RANCANG BANGUN SISTEM LAYANAN INFORMASI JADWAL PERKULIAHAN BERBENTUK DENAH RUANG INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT

Main Article Content

Junaedy Junaedy
Husni Anggriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem layanan informasi jadwal perkuliahan yang lengkap, interaktif, menarik, dan mudah digunakan oleh mahasiswa. Layanan informasi jadwal perkuliahan yang akan dibuat dapat terhubung ke database dengan mudah, efisien dan dapat diakses melalui browser. Penelitian ini akan dilakukan dengan mengambil studi kasus jadwal perkuliahan pada kampus STMIK KHARISMA Makassar. Informasi jadwal perkuliahan yang digunakan saat ini masih menggunakan poster atau lembaran pengumuman yang berisi jadwal perkuliahan yang dipasang pada papan pengumuman kampus. Informasi perkuliahan nantinya dapat ditampilkan secara interaktif dengan menggunakan flash. Selain itu untuk menambah kelengkapan dari layanan informasi yang  dibangun maka penulis menambahkan fitur news ticker yang dapat menampilkan berbagai informasi akademik yang penting seperti jika ada jadwal mata kuliah yang dipindahkan atau dosen yang bersangkutan berhalangan mengajar, serta berbagai informasi STMIK KHARISMA Makassar dalam tampilan animasi poster. Metode yang digunakan dalam merancang dan membangun sistem ini adalah Rapid Application Development (RAPID), karena memiliki sistem yang dinamis, fleksibel, melibatkan pengguna secara langsung dan perancangan sistem tidak membutuhkan waktu yang lama. Sistem ini nantinya diharapkan dapat menggantikan sistem yang lama sehingga dapat membantu pihak STMIK KHARISMA Makassar dan dapat menjadi referensi buat pihak lain dalam menyampaikan informasi jadwal perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem layanan informasi jadwal perkuliahan yang lengkap, interaktif, menarik, dan mudah digunakan oleh mahasiswa. Layanan informasi jadwal perkuliahan yang akan dibuat dapat terhubung ke database dengan mudah, efisien dan dapat diakses melalui browser. Penelitian ini akan dilakukan dengan mengambil studi kasus jadwal perkuliahan pada kampus STMIK KHARISMA Makassar. Informasi jadwal perkuliahan yang digunakan saat ini masih menggunakan poster atau lembaran pengumuman yang berisi jadwal perkuliahan yang dipasang pada papan pengumuman kampus. Informasi perkuliahan nantinya dapat ditampilkan secara interaktif dengan menggunakan flash. Selain itu untuk menambah kelengkapan dari layanan informasi yang  dibangun maka penulis menambahkan fitur news ticker yang dapat menampilkan berbagai informasi akademik yang penting seperti jika ada jadwal mata kuliah yang dipindahkan atau dosen yang bersangkutan berhalangan mengajar, serta berbagai informasi STMIK KHARISMA Makassar dalam tampilan animasi poster.

Article Details

How to Cite
[1]
J. Junaedy and H. Anggriani, “RANCANG BANGUN SISTEM LAYANAN INFORMASI JADWAL PERKULIAHAN BERBENTUK DENAH RUANG INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT”, INSYPRO, vol. 4, no. 2, Nov. 2019.
Section
Vol.4, No.2
Author Biographies

Junaedy Junaedy, Prodi Informatika, STMIK KHARISMA Makassar

Dosen Program Studi Informatika

Husni Anggriani, STMIK KHARISMA Makassar

Dosen Program Studi Sistem Informasi

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.
Gondodiyoto, S. 2007. Audit Sistem Infomasi + Pendekatan CobIT. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Gosal, S.F. 2011. Layanan Infomasi Jadwal Kuliah pada STMIK KHARISMA dengan memanfaatkan Adobe Flash. Makassar. STMIK KHARISMA Makassar.
Ivan. 2012. Macromedia Flash 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kadir, A. 2009. Pengenalan Sistem Infomasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Nugroho, A. 2011. Pemrograman Berorientasi Objek. Bandung: Penerbit Infomatika.
Peranginangin, K. 2006. Aplikasi WEB dengan dan MySQL. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Pressman, R.S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Rosa, A.S. & Shalahuddin, M. 2010. Modul Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek dengan Bahasa Pemrograman C++, PHP, dan Java. Bandung: Penerbit Modula.
Rosa, A.S. & Shalahuddin, M. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Penerbit Modula.
Simarmata, J. & Iman P. 2006. Basis Data. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sunyoto, A. 2010. Adobe Flash+XML=Rich Multimedia Application. Yogyakarta: Penerbit Andi.