Implementasi Sistem Bimbingan Konseling Berbasis Android

Main Article Content

Hatifah Hatifah
Gunawan Gunawan

Abstract

Bimbingan dan Konseling adalah proses interaksi antara konselor dengan konseli baik secara langsung maupun tidak langsung terkait permasalahan tidak tersampaikannya informasi dari sekolah kepada orang tua siswa dikarenakan surat dari sekolah tidak sampai kepada orang tua siswa. Salah satu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah guru bimbingan konseling dalam melakukan pendataan, pengarsipan, dan pengolahan data siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode perancangan aplikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah waterfall dengan metode pengujian blackbox.

Hasil penelitian ini menyimpulkan sistem yang dibangun dapat memenuhi kebutuhan orang tua siswa dalam memperoleh informasi dan memudahkan pengajar dalam pengelolaan data dan penyajian informasi kepada orang tua siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Hatifah and G. Gunawan, “Implementasi Sistem Bimbingan Konseling Berbasis Android”, INSYPRO, vol. 5, no. 1, May 2020.
Section
Vol.5, No.1 (Mei 2020)
Author Biographies

Hatifah Hatifah

Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar

Gunawan Gunawan

Dosen Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar

References

Abidin, Zaenal. 2012. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.
Al Fatta, Hanif. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2007.
Christanto, David Pradypta. 2016. Perancangan Sistem Bimbngan Koseling Berbasis Web Menggunakan Framework. Net. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Kadir, Abdul. 2013. From Zero to A Pro – Pemrograman Aplikasi Android. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Kreibich, J. A. Using Sqlite. United State Of America: O’reilly Media, 2010.
Lurawin, Tinno. 2012. Analisis dan Perancangan Sistem Bimbingan Konseling Terkomputerisasi Pada SMP Negeri 8 Surakarta. Skripsi. Yogyakarta: STIMIK Amikom.
Manetsch dan Park (1979) dikutip dalam Eriyatno. 1999. “Ilmu Sistem: Meningkatkan Mutu dan Efektivitas Manajemen”. Jilid Satu. IPB Press, Bogor.
Muna, Nailil. 2010. Sistem Informasi Manajemen Bimbingan Konseling di SMKN 2 Surabaya Berbasis JSP. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Pressman, Roger S. 2012.Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi.
Pressman, Roger S. Software Enginering: A Practitioner Approach. New York: McGraw-Hill Companies inc, 2001.
Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Safaat, Nazruddin. Android: Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung, 2012.
Saputra, Septiady Irawan. 2012.Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Web Di SMA N 2 Ngaglik Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Surya, Moh. 1975. Persamaan dan Perbedaan Bimbingan dan Konseling.Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Most read articles by the same author(s)