KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana implementasi KTSP pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Makassar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi KTSP pada Madrasah Alaiyah Negeri di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalag kualitatif dengan sampel dipilih secara purposive. Hal penelitian menunjukkan bahwa tingkat implementasi KTSP pada MAN di Kota Makassar dapat dilihat dari 3 hal yaitu eksistensi KTSP pada MAN di kota Makassar apabila dilihat dari segi keberadaan dokumne KTSP baik dokumen I maupun II, semua MAN di Kota Makassar sudah memiliki dokumen KTSP, meskipun dokumen yang disusun tersebut belum sepenuhnya sesuai dengan pedoman penyusunan KTSP dari BSNP. Keberadaan dokumen di madrasah masih mengadopsi contoh KTSP yang diperoleh dari hasil foto copy dengan sekedar mengubah bagian-bagian tertentu sehingga dokumen yang dimiliki masih pada batas pemenuhan kelengkapan administrasi madrasah.
ABSTRACT
This research focuses on the existence of KTSP at State Islamic Senior High School (Madrasah Aliyah Negeri-MAN) in Makassar. The purpose of this research is to describe the implementation of KTSP at Madrasah Aliyah Negeri in Makassar. This is a qualitative research using purposive sampling method. The result shows that the level of KTSP implementation at MAN in Makassar may be described from three perspectives; by looking at the existence of KTSP at MAN in Makassar, both document I and II, it can be concluded that all of MANs in Makassar have KTSP documents, even though the documents are arranged and filled out without fully adopting and following the guidelines and procedures of KTSP from BSNP. The presence of the documents at MAN is basically adopting the examples of KTSP by merely changing certain parts. This shows that the existing documents of KTSP at MANs in Makassar are simply prepared to complete the administrative documents of MAN.
References
Abrasyi, Muhammad 'Athiyyah al-, al-Tarbiyyah al-Islamiyyah wa Falas iTatiiha. Cet. II; Mesir: Dai al-Fikr, t.th..
Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. Ill; Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Dep. Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Yogyakarta: PT Tehazed, 2009.
Departemen Pendidikan Nasional RI, Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
Djohar, Pendidikan Strategik, Alternatif untuk Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: LESFI, 2003.
Farhan, Ishaq Ahmad, al-Tarbiyah al-Islamiyah bayn al-Asalah wa al Ma’asirah. Cet, II, t.tp:Dar Al- Furqan, 1983.
Gagne, Robert M. at.al.,Prinsiples of Instructional Design. New York : Holt Rinehart Winston, 1979.
Hasan, Said Hamid dkk., Bahan Latihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa (Kementterian Pendidikan Nasional; Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2010.
Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori & Praktek. Cet, 1: Jogjakarta ; Penerbit, Arruzz, 2011.
Langgulung, Hasan Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma'arif, 1980.
Muhaimin, Pengembangan kurikulum PAI di Sekolah, Maadrasah dan Pengurus Tinggi ; Jakarta PT. Rajja Grafindo Persada, 2009.
Mulasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Cet. Kelima; Bandung: Remaja Rosdakarya 2008.
Qurah, Al Husain Sulaeman, al-Usul al-Tarbiyayah fi Al-Bina al-Manahij. Cet. VI ; Mesir :Dar al-Ma’arif,1979.
Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat, 2012.
Republik Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 200 J tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. I, Bandung: Umbara, 2003.
Room, Muh, Implementasi Nilai-nilai Tasawuf dalam Pendidikan Islam: Solusi Mengantisipasi Krisis Spiritual di Era Globalisasi. Cet. Ill; Makassar: Berkah Utami, 2010.
Sayadi, Wajidi, Hadis Tarbawi, Pesan-pesan Nabi saw. tentang Pendidikan. Get. I; Jakarta: PT. Pustaka Firdaus, 2009.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).