Penerapan Data Mining dengan Algoritma C4.5 untuk Penentuan Jurusan Sekolah Menengah Atas
Main Article Content
Abstract
Penjurusan merupakan suatu proses penempatan atau penyaluran kemampuan, minat dan bakat dari siswa SMA. Penjurusan di SMA juga berpengaruh di masa depan seperti di jenjang karir maupun dalam pemilihan program studi di Perguruan Tinggi. Dalam kurikulum 2013 penjurusan sudah diterapkan pada siswa sejak kelas X. Namun masih banyak siswa yang masih bingung dalam memilih jurusan sesuai kemampuannya dan berakibat mengganggu proses pembelajaran nanti. Dengan demikian pihak sekolah harus tepat dalam mengklasifikasikan jurusan dan diperlukan sistem sebagai pendukung pemilihan jurusan bagi siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk membantu dalam penentuan jurusan dan meningkatkan keakuratan serta efisiensi dalam penentuan jurusan bagi siswa sehingga nanti dapat meminimalisir ketidakcocokan dalam penentuan jurusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan penerapan data mining menggunakan Algoritma C4.5. Algoritma C4.5 ini akan membentuk pohon keputusan yang mengahasilkan aturan kemudian diterapkan ke data untuk mengklasifikasikan jurusan. Pengklasifikasian jurusan siswa dibagi menjadi 3 jurusan yaitu MIPA, IPS dan BB. Sedangkan kriteria yang dibutuhkan untuk penentuan jurusan meliputi rata-rata nilai UN SMP, minat siswa dan nilai tes akademik seperti nilai MIPA, nilai IPS, nilai BB. Hasil penelitian ini menghasilkan nilai accuracy sebesar 95% untuk melakukan proses penjurusan bagi siswa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Each article is copyrighted © by its author(s) and is published under license from the author(s).
When a paper is accepted for publication, authors will be requested to agree with the Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 4.0 Netherlands License.
References
Kristanto, O. (2013). Penerapan Algoritma Klasifikasi Data Mining Id3 Untuk Menentukan Penjurusan Siswa Sman 6.
Nasari, F. (2014). Penerapan algoritma c4.5 dalam pemilihan bidang peminatan program studi sistem informasi di stmik potensi utama medan, 30–34.
Novianti, B., Rismawan, T., & Bahri, S. (2016). Implementasi Data Mining Dengan Algoritma C4 . 5 Untuk Penjurusan Siswa ( Studi Kasus : Sma Negeri 1 Pontianak ), 04(3).
Nugroho, Y. S. (2014). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Predikat Kelulusan Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta, (November), 1–6.
Sirait, G., & Hansun, S. (2017). Decision Support System In Choosing Study Program At University Using C4.5 Algorithm (A Case Study At Universitas Multimedia Nusantara), 5, 357–365.
Swastina, L. (2013). Penerapan Algoritma C4 . 5 Untuk Penentuan Jurusan Mahasiswa, 2(1).
Vafeiadis, T., Diamantaras, K. I., Sarigiannidis, G., & Chatzisavvas, K. C. (2015). A comparison of machine learning techniques for customer churn prediction, 1–9, 55.
Wahyuni, S. (2018). Implementation of Data Mining to Analyze Drug Cases Using C4 . 5 Decision Tree Implementation of Data Mining to Analyze Drug Cases Using C4 . 5 Decision Tree, 0–6.