Bahasa Inggris

  • Heni Nurlela State Islamic Univesity Syarif Hidayatullah Jakarta
    (ID)
  • Tuty Handayani State Islamic University Syarif Hidayatullah Jakarta
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam tindakan asertif dan bagaimana tindakan asertif yang disampaikan oleh Joe Biden dalam wawancara pertamanya sebagai Presiden di Channel YouTube 60 Minutes dengan menggunakan teori Searle & Vanderveken. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik dokumentasi dengan cara menonton video, mendengarkan, membaca, dan mencatat untuk kemudian dimasukkan ke dalam kartu data. Penelitian ini menemukan 20 ujaran yang diklasifikasikan ke dalam delapan macam tindak asertif, yaitu; mengakui, meyakinkan, mengklaim, mengkritik, menginformasikan, membantah, melaporkan, dan memperkirakan. Tindak asertif yang paling banyak digunakan adalah tindak menginformasikan yang berjumlah 7 ujaran, disusul dengan tindak meyakinkan yang berjumlah 3 ujaran. Masing-masing tindakan melaporkan, menjamin, memperkirakan, mengklaim, dan mengakui terkandung dalam 2 ujaran. Tindakan asertif yang paling sedikit digunakan adalah mengkritik dan membantah, masing-masing tindakan terkandung dalam 1 ujaran. Berdasarkan tindak tutur asertif yang ditemukan dalam penelitian ini, hanya tindak tutur mengkritik saja yang mengandung tindak tutur tidak langsung dan makna yang tidak harafiah. Tindak asertif selebihnya mengandung tindak tutur langsung dan makna harafiah. Kesimpulannya, Joe Biden berusaha meyakinkan rakyatnya bahwa ia bisa mengatasi pandemi COVID-19 dengan memanfaatkan ucapan langsung dan makna literal untuk menyampaikan pesannya secara efektif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdel-Qader, L. M., & Al-Khanji, R. R. (2022). Conceptual Metaphor in COVID-19 Speeches of the American President Joe Biden. Theory and Practice in Language Studies, 12(4), 810–818. https://doi.org/10.17507/tpls.1204.24

Attamimy, H. F., Junining, E., & Khasanah, I. (2020). Speech Act Analyisis of Jacinda Ardern About Covid-19. Elite English and Literature Journal, 7(2), 209. https://doi.org/10.24252/10.24252/elite.v7i2a9

Cerovac, I. (2020). John Dunn interview. Croatian Journal of Philosophy, 20(59), 133–138.

Chakim, M. A., & Dibdyaningsih, H. (2019). An analysis of teacher speech act in giving motivation for english students. JELTII (Journal of English Language Teaching and Islamic Integration), 2(2), 218–229. https://doi.org/10.31227/osf.io/yzh34

Fitriani, S. S., Achmad, D., & Rasmita, F. (2020). An analysis of illocutionary acts in a fantasy movie. Studies in English Language and Education, 7(1), 170–180. https://doi.org/10.24815/siele.v7i1.13635

Haucsa, G. M., Marzuki, A. G., Alek, A., & Hidayat, D. N. (2020). Illocutionary Speech Acts Analysis in Tom Cruise’S Interview. Academic Journal Perspective : Education, Language, and Literature, 8(1), 11. https://doi.org/10.33603/perspective.v8i1.3304

Ivana, P. S. I., & Suprayogi, S. (2020). the Representation of Iran and United States in Donald Trump’S Speech: a Critical Discourse Analysis. Linguistics and Literature Journal, 1(2), 40–45. https://doi.org/10.33365/llj.v1i2.293

Lambert, V. a., & Lambert, C. E. (2012). Qualitative Descriptive Research: An Acceptable Design. Pacific Rim International Journal of Nursing Research, 16(4), 255–256. http://antispam.kmutt.ac.th/index.php/PRIJNR/article/download/5805/5064

Li, P., & Jeong, H. (2020). The social brain of language: grounding second language learning in social interaction. Npj Science of Learning, 5(1). https://doi.org/10.1038/s41539-020-0068-7

Milal, A. D., & Kusumajanti, W. (2020). Assertive Speech Acts Performed by Teacher in EFL Classes. NOBEL: Journal of Literature and Language Teaching, 11(1), 83–100. https://doi.org/10.15642/nobel.2020.11.1.83-100

Montiel, C. J., Uyheng, J., & Dela Paz, E. (2021). The Language of Pandemic Leaderships: Mapping Political Rhetoric During the COVID-19 Outbreak. Political Psychology, 42(5), 747–766. https://doi.org/10.1111/pops.12753

Pramadya, T. P., & Rahmanhadi, A. D. (2021). A day of history and hope: A critical discourse analysis of Joe Biden’s Inauguration speech. Rainbow : Journal of Literature, Linguistics and Culture Studies, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.15294/rainbow.v10i2.45383

Searle, J. R., & Vanderveken, D. (1985). Foundations of Illocutionary Logic (Vol. 21, Issue 3). Cambridge University Press.

Sembiring, W. A., & Ambalegin, A. (2019). Illocutionary Acts on Aladdin Movie 2019. Jurnal Basis, 6(2), 279. https://doi.org/10.33884/basisupb.v6i2.1419

Subandi, Pangesty, H. E., & Wibisono, G. (2020). Illocutionary Acts in Lost in Thailand Detective Humor Movie. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020) Illocutionary, 491(Ijcah), 738–746. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.124

Tania Caroline, R., Sitorus, U., Sinurat, B., & Silalahi, D. E. (2021). An Analysis on the Speech Act of Mark Zuckerberg in English Speeches YouTube Channel. Zien Journal of Social Sciences and Humanities , 1(1), 175–181. https://zienjournals.com

Vanderveken, D., & Kubo, S. (2002). Essays in speech act theory. Essays in Speech Act Theory, 345. http://books.google.com/books?id=Pa9GzY1A8XUC&pgis=1

Wardana, M. K., Roy, S., & Ariska, J. (2019). Illocutionary Acts in President Rodrigo Duterte’s Speech. International Journal of Culture and Art Studies, 3(1), 40–46. https://doi.org/10.32734/ijcas.v3i1.2514

Yule, G. (1996). Pragmatics by George Yule. In Spain: OUP Oxford. (1st ed.). Oxford University Pres.

Zheni, T. (2020). Functions of Character in Indonesian Folklore Princess of the Runaway Valley: A Study of Vladimir Propp Narrative Structure Theory. International Journal of Language and Literary Studies, 2(4), 215–235. https://doi.org/Received: 51/55/2020 Accepted: 12/12/2020 Keywords: hegemony, illocutionary force, http://doi.org/10.36892/ijlls.v2i2.476 Abstract

Diterbitkan
2024-06-27
Abstrak viewed = 148 times