajemen kepala madrasah, anggaran pendidikan, dan kerjasama madrasah dengan orang tua siswa/ masyarakat. Sedangkan faktor penghambat peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Kabupaten Sidrap adalah kurangnya sarana prasarana, masih adanya guru mengajarkan bidang studi tidak sesuai dengan kualifikasi akademiknya, dan kesejahtraan guru. Adapun solusinya adalah pihak madrasah harus mengalokasikan anggaran untuk sarana prasarana, mengadakan pelatihan guru bidang studi, memberdayakan MGMP serta pengawas harus memberikan bimbingan, dan membuka usaha sekolah. Ketiga, strategi peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Kabupaten Sidrap adalah peningkatan kualitas manajemen kurikulum dan program pengajaran, peningkatan kompetensi guru, peningkatan kesejahteraan guru, peningkatan prestasi akademik siswa, terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas pelaksanaan tugas kepala madrasah, peningkatan kualitas ketakwaan kepada Allah swt. serta akhlak mulia, dan peningkatan manajemen hubungan madrasah dengan masyarakat. Implikasi penelitian ditujukan kepada para Kepala Madrasah dan jajarannya, orang tua siswa serta instansi terkait agar senantiasa lebih mengoptimalkan peran sertanya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Kabupaten Sidrap.

References

Fadjar, Malik. Reorientasi Pendidikan Islam, Cet. I: Jakarta, Fajar Dunia, 1999.

Kaeruddin, dkk. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah, Jogyakarta: Nuansa Aksara, 2007.

Maksum, H. Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya, Anonim.

Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Print, Murray. Curriculum Development and Design, Second Edition, New South Wales Australia: Allen & Unwim, 1993.

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam Indonesia, Anonim.

Published
2014-12-18
How to Cite
Rahim, A. (2014). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN SIDRAP (Tinjauan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jurnal Diskursus Islam, 2(3), 440-454. https://doi.org/10.24252/jdi.v2i3.6539
Section
Artikel
Abstract viewed = 201 times