PROBLEMATIKA PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS II MI MADANI ALAUDDIN PAO-PAO

  • Laila Sahar Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Syahruddin Syahruddin Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan peneliti ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana problematika penerapan pembelajaran
tematik pada siswa kelas II MI Madani Alauddin Pao-Pao.(2) Bagaimana solusi dalam
menghadapi problematika penerapan pembelajaran tematik pada siswa kelas II MI Madani
Alauddin Pao-Pao.Jenispenelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan
fenomenologik. Suber data dalam penelitian ini adalah guru kelas II-A yang dikumpul melalui
teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini meliputi, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan format dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan melalui tiga tahap; reduksi data, penyajian data dan
verifikasi data. Hasil penelitian dalam perencanaan guru tidak membuat silabus dan RPP
namun guru men-download dan pada saat proses pembelajaran berlangsung tidak ditemukan
RPP yang disediakan guru sebelum proses pembelajaran. Pada pelaksanaan penyajian materi
masih terpisah-pisah dan guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran. Jenis
penilaian yang digunakan guru, tes tertulis dan guru melakukan penilaian hanya pada ranah
kognitif sedangkan pada ranah efektif dan psikomotorik belum dilakukan. Solusi dalam
mengatasi prolem penerapan pembelajaran tematik kepala sekolah atau dinas pendidikan
memberikan pelatihan atau mengadakan diklat terkait dengan penerapan pembelajaran tematik
di sekolah dasar. Sehingga pelatihan tersebut lebih mengacu kepada praktek yang dapat
dilakukan semua guru, agar lebih disiplin dalam menyiapkan perencanaan pembelajaran dan
perlu diadakan penambahan dan perbaikan sarana dan prasarana penunjang proses belajar
mengajar, khususnya bagi terlaksananya pembelajaran tematik secara efektif dan sebaiknya
guru juga secara aktif melakukan perbaikan dan mempelajari serta memahami secara lebih
mendalam tentang pembelajaran tematik dan terus berupaya meningkatkan kemampuannya
dalam melaksanakan pembelajaran.

References

A, Muchlizani, 2016.‟‟Penerapan Pembelajaran

Tematik Pada Siswa Kelas II SDIT Al-

Akhyar Kecamatan Biringkanaya Kota

Makassar’’. Skripsi, (Makassar: Fak.

Tarbiyah dan Keguruan Universitas

Islam Negeri Alauddin Makassar.

Daryanto. 2013. Pembelajaran Tematik, Terpadu,

Terintegrasi(Kurikulum).

Hartono, 2012 “Pengembangan Bahan Ajar:

Pendidikan Agama Islam, Pedoman

Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

Pada Siswa Kelas III Madrasah

Ibtidaiyah” (Jakarta Pusat:

Kementerian Agama Republik

Indonesia, Direktorat Jendral

Pendidikan, Direktorat Pendidikan

Tinggi Islam).

Irena, Childa. 2015. “Implementasi

Pembelajaran Tematik Pada Siswa

Kelas Rendah di Sekolah SD Negeri

Balekerto Kecamatan Kaliangkrik”.

Skripsi. Yogyakarta: Fak. Ilmu

Pendidikan Universitas Negeri

Yogyakarta, Kementerian Pendidikan

dan Kebudayaan, Tema 6 Lingkungan

Bersih, Sehat dan Asri Buku Tematik

Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru

SD/MI Kelas I, .

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

Tema 1 Indahnya Kebersamaan

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013

Buku Guru SD/MI Kelas IV. Jakarta:

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan,

Leksono, Bowo, Anggun. 2014. “Penerapan

Pembelajaran Tematik II di SD Negeri

Watuadeg Kecamatan Cangkringan”.

Skripsi. Yogyakarta: Fak. Ilmu

Pendidikan Universitas Negeri

Yogyakarta.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan Implementasi

Kurikulum. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Mulyana Aina, 2018. “Surat Edaran

Mendikbud Anies Baswedan Tentang

Kurikulum 2013”,

http://ainamulyana.blogspot.com, diakses

pada tanggal 16 Agustus pukul 10:18.

Moleong, Lexi. 2012. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Nur,Ahid. 2006.“Konsep dan Teori

Kurikulum dalam

DuniaPendidikan”Islamica, Vol. 1, No.

, September.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Republik Indonesia

Nomor 81A Tahun 2013, Implementasi

Kurikulum Pedoman umum Pembelajaran.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan

Ajar Tematik: Panduan Lengkap dan

Aplikatif. Jogjakarta: Diva Press.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor

Tahun 2003, Sistem Pendidikan

Nasional, Pasal 1 Ayat 20.

Rusman. 2012. “Model-Model Pembelajaran:

Mengembangkan Profesionalisme Guru”.

Cet. 5; Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D). Bandung: Alfabeta.

Taimiyah, Syaikhul Islam Ibnu, 2008. “Fatwafatwa

Taimiyah” terj. Izzudin Karimi,

Jakarta: Pustaka Sahifa.

Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Penafsir

Al-Qur‟an Revisi Terjemah oleh

Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur‟an

Departemen Agama Republik

Indonesia, Syaamil (Bandung: PT

Syaamil Cipta Media)

Published
2020-02-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 389 times