Midwifery Health Service Booking Information System Based on Progressive Web App at Bidan Care Clinic
Isi Artikel Utama
Abstrak
Klinik Bidan Care merupakan layanan kesehatan yang menyediakan layanan homecare dibidang kesehatan kebidanan. Permasalahan yang ada pada Klinik Bidan Care saat ini yakni proses pemesanan layanan homecare yang masih menggunakan whatsapp, sehingga hal tersebut dianggap masih kurang efisien, karena dalam proses pemesanan layanan homecare melalui aplikasi whatsapp membutuhkan adanya komunikasi atau umpan balik antara pihak bidan dan calon pasien untuk mendapatkan informasi mengenai pemesanan layanan homecare. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem informasi pemesanan layanan kesehatan kebidanan berbasis progressive web Application (PWA) pada klinik Bidan Care. Sistem yang dibangun dikembangkan berbasis PWA karena memiliki beberapa kelebihan seperti tampilan yang responsive, proses update otomatis, dapat ditambahkan ke halaman home screen tanpa proses instalasi, adanya fitur push notification dan dapat diakses kembali walau dalam kondisi internet offline. Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan ialah menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) serta pengujian sistem menggunakan metode Blackbox dan System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil pengujian SUS yang telah dilakukan, menunjukkan hasil sebesar 80,32 atau mendapat nilai adjective rating “Excellent”, hal ini menunjukkan bahwa tingkat usability dari sistem ini layak digunakan dan dapat diterapkan dengan baik ke pengguna.
Kata Kunci: sistem informasi pelayanan kesehatan, kebidanan, homecare, PWA
Rincian Artikel
Each article is copyrighted © by its author(s) and is published under license from the author(s).
When a paper is accepted for publication, authors will be requested to agree with the Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 4.0 Netherlands License.