PELATIHAN PEMBUATAN LAMPU DARURAT SEDERHANA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen Design yang bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains peserta kelas XII IPA I SMA Negeri 2 Takalar sebelum mendapatkan pelatihan Pembuatan Lampu Darurat Sederhana, untuk menggali keterampilan proses sains peserta didik kelas XII IPA I SMA Negeri 2 Takalar setelah mendapatkan pelatihan Pembuatan Lampu Darurat Sederhana dan menemukan perbedaan keterampilan proses sains peserta didik kelas XII IPA I SMA Negeri 2 Takalar sebelum dan setelah mendapatkan pelatihan Pembuatan Lampu Darurat Sederhana. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 30 orang yang dipilih menggunakan teknik purpossive sampling. Hasil penelitian digunakan uji t pada data nilai posttest (nilai akhir). Namun sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pengujian sampel, yaitu dengan melakukan uji normalitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t tersebut diperoleh dan dari tabel distribusi Lhitung = 0,144 dan dari tabel distrbusi diperoleh Ltabel = 0,161 dengan α = 0.05 dan dk = 30 - 1 = 29. Hal ini menunjukkan bahwa Lhitung(0,144) <Ltabel(0,161). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Takalar setelah pelatihan pembuatan lampu darurat sederhana Kata Kunci: Direct Instruction, Sepak Bola Verbal, keaktifan, hasil belajar.
Kata kunci : Keterampilan Proses Sains dan Pembuatan Lampu Darurat Sederhana
Downloads
References
Alim. Muhammah. 2010. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembntukan pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Almanda, Deni & Budiyanto. 2013. Rancang Bangun Lampu Penerangan Darurat (Compact Emergency Lamp) Dengan Mengunakan Lampu Hemat Energi (Jurnal Nasional). Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiah Jakarata: Jakarta.
Amin, Nurhani. 2011. Optimasi Sistem Pencahayaan Dengan Memanfaatkan Cahaya Alami (Studi Kasus Lab. Elektronika Dan Mikroprosessor Untad (Jurnal Nasional). Jurusan Teknik Elektro UNTAD: Palu
Anggereni, Santih. 2014. Menegembangkan Asesmen Kinerja Melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium. Makassar: Alauddin University Press.
Ango L, Mary. 2002. Mastery of Science Precess Skill and Their Effecrive Use in the Teaching of Science: An Educology of Science in Nigerian Context. International journal of educology, volume 16, No. 1.
Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Dan Evaluasi Riset Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mastuhu, M. 2007. Sistem Pendidikan Nasional Visioner. Tangerang: Lentera Hati.
Semiawan, Conny dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Giramedia.
Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta
Rustaman, Nuryani dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.