Efektivitas Game Edukasi Matematika Berbasis Android dan Desktop untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penggunaan teknologi dalam pendidikan, khususnya game edukasi, telah berkembang sebagai metode alternatif yang dapat memotivasi siswa untuk belajar, terutama bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Dalam penelitian ini, game edukasi matematika dikembangkan dan diimplementasikan pada platform Android dan desktop untuk menguji pengaruhnya terhadap kemampuan kognitif siswa SLB. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuasi eksperimental, melibatkan kelompok eksperimen yang menggunakan game edukasi dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dianalisis menggunakan uji statistik untuk membandingkan peningkatan kemampuan kognitif siswa antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan game edukasi matematika berbasis Android dan desktop mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan kognitif dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa game edukasi dapat menjadi alat yang efektif dalam pembelajaran matematika bagi siswa dengan kebutuhan khusus, karena mampu meningkatkan pemahaman konsep serta keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Temuan ini menyarankan perlunya pengembangan lebih lanjut serta penerapan game edukasi di lingkungan pendidikan khusus, guna mendukung perkembangan kognitif siswa SLB. Dengan demikian, game edukasi berbasis teknologi dapat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa
Rincian Artikel
Each article is copyrighted © by its author(s) and is published under license from the author(s).
When a paper is accepted for publication, authors will be requested to agree with the Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 4.0 Netherlands License.