PROBLEMATIKA PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS II MI MADANI ALAUDDIN PAO-PAO

Main Article Content

Laila Sahar
Syahruddin Syahruddin
Andi Halimah

Abstract

Tujuan peneliti ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana problematika penerapan pembelajaran
tematik pada siswa kelas II MI Madani Alauddin Pao-Pao.(2) Bagaimana solusi dalam
menghadapi problematika penerapan pembelajaran tematik pada siswa kelas II MI Madani
Alauddin Pao-Pao.Jenispenelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan
fenomenologik. Suber data dalam penelitian ini adalah guru kelas II-A yang dikumpul melalui
teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini meliputi, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan format dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan melalui tiga tahap; reduksi data, penyajian data dan
verifikasi data. Hasil penelitian dalam perencanaan guru tidak membuat silabus dan RPP
namun guru men-download dan pada saat proses pembelajaran berlangsung tidak ditemukan
RPP yang disediakan guru sebelum proses pembelajaran. Pada pelaksanaan penyajian materi
masih terpisah-pisah dan guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran. Jenis
penilaian yang digunakan guru, tes tertulis dan guru melakukan penilaian hanya pada ranah
kognitif sedangkan pada ranah efektif dan psikomotorik belum dilakukan. Solusi dalam
mengatasi prolem penerapan pembelajaran tematik kepala sekolah atau dinas pendidikan
memberikan pelatihan atau mengadakan diklat terkait dengan penerapan pembelajaran tematik
di sekolah dasar. Sehingga pelatihan tersebut lebih mengacu kepada praktek yang dapat
dilakukan semua guru, agar lebih disiplin dalam menyiapkan perencanaan pembelajaran dan
perlu diadakan penambahan dan perbaikan sarana dan prasarana penunjang proses belajar
mengajar, khususnya bagi terlaksananya pembelajaran tematik secara efektif dan sebaiknya
guru juga secara aktif melakukan perbaikan dan mempelajari serta memahami secara lebih
mendalam tentang pembelajaran tematik dan terus berupaya meningkatkan kemampuannya
dalam melaksanakan pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Sahar, L., Syahruddin, S., & Halimah, A. (2020). PROBLEMATIKA PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS II MI MADANI ALAUDDIN PAO-PAO. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 2(1). https://doi.org/10.24252/jipmi.v2i1.12581
Section
Artikel

References

A, Muchlizani, 2016.‟‟Penerapan Pembelajaran
Tematik Pada Siswa Kelas II SDIT Al-
Akhyar Kecamatan Biringkanaya Kota
Makassar’’. Skripsi, (Makassar: Fak.
Tarbiyah dan Keguruan Universitas
Islam Negeri Alauddin Makassar.
Daryanto. 2013. Pembelajaran Tematik, Terpadu,
Terintegrasi(Kurikulum).
Hartono, 2012 “Pengembangan Bahan Ajar:
Pendidikan Agama Islam, Pedoman
Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Pada Siswa Kelas III Madrasah
Ibtidaiyah” (Jakarta Pusat:
Kementerian Agama Republik
Indonesia, Direktorat Jendral
Pendidikan, Direktorat Pendidikan
Tinggi Islam).
Irena, Childa. 2015. “Implementasi
Pembelajaran Tematik Pada Siswa
Kelas Rendah di Sekolah SD Negeri
Balekerto Kecamatan Kaliangkrik”.
Skripsi. Yogyakarta: Fak. Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri
Yogyakarta, Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, Tema 6 Lingkungan
Bersih, Sehat dan Asri Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru
SD/MI Kelas I, .
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013. Tema 1 Indahnya Kebersamaan
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Buku Guru SD/MI Kelas IV. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan,
Leksono, Bowo, Anggun. 2014. “Penerapan
Pembelajaran Tematik II di SD Negeri
Watuadeg Kecamatan Cangkringan”.
Skripsi. Yogyakarta: Fak. Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri
Yogyakarta.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan Implementasi
Kurikulum. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Mulyana Aina, 2018. “Surat Edaran
Mendikbud Anies Baswedan Tentang
Kurikulum 2013”,
http://ainamulyana.blogspot.com, diakses
pada tanggal 16 Agustus pukul 10:18.
Moleong, Lexi. 2012. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Nur,Ahid. 2006.“Konsep dan Teori
Kurikulum dalam
DuniaPendidikan”Islamica, Vol. 1, No.
1, September.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 81A Tahun 2013, Implementasi
Kurikulum Pedoman umum Pembelajaran.
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan
Ajar Tematik: Panduan Lengkap dan
Aplikatif. Jogjakarta: Diva Press.
Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor
20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan
Nasional, Pasal 1 Ayat 20.
Rusman. 2012. “Model-Model Pembelajaran:
Mengembangkan Profesionalisme Guru”.
Cet. 5; Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D). Bandung: Alfabeta.
Taimiyah, Syaikhul Islam Ibnu, 2008. “Fatwafatwa
Taimiyah” terj. Izzudin Karimi,
Jakarta: Pustaka Sahifa.
Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Penafsir
Al-Qur‟an Revisi Terjemah oleh
Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur‟an
Departemen Agama Republik
Indonesia, Syaamil (Bandung: PT
Syaamil Cipta Media)