LITERATURE IN INCREASING ECOLOGICAL AWARENESS IN THE ERA OF INDUSTRIAL REVOLUTION 5.0.

  • Nahdhiyah Nahdhiyah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sardian Maharani Alauddin Islamic State university of Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstrak

Revolusi Industri 5.0 merupakan integrasi antara teknologi canggih dengan keahlian manusia. Era yang menitikberatkan pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang terbatas namun tetap ramah lingkungan memaksa manusia untuk segera adaptif pada orientasi era tersebut.  Didasari oleh Hakikat sastra sebagai dulce et utile, indah dan bermakna atau bermanfaat (Horatius), penelitian ini bermaksud untuk  menemukan dan menunjukkan kebermaknaan serta kontribusi karya sastra sebagai media dalam meningkatkan kesadaran ekologis di era Revolusi Industri 5.0. Sebagai sebuah cara pandang yang digunakan untuk memahami permasalahan lingkungan hidup, ekologi sastra (Eco Literature) dipilih sebagai pendekatan untuk menemukan jawaban dalam penelitian ini. Metode penelitian adalah metode hermeneutika. Objek penelitian adalah novel. Novel yang dipilih adalah “Dunia Anna”,  dan The overstory. Tokoh-tokoh dalam kedua novel tersebut digambarkan sebagai tokoh-tokoh yang memiliki kesadaran ekologis. Mereka sadar akan pentingnya memelihara lingkungan agar bumi tidak rusak melainkan bisa bermanfaat bagi generasi-generasi mendatang. Tokoh-tokoh digambarkan melakukan misi penyelamatan lingkungan serta melakukan upaya pemulihan keadaan lingkungan. ini sejalan dengan Revolusi Industry 5.0 yang mengedepankan konsep ramah lingkungan. Pesan-pesan kesadaran ekologis dalam ketiga novel ini memberi bukti bahwa novel sebagai karya sastra mengandung nilai-nilai pembelajaran hidup yang bermanfaat, berkontribusi, serta patut diajarkan dan didiseminasikan.

Kata Kunci: Sastra, Kesadaran Ekologis, Revolusi Industri 5.0.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Berawi, MA. (2019). Managing Nature 5.0 in Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0 Era. International Journal of Technology. Volume 10(2), pp.222-225. https://ijtech.eng.ui.ac.id/article/view/3084.

Darma, B. (2019). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Penerbit Buku Kompas

Demir, KA. & Cicibas, H. (2019). Industry 5.0 and A Critique of Industry 4.0. https://www.researchgate.net/publication/337114167_INDUSTRY_50_AND_A_CRITIQUE_OF_INDUSTRY_40

Emawati. (2020). Innovation of Indonesian Language and Literature Learning in the Era of Society 5.0. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 3, Nomor 1, Mei 2020. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id › download

Gaarder, J. (2013). Dunia Anna. Bandung: Mizan Media Utama
Ghobakhloo, M., Iranmanesh, M., Foroughi, B., Tirkolaee, EB., Asadi, S. & Amran, A. (2023). Industry 5.0 implications for inclusive sustainable manufacturing: An evidence-knowledge-based strategic roadmap. Journal of Cleaner Production journal homepage: www.elsevier.com/locate/jclepro. https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:1794268/FULLTEXT01.pdf
Grabowska, S., Saniuk, S. & Gajdzik, B. (2022). Industry 5.0: improving humanization and sustainability of Industry 4.0. Springer Nature – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9045685/

Hikmah, SNA. (2022). Multicultural-Based Literary Education in the Era of Society 5.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) Vol.1, No.1, 2022: 11-30. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph

Ibad, S. (2023). Hermeneutika Schleiermacher: Memahami Teks Lebih Baik Ketimbang Penulisnya? https://ibtimes.id/hermeneutika-schleiermacher/ Accessed 2023/10/13

Ilyas, R. (2016). Manusia Sebagai Khalifah Dalam Perpektif Islam. Mawa`izh, Vol. 1, No. 7, Juni 2016. https://media.neliti.com/media/publications/285121-manusia-sebagai-khalifah-dalam-persfekti-a463de5e.pdf
Junaid, S. (2013). The Basic Concept of Children Literature. Volume 1 Number 1, December 2013 https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/elite/article/view/3348

Kociszewska, M. (2014). Ecological awareness and education of the society in the light of sustainability idea – selected aspects. https://www.researchgate.net/publication/275995091_Ecological_awareness_and_education_of_the_society_in_the_light_of_sustainability_idea_-_selected_aspects

Kraaijenbrink, J. (2022). Apa Itu Industri 5.0 dan Bagaimana Hal Ini Akan Mengubah Strategi Bisnis Anda Secara Radikal?. https://www.forbes.com/sites/jeroenkraaijenbrink/2022/05/24/what-is-industry-50-and-how-it-will-radically-change-your-business-strategy/?sh=5ed8f19520bd Accessed 2023/10/13

Kwirinus, D. (2023). Masalah Krisis Ekologis: Penyebab Utama Bencana Kemanusiaan-dan Upaya Penanganannya. https://www.kompasiana.com/dismaskwirinuspassio8348/6078e0458ede4813b93e4eb2/tiga- Accessed 2023/10/14
Law Insider. (2023). Literary Works Definition. https://www.lawinsider.com › .
Muthmainnah, L., Mustansyir, R. & Tjahyadi, S. (2020). Kapitalisme, Krisis Ekologi, dan Keadilan Intergenerasi: Analisis Kritis atas Problem Pengelolaan Lingkungan Hidup di Indonesia. Mozaik Humaniora DOI 10.20473/mozaik.v20i1.15754 Vol 20 (1) : 57-69.

Nahdhiyah. (2018). The Relation Between Human, Universe, and God in Ahmad Fuadi’s Novel “Anak Rantau”. Volume 5 Number 1, June 2018. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/elite/article/view/5192/4811

Nahdhiyah, Rahman, F., Pattu, MA & Abbas, H. (2022). Literary and Ecological Consciousness: An Ecocriticism Perspective. The Seyboid Report, 17 (12). ISSN 1533-9211. https://seyboldreport.org/article_overview?id=MDEy...


Nahdhiyah, Rahman, F., Makkah, M. & Herawaty. (2022). The Role of Learning Literary Work in Enhancing the Awareness of Loving Nature. Proceedings of the 67th volume 624 TEFLIN International Virtual Conference & the 9th ICOELT 2021 (TEFLIN ICOELT 2021). https://www.atlantis-press.com/proceedings/teflin-icoelt-21/125970101

Powers, R. (2018). The Overstory. New York: W.W. Norton & Company

Putri, VKM. (2012). Contoh Kerusakan Lingkungan Akibat Ulah Manusia https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/17/143054269/contoh-kerusakan-lingkungan-akibat-ulah-manusia?page=all. Accessed 2023/10/3

Razanah, M. & Solihati, N. (2022). Pentingnya Pembelajaran Menulis Puisi di Sekolah di Era Society 5.0. Jurnal Literasi Volume 6 Nomor 2 Oktober 2022. https://jurnal.unigal.ac.id › literasi › article › vie.

Siagian, HFAS. (2023). Mengenal Revolusi Industri 5.0. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-lahat/baca- Accessed 2023/10/5
Rexroth, K. (2023). Literature: Definition, Characteristics, Genres, Types, & Facts. Britannica https://www.britannica.com/art/literature accessed 2023/11/1
Sehandi, Y. (2018). Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Ombak

Sukmawan, S. (2016). Ekokritik Sastra: Menanggap Sasmita Arcadia. Malang: UB press
Wierzbiński, B., Surmacz, T., Kuzniar, W. & Witek, L. (2021). The Role of the Ecological Awareness and the Influence on Food Preferences in Shaping Pro-Ecological Behavior of Young Consumers. https://www.mdpi.com/2077-0472/11/4/345
Yilmaz, MF. (2012). The Case of Schleiermacher in The Context of hermeneutic Method in Education. Elsevier. Procedia – Social and Behavioral Sciences. https://core.ac.uk/download/pdf/81130708.pdf
Diterbitkan
2023-12-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 106 times