SLOWLY BUT SURELY: THE MATERNAL PHASE OF SYLVIA PLATH IN HER LATE POEM

Abstrak

Menjadi ibu merupakan pengalaman paling ekslusif yang hanya dialami oleh perempuan. Selama beberapa abad, perempuan dipaksa menerima dogma bahwa menjadi seorang ibu adalah pengalaman membahagiakan. Silvia Plath, salah satu diantara penyair perempuan yang berani untuk menyatakan pengalaman orisinilnya menjadi seorang ibu tanpa harus mengikut kepada  bahasa sastra patriarki. Pendekatan Ginokritik diaplikasikan karena menempatkan suara perempuan sebagai satu-satunya suara paling orisinil untuk pengalaman keibuan tanpa campur tangan patriarki. Beberapa puisi terpilih di akhir hayat dari Silvia Plath digunakan sebagai sumber data penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Plath mengalami kesulitan yang cukup hebat dalam beradaptasi menjadi seorang ibu. Apapun pengalaman yang dialami Plath, atau ibu manapun merupakan kekayaan ekslusif yang seharusnya hanya dapat dimiliki dan dibagikan oleh perempuan semata..

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Axelrod, S. G. (1992). Sylvia Plath: The wound and the cure of words. Baltimore, MD: Johns Hopkins University Press.

Barai, A. (2016). Speaking the space between mother and child: Sylvia Plath, Julia kristeva, and the place of children’s literature. In Space and Place in Children’s Literature, 1789 to the Present (pp. 55–70). Routledge.

Butscher, E. (2003). Sylvia Plath: Method and madness. Tucson, AZ: Schaffner Press.

Christodoulides, N. J. (2005). Out of the cradle endlessly rocking: Motherhood in Sylvia plath’s work. Leiden, Netherlands: Editions Rodopi B.V.

Cosslett, T. (1994). Women writing childbirth: Modern discourses of motherhood. Manchester, England: Manchester University Press.

Gill, J. (Ed.). (2006). Cambridge companions to literature: The Cambridge companion to Sylvia Plath. Cambridge, England: Cambridge University Press.

Given, L. M. (Ed.). (2012). The SAGE encyclopedia of qualitative research methods. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Holbrook, D. (2013). Sylvia Plath: Poetry and existence. London, England: Bloomsbury Academic.

Kendall, T. (2001). Sylvia Plath: A critical guide. London, England: Faber & Faber.

Kirk, C. A. (2004). Sylvia Plath: A Biography. Westport, CT: Greenwood Press.

Moosavinia, S. R., & Mazloumian, S. (2018). The language of pregnancy in Sylvia Plath’s METAPHORS. The Explicator, 76(3), 146–149. doi:10.1080/00144940.2018.1489768

Naylor-Smith, W. (2013). Refiguring Women: Metaphor, Metonymy, and Identity in Plath’s Confessional Poetry. Plath Profiles, 6, 319–328.

Plath, S., & Hughes, T. (1981). Collected poems: Sylvia Plath. Turtleback Books.

Rose. (1992). The haunting of Sylvia Plath. London, England: Harvard University Press.

Ruiz, J. J. M. (2016). Sylvia Plath’s Motherhood Poetry: Conflicting Perspectives ( Universidad de Valladolid, Valladolid). Retrieved from http://uvadoc.uva.es/handle/10324/18918

Saldana, J. (2011). Fundamentals of qualitative research. New York, NY: Oxford University Press.

Showalter, E. (1978). A literature of their own: British women novelists from Bronte to lessing. Berkeley, CA: University of California Press.

Souffrant, L. (2010). Mother delivers experiment: Poetry of motherhood: Plath, derricotte, Zucker, and Holbrook. WSQ Women s Studies Quarterly, 37(2), 25–41. doi:10.1353/wsq.0.0198

Stevenson, A. (1989). Bitter fame: A life of Sylvia Plath. Houghton Mifflin.

Wagner-Martin, L. (1999). Sylvia Plath: A literary life (1st ed.). Basingstoke, England: Palgrave Macmillan.
Diterbitkan
2022-06-06
Bagian
Volume 9 Number 1, June 2022
Abstrak viewed = 385 times