Eksistensi Planetarium El Hilal sebagai Penunjang Pendidikan dan Praktik Falak di UIN Alauddin Makassar

  • Sitti Raodatul Jannah Prodi ILMU FALAK FSH UINAM
    (ID)
  • Nurul Wakia Fakultas Syariah dan Hukum Prodi Ilmu Falak UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sabriadi HR IAIN Bone
    (ID)

Abstract

Keberadaan planetarium El Hilal menjadi landasan pemikiran Islam yang
sangat penting untuk jadikan pusat kajian Islam dalam meningkatkan pengetahuan
Ilmu Falak, di UIN Alauddin Makassar masih sangat kurang, sehingga dengan
adanya planetarium ini bisa memberikan pendidikan formal secara interaktif dan
bisa dijadikan objek edukasi bagi mahasiswa UIN Alauddin Makassar dan
mahasiswa dari universitas lain. Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian
lapangan, dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah: pendekatan
yuridis formal, dan pendekatan astronomis. Sumber data dalam penelitian ini
adalah sumber data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yang
dilakukan di Kampus 2 UIN Alauddin Makassar. sedangkan sumber data skunder
dalam penelitian ini diperoleh dari buku, jurnal, skripsi, dan tulisan ilmiah yang
berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan urgensi
Planetarium El Hilal berfungsi sebagai media pengembangan ilmu falak, tempat
ruang belajar, tempat untuk observasi benda-benda langit dan dijadikan tempat
diskusi ilmiah tentang alam semesta. Keberadaannya sangat menguntungkan dan
strategis bagi para mahasiswa Ilmu Falak sedangkan menurut beberapa
mahasiswa mengatakan keberadaan planetarium tidak terlalu umum dan belum
efektif karena masih di jadikan ruang untuk belajar dan praktik. Prospek
pengembangan dalam dunia pendidikan, Planetarium El Hilal kedepannya dapat
menjadi sarana eduwisata bagi masyarakat umum, tempat penelitian atau
pengamatan bagi mahasiswa ilmu, dijadikan sarana hiburan bagi masyarakat
umum. Prospek pengembangan dalam instrumen Planetarium El Hilal diharapkan
memiliki kubah atau dome, ruangan yang dikembangkan menjadi lebih luas
seperti auditorium, mempunyai proyektor, dan kedepannya Planetarium El Hilal
memiliki instrumen yang nyaman bagi pengunjung seperti tempat duduk/sofa
yang canggih dan berkualitas dan instrumen-instrumen lainnya dapat diperbarui.
Implikasi dalam penelitian Planetarium El Hilal harus lebih aktif menjalankan
kegiatan dan mengembangkan perannya dalam pendidikan dan praktik falak di
UIN Alauddin Makassar, terlebih planetarium seperti ini baru ada di wilayah
Indonesia Timur, serta kedepannya instrumen dan infrasturukturnya lebih
dikembangkan menjadi teknologi yang canggih.

Published
2024-06-29
How to Cite
Sitti Raodatul Jannah, Wakia, N., & Sabriadi HR. (2024). Eksistensi Planetarium El Hilal sebagai Penunjang Pendidikan dan Praktik Falak di UIN Alauddin Makassar. HISABUNA: Jurnal Ilmu Falak, 5(1), 179-209. https://doi.org/10.24252/hisabuna.v5i1.40194
Section
Artikel
Abstract viewed = 23 times