EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ALAT PERAGA PANEL SURYA SEDERHANA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LISTRIK SEARAH
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental Designs yang bertujuan untuk 1) Mengetahui tingkat keterampilan proses sains peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis alat peraga panel surya (solar cell) sederhana pada materi listrik searah kelas XII IPA SMA Negeri 10 Jeneponto. 2) Mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis alat peraga panel surya (solar cell) sederhana dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi listrik searah kelas XII IPA SMA Negeri 10 Jeneponto. Desain Penelitian yang digunakan adalah penelitian One-Shot Case Study. Sampel penelitian berjumlah 20 orang peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian deskripsi menunjukkan bahwa rata-rata nilai keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan media pembelajaran berbasis alat peraga panel surya (solar cell) sederhana pada materi listrik searah sebesar 81,15 dan 83,90 yang berada pada kategori tinggi dan melebihi standar KKM =75. Selanjutnya berdasarkan pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh sebesar 3,078 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,086 (thitung> ttabel). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis media alat peraga panel surya (solar cell) sederhana berdampak positif terhadap hasil keterampilan proses sains peserta didik yang dicapai dan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi listrik searah kelas XII IPA SMA Negeri 10 Jeneponto.
Downloads
References
Aditya Restu Putra, 2019. Penerapan Pembelajaran Berbasis Alat Peraga Pada Materi Fluida Statis Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains peserta Didik Kelas X KB 1 SMK Negeri 2 Makassar. Skripsi. Repository UIN Alauddin Makassar.
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Islam.
Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Depertemen agama RI, 2006. Al-Qur’an dan terjemahannya. Jakarta Timur: CV Darus Sunnah.
Hesbon E. Abungu, Dkk. 2014. The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research MCSER Publishing, Rome-Italy. Vol. 4 No.6 September 2014.
Martina Hodosyova. 2014. The Devolopment of Science Process Skills in Physics. Academic Word Education and Research Center.
Sugiono, 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.