STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA KONFLIK TENAGA KEPENDIDIKAN
Abstrak
Penelitian ini mengkaji strategi kepala madrasah dalam mengelola konflik tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Hidayah Sungai Salak, Kabupaten Indragiri Hilir. Tujuannya adalah mendeskripsikan strategi pengelolaan konflik untuk meningkatkan produktivitas kerja dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui observasi deskriptif dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala madrasah dipengaruhi oleh paradigma hubungan manusia, menggunakan strategi menghindari, akomodasi, dan kompromi, namun dampak konflik tidak selalu positif karena tidak ada upaya menjaga tingkat konflik optimal. Kendala termasuk kurangnya keterbukaan, konflik diam-diam, egoisme, gengsi, dan merasa paling benar. Solusi yang direkomendasikan adalah meningkatkan pengetahuan konseptual, pengembangan kompetensi, dan mengikuti pelatihan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Akdon. (2016). Strategic Management for Educational Management (Manajemen Strategik Untuk Manajemen Pendidikan) (Riduwan, K. Abdulmutalib, E. A. Kuntjoro, & Subandi (Eds.)). Alfabeta.
Alawiyah, D. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di MTs Al-Ihsan Pamulang. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Alfatih, R. M. A. J. (2020). Strategi Kepala Madrasah dalam Mengelola Konflik di MA Al-Hikmah Jakarta [Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/51065
Asf, J., & Mustofa, S. (2021). Supervisi Pendidikan (Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawasan Sekolah dan Guru) (R. K. Ratri (Ed.)). Ar-Ruzz Media.
Bakri, M., & Hosna, R. (2020). Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Meningkatkan Pendidikan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Al-Ma’arif 02 Singosari Malang. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 31(2), 324–339. Https://Doi.Org/10.33367/Tribakti.V31i2.1257
Budi, H. I. S. (2020). Manajemen Konflik: Mengelola Marah dan Stres Secara Bijak (A. D. Nabila (Ed.)). Deepublish.
Dalimunthe, S. F. (2016). Manajemen Konflik dalam Organisasi. Jurnal BAHAS, 27(1). Https://Doi.Org/10.24114/Bhs.V27i1.5657
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Fathorrahman. (2021). Manajemen Konflik dan Stres di Sekolah. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(2), 183–200. Https://Doi.Org/10.47766/Itqan.V12i2.122
Hamirul. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Edukator Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan di SMA Negeri I Muara Bungo. Jurnal Efektor, 6(1), 52–60. Https://Doi.Org/10.29407/E.V6i1.12546
Herfandi, H. (2021). Pengaruh Konflik Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Restu Experience Perawang Di Kabupaten Siak. Http://Repository.Uir.Ac.Id/Id/Eprint/4685%0ahttps://Repository.Uir.Ac.Id/4685/1/Herfandi.Pdf
Hidayat, R., Dyah M, V., & Ulya, H. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 61–68. Https://Doi.Org/10.34125/Kp.V4i1.394
Karlina, T., Manalu, M., & Amini, M. (2022). Profil Fungsi Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9650–9660. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i6.4088
Kristanto, A. (2020). Manajemen Konflik. Gava Media.
Kumala, E. N. S., Amalia, T., Aulia, D. R., & Yaqin, M. A. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Menangani Sumber-Sumber Konflik yang Terjadi di SDS Ulul Albab. Religion : Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(6), 65–76. Https://Doi.Org/10.55606/Religion.V1i6.24
Makuntai, M. (2016). Strategi Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Konflik Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Paguat [Universitas Negeri Gorontolo]. In Skripsi (Vol. 1, Issue 131411068). Https://Repository.Ung.Ac.Id/Skripsi/Show/131411068/Strategi-Kepala-Sekolah-Dalam-Pengelolaan-Konflik-Guru-Di-Madrasah-Tsanawiyah-Negeri-Paguat.Html
Mulyati, E., Suherman, U., & Ahman. (2021). Strategi Penanganan Konflik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 10(2), 01–12. Https://Doi.Org/10.15294/Ijgc.V10i2.53137
Muslim, A. (2020). Manajemen Konflik Interpersonal di Sekolah. Jurnal Paedagogy, 1(1), 17–27. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V1i1.3055
Nendissa, J. E. (2022). Teori Konflik Sosiologi Modern Terhadap Pembentukan Identitas Manusia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 4(3), 69–76. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jpsu/Article/View/53615
Nurmansyah. (2020). Manajemen Konflik. Unilak Press.
Putra, J. A. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 347–355. Https://Doi.Org/10.24036/Bmp.V2i1.3773
Rusdiana. (2015). Manajemen Konflik (P. 329). Pustaka Setia. Http://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/11520/1/Mako.Pdf
Sudarmanto, E., Sari, D. P., Tjahjana, D., S, E. W., Mardiana, S. S., Purba, B., Purba, S., Irdawati, Tjiptadi, D. D., Syafrizal, Kato, I., Rosdiana, Manalu, N. V., & Sn, A. (2021). Manajemen Konflik. In R. Watrianthos (Ed.), Manajemen Konflik. Yayasan Kita Menulis. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=En&Lr=&Id=Mzgneaaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pa105&Dq=Manajemen+Konflik&Ots=Pxvycwwgkd&Sig=2wtedyuormepp8q9bzjml6j8zrk&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q=Manajemen Konflik&F=False
Tambunan, A. M., Huda, M., Nyoman, I., & Degeng, S. (2017). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengelola Konflik Menyikapi Dampak Negatif Penerapan Full Day School. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2(6). Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/
Wahyudi. (2021). Teori Konflik dan Penerapannya Pada Ilmu-Ilmu Sosial. Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Wahyudi, & Hidayat, W. (2019). Manajemen Konflik dan Stres dalam Organisasi. Alfabeta.
Watungadha, F. E. (2020). Strategi Manajemen Konflik Organisasi Sektor Publik (M. F. Rohman & W. N. Muharrik (Eds.)). Media Nusa Creative.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##