UJI AKURASI AWAL WAKTU SHALAT BERDASARKAN HISAB KONTEMPORER DI MASJID KELURAHAN MACANANG KABUPATEN BONE

  • darwa ti ILMU FALAK FAKULTAS SYARI'AH DAN HUKUM
    (ID)
  • Dr. Muh. Rasywan Syarif, S.H.I Rasywan Syarif
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji Keakuratan Awal Waktu Shalat Berdasarkan Hisab Kontemporer Di Masjid Kelurahan Macanang Kabupaten Bone. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode awal waktu shalat berdasarkan hisab kontemporer dan bagaimana akurasi awal waktu shalat berdasarkan hisab kontemporer di masjid Kelurahan Macanang Kabupaten Bone.

Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode awal waktu shalat berdasarkan hisab kontemporer menggunakan metode ephemeris yang merupakan metode perhitungan falak. Dan metode yang digunakan pada masjid-masjid yang ada di Kelurahan Macanang yakni menggunakan jadwal sepanjang masa dan jam digital. Awal waktu shalat dari beberapa masjid yang ada di Kelurahan Macanang Kabupaten Bone, jika dibandingkan dengan metode ephemeris 1 masjid yang memilki selisih 1menit sedangkan masjid yang lainnya memilki selisih 5-9 menit, sehingga menurut penulis waktu shalat yang ada di Kelurahan Macanang Kabupaten Bone perlu ditinjau kembali.

Kata Kunci : Akurasi, Waktu Shalat, Hisab Kontemporer

References

DAFTAR PUSTAKA

Amir, Rahma. “Kalibrasi Arah Kiblat Masjid Di Kecamatan Makassar Kota Makassar,” 4 (2020).

Butar-Butar, Arwin Juli Rakhmadi. Pengantar Ilmu Falak Teori, Praktik, dan Fikih. Cet. I; Depok: Rajawali Pers, 2018.

Butar-Butar, Arwin Juli Rakhmadi. Waktu Salat Menurut Fikih dan Astronomi. Cet. I; Medan: LPPM UISU, 2016.

Fadil, Abbas dan Alimuddin. Ilmu Falaq: Dasar-dasar Ilmu Falaq, Masalah Arah Kiblat, Waktu Shalat, dan Petunjuk Praktikum. Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Hambali, Slamet. Ilmu Falak 1 Penentuan Awal Waktu Shalat dan Arah Kiblat Seluruh Dunia. Semarang: Program Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang, 2011.

Indonesia, Kementerian Agama Republik. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bekasi: Penerbit Bagus Segara, 2014.

Indonesia, Kementerian Agama Republik. Ephemeris dan Hisab Rukyat 2021, Jakarta Pusat, Sub Direktorat Pembinaan Syariah Dan Hisab Rukyat Direktorat Urusan Agama Islam &Pembinaan Syariah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, 2020.

Jamil, Andi. Ilmu Falak Teori dan Aplikasi. Cet. I; Jakarta: Amzah, 2009.

Kadir, Andi. Formula Baru Ilmu Falak Paduan Lengka&Praktis. Cet. I; Jakarta: Amzah, 2018.

Khazin, Muhyiddin. Ilmu Falak Dalam Teori Dan Praktek. Cet. I; Yogyakarta: Buana Pustaka, 2004.

M Muhajir, ‘Awal Waktu Shalat Telaah Fiqh Dan Sains’, Jurnal Studi Islam, (2019).

Musonnif, Ahmad. Ilmu Falak Metode Hisab Awal Waktu Shalat, Arah Kiblat, Hisab Urfi dan Hisab Hakiki Awal Bulan. Cet. I; Depok Sleman Yogyakarta: Teras, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Syarief, Muh Rasywan. “IKHTIAR AKADEMIK MOHAMMAD ILYAS MENUJU UNIFIKASI KALENDER ISLAM INTERNASIONAL Muh Rasywan Syarif,” Elfalaky, 1.1 (2017).

Syarif, Muh. Rasywan. Ilmu Falak Integrasi Agama dan Sains, Gowa: Alauddin University Press, 2020.

Syarif, Muhammad Rasywan. “Problematika Arah Kiblat Dan Aplikasi Perhitungannya,” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 9.2 (2012), <https://doi.org/10.24239/jsi.v9i2.76.245-269>.

Wakia, Nurul dan Sabriadi, “Meretas Problematika Arah Kiblat Terkait Salat Diatas Kendaraan,” Elfalaky: Jurnal Ilmu Falak, 4.2 (2020).

Zulfiah, ‘Efektivitas Ihtiyath Awal Waktu Salat Dalam Kajian Fiqih Dan Astronomi’, Elfalaky: Jurnal Ilmu Falak, 2 (2018):

Published
2022-03-07
How to Cite
ti, darwa, & Rasywan Syarif, D. M. R. S. S. (2022). UJI AKURASI AWAL WAKTU SHALAT BERDASARKAN HISAB KONTEMPORER DI MASJID KELURAHAN MACANANG KABUPATEN BONE. HISABUNA: Jurnal Ilmu Falak, 1(3), 49-68. https://doi.org/10.24252/hisabuna.v1i3.22746
Abstract viewed = 346 times