PENGARUH PEMBIASAAN SALAT BERJAMAAH TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI MIS AL-MUTHMAINNAH

  • Muharatun Muharatun Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ibrahim Nasbi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Munirah Munirah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mirza Fatahullah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembiasaan salat berjamaah di
MIS Al-Muthmainnah Kec. Soromandi Kab. Bima dan bagaimana akhlak peserta didik
di MIS Al-Muthmainnah Kec. Soromandi Kab. Bima, serta bagaimana pengaruh
pembiasaan salat berjamaah terhadap akhlak peserta didik di MIS Al-Muthmainnah Kec.
Soromandi Kab. Bima.Jenis penelitian ini kuantitatif Ex-Postfacto. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 83 orang dan sampel non
probability sampling menggunakan teknik sampling purposive dan jumlah sampel yang
digunakan 23 peserta didik. Instrumen dalam penelitian adalah pedoman angket, dan
format dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
dan analisis inferensial dengan bantuan SPSS. Berdasarkan analisis data uji normalitas
memperoleh nilai sig. lebih besar dari 0,05 (0,321<0,05), maka dapat disimpulkan bahwa
data tersebut berdistribusi normal. Untuk uji linearitas memperoleh nilai sig. linearity >
nilai tabel (0,05>0,642) dan nilai sig. deviation from linearity > nilai tabel (0,05 > 0,844),
maka data tersebut linear. Persamaan regresi diperolehY ̂ = 44,303 + 0,189X, dari hasil
uji signifikan diperoleh angka R2 (R Square) sebesar 0,012 atau (1,2%). Hal ini
menunjukan bahwa presentase pembiasaan salat berjamaah terhadap akhlak peserta
didik sebesar 1,2% sedangkan sisanya 98,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dimasukan dalam penelitian ini.Dari hasil pengujian hipotesis yang memperlihatkan
bahwa nilai t yang diperoleh dari hasil perhitungan thitung > ttabel (0,512>2,086) maka Ha
diterima. Dengan demikian, keputusan pengujian ini adalah menerima Ha yang berarti
terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pembiasaan salat berjamaah terhadap
akhlak peserta didik di MIS Al-Muthmainnah Kec. Soromandi Kab. Bima

References

Mudjab, A.M. (2003), Hadis-Hadis Ahkam.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nata, A. (2014). Metodologi Studi Islam. Cet.

XXI; Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Nirwana, A. (2014). Aqidah Akhlak

Kontemporen. Makassar: Alauddin

University Press.

Noer, J. Pembinaan Sumber Daya Manusia

Berkualitas & Bermoral Melalui Shalat

yang Benar. Cet. I; Jakarta: Kencana,

Bariyah, O. (2008). Materi Hadits. Jakarta:

Kalam Mulia,

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Cet. XXIV;

Bandung: Alfabeta.

Published
2020-02-03
Section
Artikel
Abstract viewed = 106 times