KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA MAKASSAR

  • Hamriah Hamriah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DDI Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana implementasi KTSP pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Makassar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi KTSP pada Madrasah Alaiyah Negeri di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalag kualitatif dengan sampel dipilih secara purposive. Hal penelitian menunjukkan bahwa tingkat implementasi KTSP pada MAN di Kota Makassar dapat dilihat dari 3 hal yaitu eksistensi KTSP pada MAN di kota Makassar apabila dilihat dari segi keberadaan dokumne KTSP baik dokumen I maupun II, semua MAN di Kota Makassar sudah memiliki dokumen KTSP, meskipun dokumen yang disusun tersebut belum sepenuhnya sesuai dengan pedoman penyusunan KTSP dari BSNP. Keberadaan dokumen di madrasah masih mengadopsi contoh KTSP yang diperoleh dari hasil foto copy dengan sekedar mengubah bagian-bagian tertentu sehingga dokumen yang dimiliki masih pada batas pemenuhan kelengkapan administrasi madrasah.

ABSTRACT

This research focuses on the existence of KTSP at State Islamic Senior High School (Madrasah Aliyah Negeri-MAN) in Makassar. The purpose of this research is to describe the implementation of KTSP at Madrasah Aliyah Negeri in Makassar. This is a qualitative research using purposive sampling method. The result shows that the level of KTSP implementation at MAN in Makassar may be described from three perspectives; by looking at the existence of KTSP at MAN in Makassar, both document I and II, it can be concluded that all of MANs in Makassar have KTSP documents, even though the documents are arranged and filled out without fully adopting and following the guidelines and procedures of KTSP from BSNP. The presence of the documents at MAN is basically adopting the examples of KTSP by merely changing certain parts. This shows that the existing documents of KTSP at MANs in Makassar are simply prepared to complete the administrative documents of MAN.  

References

Abrasyi, Muhammad 'Athiyyah al-, al-Tarbiyyah al-Islamiyyah wa Falas iTatiiha. Cet. II; Mesir: Dai al-Fikr, t.th..

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. Ill; Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Dep. Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Yogyakarta: PT Tehazed, 2009.

Departemen Pendidikan Nasional RI, Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Djohar, Pendidikan Strategik, Alternatif untuk Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: LESFI, 2003.

Farhan, Ishaq Ahmad, al-Tarbiyah al-Islamiyah bayn al-Asalah wa al Ma’asirah. Cet, II, t.tp:Dar Al- Furqan, 1983.

Gagne, Robert M. at.al.,Prinsiples of Instructional Design. New York : Holt Rinehart Winston, 1979.

Hasan, Said Hamid dkk., Bahan Latihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa (Kementterian Pendidikan Nasional; Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2010.

Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori & Praktek. Cet, 1: Jogjakarta ; Penerbit, Arruzz, 2011.

Langgulung, Hasan Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma'arif, 1980.

Muhaimin, Pengembangan kurikulum PAI di Sekolah, Maadrasah dan Pengurus Tinggi ; Jakarta PT. Rajja Grafindo Persada, 2009.

Mulasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Cet. Kelima; Bandung: Remaja Rosdakarya 2008.

Qurah, Al Husain Sulaeman, al-Usul al-Tarbiyayah fi Al-Bina al-Manahij. Cet. VI ; Mesir :Dar al-Ma’arif,1979.

Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat, 2012.

Republik Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 200 J tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. I, Bandung: Umbara, 2003.

Room, Muh, Implementasi Nilai-nilai Tasawuf dalam Pendidikan Islam: Solusi Mengantisipasi Krisis Spiritual di Era Globalisasi. Cet. Ill; Makassar: Berkah Utami, 2010.

Sayadi, Wajidi, Hadis Tarbawi, Pesan-pesan Nabi saw. tentang Pendidikan. Get. I; Jakarta: PT. Pustaka Firdaus, 2009.

Published
2013-11-29
How to Cite
Hamriah, H. (2013). KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 329-365. https://doi.org/10.24252/jdi.v1i3.6635
Section
Artikel
Abstract viewed = 240 times