MANAJEMEN PENGADAAN GERAKAN SERIBU BUKU DI UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Abstract
Proses manajemen pengadaan buku GSB UIN Alauddin Makassar ada beberapa tahapan, yang dimulai dari tahap pembentukan panitia GSB UIN Alauddin Makassar, pembukaan pendaftaran GSB UIN Alauddin Makassar, seleksi dan verifikasi berkas pendaftar GSB UIN Alauddin Makassar, pengumuman kelulusan pendaftaran GSB UIN Alauddin Makassar, dan tahap kontrak perjanjian. Tahapan manajemen pengadaan buku GSB UIN Alauddin Makassar menunjukkan sudah cukup baik dan terarah, akan tetapi masih perlu ada upaya-upaya evaluasi dan perbaikan, misalnya dari segi membangun hubungan kerjasama dan koordinasi di antara panitia, tim independen, dan penulis maupun evaluasi dan perbaikan yang sifatnya tekhnis.References
Ali, Sayuthi, Metodologi Penelitian Agama: Pendekatan Teori dan Praktek, Ed. I Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.
Almah, Hildawati. Pemilihan dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan. Makassar: Alauddin University Press, 2012.
Arikunto, Suharsimi, dan Cepi S. Abdul Jabar. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Cet, I; Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Darmono, Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2006.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0103/O/1981, Tanggal 11 Maret 1981. Dikutip dalam Elin Rosalin. Pemanfaatan Perpustakaan dan Sumber Informasi (Bandung: Karsa Mandiri Persada, 2008.
Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Cet. X; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Gomes, C. Faustino. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset, 1997.
Hasibuan. Manajemen Dasar Pengerian dan Masalah. Cet. II; Bandung: Haji Masagung, 1990.
Irsan, “Pandangan Pustakawan UIN Alauddin Makassar terhadap Pelarangan Buku- Buku Kiri di Era Orde Baru”, Skripsi, Makassar: Fakultas Adab dan Humaniora, 2013.
Koswara. Dinamika Informasi Dalam Era Global. Bandung: Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Jawa Barat bekerjasama dengan Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 1998.
Marbun B.N. Konsep Manajemen Indonesia, Jakarta: Bagian Publikasi Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen, 1980.
Soeatminah. Perpustakaan Kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius, 1992.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Cet. III; Jakarta: Rajawali Press, 2009.
Sulistyo-Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan (Jakarta: Gramedia Pustaka utama, 2000.
Suprayogo, Imam, Metodologi Penelitian Sosial-Agama Cet. I; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.
Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Jakarta: Ciputat Press, 2005.
Usman, Husaini. Manajemen: Teori Praktek dan Riset pendidikan. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Wahyu. Pedoman Penelitian Pendidikan. Bandung: Tarsito, 1996.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).