JUNG’S ANIMUS OF THE FEMALE MAIN CHARACTERS IN THE WOMAN KING FILM

  • Kuang Yu Universitas Lancang Kuning - Pekanbaru
    (ID)
  • Essy Syam Universitas Lancang Kuning - Pekanbaru
    (ID)
  • Sorta Hutahaean Universitas Lancang Kuning - Pekanbaru
    (ID)

Abstrak

Animus Archetype memiliki empat tahap perkembangan, penelitian ini menggunakan pengumpulan data dalam teknik dokumentasi. Data diperoleh dengan menganalisis dialog-dialog, ekspresi-ekspresi dan tindakan-tindakan pada tokoh-tokoh utama wanita dalam film The Woman King. Analisis data menggunakan metode interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ciri-ciri dari tokoh-tokoh utama perempuan mencerminkan maskulin sejajar dengan tahap-tahap perkembangan animus dari Pria yang Kuat, Pria yang Bertindak, Pria yang Berkata, Pria yang Bermakna. Di dalam Pria yang Kuat, tokoh-tokoh utama wanita beraksi dengan menunjukkan fisik yang kuat, menggunakan senjata, pedang, tombak dalam pertarungan, dan membunuh musuh. Pria yang Bertindak, mereka berani, energik, kuat, gigih dalam melakukan aktivitasnya, seperti: memanjat tinggi, kemudian terjun dalam pelatihan militer, mengancam musuh-musuh, berdebat dalam rapat kerajaan. Kemudian pada Pria yang Berkata ini, tokoh-tokoh utama wanita menggunakan kata-kata penyemangat untuk menyemangati para pejuangnya dalam mempersiapkan untuk berperang atau mengingatkan beberapa slogan prajurit kepada para pejuang. Tahap terakhir adalah Pria yang Bermakna, mereka bermimpi menjadi sosok laki-laki hebat, seperti pada salah satu tokoh utama wanita ingin menjadi tentara dan satu tokoh lainnya diangkat oleh Raja Dahomey untuk menjadi Raja Wanita dengan gelar suci Kpojito yang mana mempunyai kedudukan yang sama dengan Raja Dahomey setelah menghancurkan Oyo.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Botilca, C. M. (2021). Reinterpreting The Tale of La Loba to Discover Another Anima). Journal, 35-42. DOI: 10.5281/zenodo.5725701.

Bythewood, G.P. (Director). (2022). The Woman King (Film, 2 hours 15 Minutes). Neflix.

Creswell, John W. 2009. Research Design. Third edition. California: SAGE Publications, Inc.

Drydakis, N, et al. (2017). Masculine vs Feminine Personality Traits and Women’s Employment Outcomes in Britain: A Field Experiment. IZA Institute of Labor Economics by the Deutsche Post Foundation. DP No. 11179

http://hdl.handle.net/10419/174089

Feist, Jess., and Feist, Gregory J. (2009). Theories Personality. Seventh Edition. United States of America: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Jung, Emma. (1985). Animus and Anima. Spring Publications, Inc. 28 Front Street, Suite 3, Putnam, CT 06260. www.springpublications.com

Karkun, S., and Tiwari, A. K. (2022). Women and Brains Go Together: Mapping Sophia Kovalevsky’s Animus in Alice Munro’s ‘Too Much Happiness’. Journal of International Women's Studies, Vol. 24, Iss. 1, Article 29.

https://vc.bridgew.edu/jiws/vol24/iss1/29

Khan et al. (2023). Primordial Resonance of the Self: A Jungian Analysis of Individuation in John Keats'. The Journal of Humanities and Social Sciences, Vol. 31, No. 1. http://ojs.uop.edu.pk/jhss/article/view/880

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. Arizona, United States of America: Sage Publications, Inc.

Mufidah, Ni’Matul. (2023). The Stages of Animus in The Hunger Games’ Trilogy Films. Thesis. University of Islamic Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Nafiah, Gandhes Nur. (2023). The Significance of Animus Archetype in Raya and the Last Dragon in Delivering the Warrior Woman Traits. Thesis. University of Islamic Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Ningtyas, Nadia Rizka Ayu. (2020). Animus of The Main Character in Victoria Aveyard’s “Red Queen. Thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Prakoso, Julyo Windi. (2021). Anima and Animus Personality of the Main Characters in C. J. Redwine’s Defiance. Thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rahardjo, D. D. (2016). Representasi Budaya Populer Dalam Film “Slank Nggak Ada Matinya” Karya Fajar Bustomi (Representation of Popular Culture in the Film "Slank Has No Death" by Fajar Bustomi). Ejournal Ilmu Komunikasi, Vol. 4, No. 3, 344-358. ISSN 2502-597X, ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id

Rahayu, S.P. (2014). Gender Exclusive Speech Differences Through Men’s and Women’s Speech of Bigreds Surabaya Community. Thesis. Perpustakaan Universitas Airlangga. https://repository.unair.ac.id/117542/

Riadiska, E. (2022). Resepsi Komunitas Montase Terhadap Representasi Ras Asia Di Amerika Dalam Film Minari (Montage Community Reception of Representation of Asian Race in America in Minari Film). Thesis. Faculty of Psychology and Socio-Cultural Sciences. University of Islam Indonesia.

Sarah, J. Tracy. (2013). Qualitative research Methods. UK: Blackwell Publishing.

Widiyanti et al. (2022). The Element of Archetypes that Focused on The Character of The Film Encanto. Article, Vol 6, No 2. Universitas Teknokrat Indonesia, Bandar Lampung.

https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/culturalistics/article/view/14882

Yunara, Y. Y., and Kardiansyah, M. Y. (2017). Animus Personality in Martin’s A Song of Ice and Fire: A Game of Thrones. Jurnal Teknosastik, 15(1), 7. https://doi.org/10.33365/ts.v15i1.15

Yusuf, A. Muri. (2017). Metode Penelitian. Fourth Printed Edition. Jakarta: Penerbit Kencana.

Zed, Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Cetakan ketiga. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Diterbitkan
2024-12-15
Abstrak viewed = 13 times