THE INTELLIGENCE CONTENTS IN ANIMATED MOVIE ‘DORA THE EXPLORER’

  • NAHDHIYAH NAHDHIYAH STAIN Palangka Raya
    (ID)

Abstrak

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tipe-tipe muatan kecerdasan dalam film animasi ‘Dora the Explorer’ dan menjelaskan cara muatan kecerdasan tersebut disampaikan. Penelitian ini memberi informasi bahwa (1) film animasi ini bisa menjadi tontonan yang layak untuk anak, (2) seorang anak bisa cemerlanglebih dari satu tipe kecerdasan, (3) dan bahwa adalah penting untuk mengeksplor dan mengembangkan potensi kecerdasan anak melalui berbagai aktifitas yangbertujuan untuk mengoptimalkan kecerdasan anak. Penelitian ini menggunakan tekhnik analisis isi dengan lembar koding sebagai instrumen.Tiga seri filim ‘Dora the Explorer’ adalah subyek penelitian.Data analisis dimulai dari mempersiapkan data, menentukan unit analisis, membuat lembar koding, memberi kode, membuat kesimpulan dan melaporkan temuan. Hasil penelitian menunjukkan ada 9 tipe muatan kecerdasan pada setiap seri film  ‘Dora the Explorer’. Tipe kecerdasan tesebut adalah kecerdasan natural, musik, matematis, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, bahasa, visual, dan eksistensi. Muatan kecerdasan pada tiga seri tersebut disampaikan dalam lakon yang berbeda.Lakon-lakon tersebut merupakan kegiatan-kegiatan yang merangsang perkembangan bakat potensi kecerdasan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aiman, Hesthy Umi. (2009). Muatan kekerasan Dalam Film kartun (Analisis Isi pada Film Kartun “Tom and Jerry” Seri 4Karya Hanna Barbera (thesis).Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/eprint/774

Brualdi, Amy C. Multiple Intelligences: Gardner's Theory. ERIC Clearinghouse on Assessment and Evaluation, 210 O'Boyle Hall, The Catholic University of America, Washington, DC. http://www.springhurst.org/articles/MItheory.htm

Bungin, Burhan. (2003). MetodologiPenelitianKualitatif: AktualisasiMetodologiskeArahRagam Varian Kontemporer.Cetakankedua. Jakarta: PT. RajaGrafindoPersada.

Dickinson, Dee. (2010). Learning Through Many Kinds of Intelligence. John Hopkins University. http://education.jhu.edu/PD/newhorizons/strategies/topics/mi/dickinson_mi.html

Gardner, Howard. (2013). The Nine Types of Intelligences, Overview of the Multiple Intelligence Theory. Association for Supervision and Curriculum Development and Thomas Amstrong.com. http://skyview.vansd.org/lschmidt/Projects/The%20Nine%20Types%20of%20Intelligence.htm. Accessed Januari 2013.

Gardner, Howard. The Nine Types of Intelligences, Overview of the Multiple Intelligences Theory. Association for Supervision and Curriculum Development and Thomas Armstrong.com. http://skyview.vansd.org/lschmidt/Projects/The%20Nine%20Types%20of%20Intelligence.htm. Accessed Januari 2013.

Guignon, Anne. (2010). Howard Gardner's Multiple Intelligences: A Theory for Everyone (article). Education World®.http://www.educationworld.com/a_curr/curr054.shtml

Howard Gardner's Nine Multiple Intelligences (MIs) and some verbs associated with the observable actions characteristic of each multiple intelligence(MI)(ebook)http://www.citruscollege.edu/academics/courses/everest/Documents/Math%20Help/GardnersUpdatedNineMIObservableActionsList.pdf.

Stemeler, Steve. (2001). An overview of content analysis: Practical Assessment, Research & Evaluation. A Peer Reviewed Electronic Journal. Yale University. http://www.qualitative-research.net/index.php/fqs/article/view/75/153

Thescriptlab. 2012. Animated.http://thescriptlab.com/screenplay/genre/animated, accessed on December 25th 2012.

Wesley, Jared J. 2009. Building Bridges in Content Analysis: Quantitative and Qualitative Traditions.Department of Political Studies. University of Manitoba.

Wildemuth, Yan Zhang and Barbara M. (2012).Qualitative Analysis of Content (Sage Journal). http://ils.unc.edu/~yanz/contentanalysis. Pdf. Accessed on March, 16th .

Diterbitkan
2017-09-08
Bagian
Volume 1 Number 2, July 2014
Abstrak viewed = 402 times