Sistem Informasi Manajemen Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web Menggunakan Content Management System (Cms) Opencart (Studi Kasus Palapa Sablon Romang Lompoa Kabupaten Gowa)

  • Gunawan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
    (ID)
  • Nahrun Hartono Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Evi Sasriani Marsun
    (ID)

Abstrak

Palapa Sablon merupakan usaha mikro yang bergerak dibidang konveksi khususnya dalam melayani pembuatan dan percetakan kaos sesuai pesanan customer dengan jumlah unit atau partai. Dalam mengelola pemasaran dan penjualan produk, Palapa Sablon masih menggunakan sistem konvensional dimana pencatatan hasil penjualan dilakukan secara manual atau dengan pembukuan dan belum memiliki website resmi penjualan yang digunakan sebagai pusat pelayanan informasi kepada pelanggan atau calon pelanggan. yang dapat mengakibatkan kurangnya manajemen pemasaran dan penjualan produk. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menggunakan Opencart sebagai website e-commerce Palapa Sablon. Metode pengembangan dan pengujian menggunakan Waterfall dan System Usability Scale dengan sampel sebanyak 80 responden. Sistem pemasaran dan penjualan Palapa Sablon berbasis web menggunakan Opencart menghasilkan rata-rata skor SUS sebesar 74,9. Penilaian responden terhadap website dikategorikan B dengan persentil di atas rata-rata, baik (adjektive) dan dapat diterima (acceptable), namun dari segi NPS bersifat pasif (passive).

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari

##submission.authorWithAffiliation##

Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

Diterbitkan
2022-12-23
Bagian
Vol.7, No.2 (November 2022)
Abstrak viewed = 447 times