BENTUK DEMOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA PONDOK PESANTREN DDI MANGKOSO KAMPUS 2 PUTRA TONRONGNGE

  • Ahmad Hamdan Guntur
    (ID)
  • Munir Munir
    (ID)
  • Haniah Haniah
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk-bentuk demotivasi pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di Pondok Pesantran DDI Mangkoso Kampus II Putra Tonrongnge. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan pendekatan penelitian yang digunkan adalah: pedagogis, sosiologis, dan psikologis. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan tehnik purposive sampling, dan data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari 10 jenis motivasi yang diajukan oleh Harmer (2011), hanya 5 jenis demotivasi yang dialami oleh santri dalam pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren DDI Mangkoso Kampus 2 Putra Tonrongnge, yakni demotivasi karena rasa takut, demotivasi karena koflik nilai, demotivasi karena kurangnya kebebasan, demotivasi karena kurangnya kepercayaan diri dan demotivasi karena kejenuhan.

References

Cambridge Dictionay” online dictionary.https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/demotivation

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Umum Bahasa Indonesia Cet. V; Jakarta: Balai Pustaka, 1976.

Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar Cet II; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Dornyei, Zolltan dan Ema Ushioda, Teaching and Researching Motivation (2nd ed) Harlow, England: New York, Longman, 2011.

Dornyei, Zoltan dan Ema Ushioda, Teaching and Researching Motivation (England: New York, Longman, 2010.

Hamada, Yo dan Kazuya Kito, “Demotivation in Japanese high schools” in K. Bradford-Watts (Ed.) JALT: Conference Proceeding, 2008.

Harianto, Perencanaan Pengajaraan Cet. IV; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.

Harmer, Siobhan. “Ten Types of Demotivation and Howto Overcome Them”. Situs Resmi Lifehack.https://www.lifehack.org/articels/productivity/10-types-demotivation-and-how-overcome- them.html/

Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2011.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Nasution, Sahkholid, “Metode Konvensional dan Inkonvensional dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2012 Vol. XII NO. 2.

Pribadi, Benny A., Model Desain Sistem Pembelajaran Cet. I; Jakarta: Dian Rakyat,2009.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan, Cet. VI; Jakarta: Kencana, 2009.

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2008.

Sukmadinata, Nana Syaodih , Metode Penelitian Pendidikan Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Suryabrata, Sumardi, Psikologi Pendidikan Jakarta: Rajawali, 2000.

Uno, Hamzah B., Perencanaan Pembelajaran Cet. IV; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Wena, Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Cet. VIII; Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Published
2016-12-30
How to Cite
Guntur, A. H., Munir, M., & Haniah, H. (2016). BENTUK DEMOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA PONDOK PESANTREN DDI MANGKOSO KAMPUS 2 PUTRA TONRONGNGE. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 510-522. https://doi.org/10.24252/jdi.v4i3.7382
Section
Artikel
Abstract viewed = 940 times