PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP PENGETAHUAN PROSEDURAL FISIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara model pembelajaran discovery terbimbing dengan model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap pengetahuan prosedural fisika peserta didik kelas X IPA SMAN 14 Gowa. Pemilihan sampel melalui teknik simple random sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes pengetahuan prosedural, dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji T-2 sample independent. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh hasil tes pengetahuan prosedural fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran discovery terbimbing dikategorikan dalam kategori baik, sedangkan hasil tes pengetahuan procedural fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inquiry terbimbing dikategorikan dalam kategori baik. Selanjutnya, untuk statistik inferensial menyatakan bahwa thitung> ttabelsehingga terdapat perbedaan antara model pembelajaran discovery terbimbing dengan model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap pengetahuan prosedural fisika peserta didik kelas X IPA SMAN 14 Gowa..
Downloads
References
A Jacobsen, David at.all. 2009. Methods for Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. IV; Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.
Kilpatrick, J., Swafford, J dan Fildell, D. 2001. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematic. National Academi Press.
Kuswana, Wowo Sunaryo. 2012. Taksonomi Kgnitif: Perkembangan Ragam Berfikir. Bandung: PT Remaja Roesdakarya.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Presta Pustaka
Widodo, A. 2006.Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Buletin Puspandik, 3(2).
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Yudianto, Erfan. 2013. Profil Pengetahuan Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural Siswa Dalam Mengidentifikasi Masalah Pecahan. Vol. 3.No. 1.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.