PENGARUH PENDIDIKAN HUMANISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN INSYA’ MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB STAIN WATAMPONE

  • Nusyirwan Nusyirwan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone
    (ID)

Abstract

Tulisan ini merupakan penelitian mengenai salah satu pendekatan pendidikan yaitu pendekatan pendidikan humanistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan pendidikan humanistik terhadap peningkatan kamanpuan insya’ mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Arab jurusan Tarbiyah STAIN Watampone. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian eksperimen yang terdiri atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan linguistik, pedagogis, humanistik, sosiologis, dan filosofis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diberi perlakuan menggunakan pendidikan humanistik nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 130,56, sedangkan kelas kontrol adalah 130,44. Berdasarkan uji kesamaan dua rata-rata pretest dengan menggunakan uji statistik non-parametric dengan uji Mann Whitney pada SPSS 16, dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemanpuan yang sama dalam mengarang insya’. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan pendidikan humanistik pada kelas eksperimen, maka nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 186,61, sedangkan kelas kontrol tanpa pendekatan humanistik nilai rata-rata 165,22. Adanya perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen membuktikan bahwa adanya peningkatan secara signifikan kemanpuan insya’ mahasiswa kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pendidikan humanistik terhadap peningkatan kemanpuan insya’ kelas eksperimen.

ABSTRACT

This article is a study on one of educational approaches that is humanistic educational approach. The purposes of this study are to analyze the influence of humanistic educational approach in improving the insya’ ability of the student of Arabic Language Education, Department of Tarbiyah, STAIN Watampone. This study is designed in the form of experiment research which involves a control class and an experimenttal class. The types of approach used are linguistic, pedagogical, humanistic, sociological and philosophical approach. The result of this study indicate that prior to being treated with a humanistic educational approach the everage value of the experimental class was 130,56, while the control class was 130,44. Based on the equation of two averages of pretest by using non-parametric statistical test and Mann-Whitney test in SPSS 16, it can be concluded that both classes have the same ability in writing (insya’i). After the classes were treated by using a humanistic educational approach, the everage value of the experimental class was 186.61, while the mean score of the control class without a humanistic approach was 165,22. The difference in the everage value of gain between experimental class and control class proves the existence of significat increase in insya’ ability experimental class student after treatment. This means that there ia siginificant influence of humanistic educational approach on the improvement of insya’  ability of the experimetal class.

References

Abrasyi, Muhammad 'Atiyah Al-, Ruh Al-Tarbiyah Wa Al-Ta'lim. Kairo: Isa Al-Babi Al-Halbi, 1943.

Attas, Syekh Muhammad A!-Nuquib Al-, Konsep Pendidikan Dalam Islam. Bandung: Mizan, 1988.

Ba'albaqi, Ruhi Al-, Al-Mawrid, Qamus Indonesia- 'Arabi. Beirut: Dar Al-'Ihn Li Al-Malayin, 1995.

Badaruddin, Filsafat Pendidikan Islam. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007

Baedhowi, Antropologi Al-Qur'an. Yogyakarta: Lkis, 2009.

Boisard, Marcel A., L' Humanisms De L'lslam, Terj. Rasjidi, Humanisms Dalam Islam. Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang, 1950.

Chaer, Abul, Linguistik Umum. Cel. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Gazali, Imam Abu Hamid Al-, Ihya 'Ulum Al-Din. Juz I. Bairut: Dar Al-Ma'rifah, t.th.

Izzan, Ahmad, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. II; Bandung: Humaniora, 2007.

Khufi, Muharamad 'All Al-, A Dictionary Of Theoretical Linguistics, English-Arabic With An Arabic-English Glossary. Riyad: Librairie Du Liban, 1982.

Kridalaksana, Harimurti, Kamus Linguistik. Jakarta: Graraedia Pustaka Utama, 1993.

Makin, Baharuddin dan Moh., Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori dan Aplikasi Praksis Dalam Dunia Pendidikan. Cet. I; Jogjakarta; Ar-Ruzz Media, 2007.

Maraghi, Mustafa Al-, Tafsir Al-Maraghi, Juz. I. Beirut: Dar Al-Fikr, t.th.

Maraguslam, Mencetak Pelajar Menjadi Insan Paripurna (Yogyakarta: Nuhulitera, 2010.

Nahlawi, Abd Al-Rahman Al- Usul Al-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asaruha al-Bait Wa Al-Madrasah Wa Al-Mujtama'. Damsyiq: Dar Al-Fikr, 1979.

Prayitno, Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2009.

Rida, Muhammad Rasyid, "Al-Tarbiyah Wa Al-Ta'lim. Alakadah: Ahmadiyah, 1912/1330.

---------, Tafsir al-Manar. Juz, 1. Mesir: Dar Al-Manar, 1973.

Sabban Muhammad Ibn 'Ah Al-, Hasyiyah Al~Sabban 'Ala Syarh al-Asyami 'Ala Alfiyah Ibn Malik. Al Maktabah Al-Tauhqiyah, t.th.

Tarld Abdullah Ibn Abd Al-Muhsin Al-, Huquq Al-Insan al-Islam. Cet. I; Saudi Al-'Arabiyah: Wazarah Al-Syu'm Al-Lslamiyah Wa Al-Awqaf Wa Al-Oa'wah Wa Al-Lrsyad, t.th.

Zakariya Abu Al-Husain Ahmad Ibn Paris Ibn, Maqayis Al-Lugah, Jilid Ii. Beirut: Dar Al-Jail,991.

Zul Asyri, Pelaksanaan Musyawarah Dalam Pemerintahan Al-Khulafa' Al-Rasyidin. Jakarta: Kalam Mulia, 1996.

Published
2013-11-29
How to Cite
Nusyirwan, N. (2013). PENGARUH PENDIDIKAN HUMANISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN INSYA’ MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB STAIN WATAMPONE. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 396-420. https://doi.org/10.24252/jdi.v1i3.6638
Section
Artikel
Abstract viewed = 482 times