PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA DDI HASANUDDIN KABUPATEN MAROS
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang manajemen kelas terhadap keaktifan belajar peseta didik di MA DDI Hasanuddin Kabupaten Maros yang memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap keaktifan belajar peserta didik di MA DDI Hasanuddin Kabupaten Maros. penelitian kuantitatif jenis ex post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang ada di MA DDI Hasnuddin Kabupaten Maros, sampel penelitian ini berjumlah 90 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kelas berada dikategori sedang dengan jumlah frekuensi sebanyak 62 peserta didik (69%) dan keaktifan belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan jumlah frekuensi sebanyak 65 peserta didik (72%). Adapun hasil thitung = 15,1072012 > ttabel = 1,66235. terdapat pengaruh antara manajemen kelass terhadap keaktifan belajar peserta didik di MA DDI Hasanuddin Kabupaten Maros, ini berarti semakin baik penerapan manajemen kelas maka semakin baik pula keaktifan belajar peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Afiif, A., & Idris, R. (2016). Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 19(2), 131–145. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n2a1
Afriza. (2014). Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Efendi, R., & Gustriani, D. (2020). Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Idawati, I. (2019). Hubungan Manajemen Kelas dengan Hasil Belajar Siswa. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(1), 29–33. https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i1.2054
Irdamurni. (2020). Pendidikan Inklusif Solusi dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Kencana.
Karwati, E., & Priansa, D. J. (2015). Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.
Khuluqo, E, I. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nata, A. (2009). Persfektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Nizar, S. (2002). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Cioutat Pers.
Prayitno, S. H., & Nuriawan, A. (2019). Mathemagic For Teaching: Belajar itu Mudah Asal Tahu Gayanya. Surabaya: Scorpio Media Pustaka.
Puspitaningdyah, D. O., & Purwanti, E. (2018). Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas dan Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar IPS SD. Joyful Learning Journal, 7(1), 39–47.
Rosdiana, Nuryamin, Rusydi Rasyid, M., & Afiif, A. (2017). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20(1), 112–126. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1i9
Toharuddin, M. (2020). Buku Ajar Manajemen Kelas. Klaten: Lakeisha.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##