Desain Model Pembelajaran SAVAR (Substitution, Augmentation, Virtual Learning, Apply, Re-evaluation) Berbasis Augmented Reality
Main Article Content
Abstract
Model pembelajaran SAVAR (Substitution, Augmentation, Virtual Learning, Apply, Re-evaluation) berbasis Augmented Reality (AR) merupakan inovasi dalam bidang pendidikan yang bertujuan meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan interaktif dan teknologi canggih. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan model SAVAR yang mengintegrasikan AR dalam proses pembelajaran untuk mendukung pemahaman konsep secara mendalam dan meningkatkan motivasi belajar. Model ini terdiri dari lima tahap utama: Substitution (penggantian metode konvensional dengan AR), Augmentation (peningkatan visualisasi konten), Virtual Learning (simulasi dalam lingkungan AR), Apply (penerapan konsep dalam konteks praktis), dan Re-evaluation (evaluasi ulang untuk mengukur pemahaman peserta didik). Studi ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan uji eksrimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SAVAR berbasis AR berperan signifikan dalam meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep, serta hasil belajar secara keseluruhan. Dengan hasil yang positif, model ini memiliki potensi besar untuk diimplementasikan secara luas sebagai strategi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital di era modern.
Kata Kunci: Model SAVAR, Augmented Reality, Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, Teknologi Pendidikan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Each article is copyrighted © by its author(s) and is published under license from the author(s).
When a paper is accepted for publication, authors will be requested to agree with the Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 4.0 Netherlands License.