PENGEMBANGAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 2 MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan
sebuah produk berupa perangkat pembelajaran yaitu instrumen penilaian yang digunakan
untuk menilai tugas kinerja peserta didik yang berkualitas valid, praktis dan efektif.
Penelitian ini menguraikan proses pengembangan instrumen penilaian dan rubrik yang
digunakan untuk mengukur keterampilan komunikasi peserta didik kelas IV. Langkahlangkah
pengembangan produk ini menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi
3D, dengan tahapan sebagai berikut: (1) Pendefinisian (define), (2) perancangan (Design),
(3) pengembangan (develop), dan penyebaran (dissiminate). Lokasi penelitian ini di MIN 2
Makassar dan kelas IVC dipilih menjadi kelas uji coba. Untuk memperoleh kevalidan
produk, maka dilakukan proses validasi oleh validator, hal yang sama juga dilakukan
terhadap angket respon guru. Untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk yang
dikembangkan dilakukan melalui angket kepada guru yang telah menggunakan produk
dan guru wali kelas IV. Untuk mengetahui tingkat keefektifan produk yang
dikembangkan dilakukan uji coba produk dengan mengacu pada persentase ketuntasan
klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan bahwa instrumen yang
dikembangkan berupa instrumen penilaian kinerja untuk mengukur keterampilan
komunikasi peserta didik telah memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 3.6,
kriteria kepraktisan sangat baik dengan rata-rata nilai 3.52, dan kriteria keefektifan tinggi
dengan persentase 76.92%. Dengan demikian produk berupa instrumen penilaian dan
rubrik yang terdiri atas instrumen penilaian kinerja yang dilengkapi materi dan langkahlangkah
mengerjakan pedapat digunakan untuk mengukur keterampilan komunikasi
peserta didik.Produk yang dikembangkan ini telah berkualitas valid, praktis, dan efektif
sehingga pendidik bisa menggunakannya dalam proses pembelajaran yang melakukan
penilaian terhadap tugas kinerja peserta didik terlebih ketika pendidik melakukan
penilaian kinerja untuk mengukur keterampilan komunikasi peserta didik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Tahun 2018 Untuk Tenaga Pendidik
Tingkat SD”, (Mey 2018),
https://agungagmi.blogspot.com-
/2018/05/edisi-tahun-201-
8implementasi-kurikulum.html
(Diakses 15 Januari 2019).
Amalia Hikmah, “Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Berbasis Keterampilan
Informasi Pokok Bahasan Ekosistem
Kelas X di SMAN 9 Makassar”,
Skripsi. Makassar.Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Alauddin. 2017.
Ansyar, Mohamad. Kurikulum Hakikat,
Fondasi, Desain dan Pengembangan.
Jakarta: Kencana, 2017.
Apriliyanto, Niko Rahmad dan Insih
Wilujeng.“Pengembangan Performance
Assessment Teknik Peer Assessment untuk
Menilai Kinerja Siswa pada Kegiatan
Praktikum SMA.”Jurnal Vol. 2 no. 2
(April 2013). http://journal.-
student.uny.ac.id/jurnal/
edisi/333/46 (Diakses 04 Januari
2019).
Arikunto Suharsimi. “Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan”. Yogyakarta: PT Rineka
Cipta, 2010.
Arumsari Tiara Lusia.“Pengembangan
Instrumen Asesmen Keterampilan
Proses Sains pada Materi Teori
Tumbukan”.Skripsi.Lampung: Fak.
Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
2016.
Basri Qalbiah,” Pengembagan Penilaian
Kinerja Teknik Peer Assesment pada
Pembelajaran Biologi Kelas XI di
Madani Alauddin Paopao”, Skripsi.
Makassar: Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin, 2017.
Benni.Desain dan Pengembangan Pogram
Pelatihan Berbasis Kompetensi
Implementasi Model ADDIE.Jakarta:
Kencana, 2014.
Ishak Baego dan Syamsuduha. “Evaluasi
Penilian”. Makassar: Alauddin Press,
2010.
Ismail Risma, “Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Matematika Berbasis
Kontekstual Pada Pokok Bahasan
Perbandingan Kelas VII SMPN 27
Makassar”, Skripsi. Makassar:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
UIN Alauddin, 2017.
Jumiati.“Pengembangan Model Asesmen
Kinerja Siswa Kelas V padaPembelajaran
Terpadu Berbasisi Literasi
Sains Pembelajaran Terpadu
Berbasisi Literasi Sains.”Tesis,
Lampung: Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidian, Universitas
Lampung, 2017.
Kamus Besar Bahasa Indonesia/ Online
Kunandar.Penilaian Autentik (Penilaian Hasil
Belajar Peserta Didik Berdasarkan
Kurikulum 20013). Jakarta: PT. Raja
Grafindi Persada, 2014.
Kurniawan, Deni. Pembelajaran Terpadu
Tematik (Teori, Praktik, Dan Penilaian).
Bandung CV. Alfabeta, 2014.
Kuswarno Engku. Etnografi
komunikasi.Bandung: Widya
Padjajaran, 2008.
Layyinah Iffanatul. “Pengembangan
Instrumen Penilaian aspek
Psikomotorik pada Praktikum pada
huum Hooke dengan Teknik Peer
Assessment (Peniaian Teman
Sebaya)”.Skripsi, Yogyajakarta: FST
UINSKY, 2013.
Majid, Abdul dan Chairul
Rochman.Pendekatan Ilmiah dalam
Implementasi Kurikulum
2013.Bandung: PT. Remaja Rosda
Karya, 2015.
Majid, Abdullah. Perencanaan Pembelajaran
Mengembangkan Standar Kompetensi
Guru.Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya, 2013.
Mania Sitti.Pengantar Evaluasi Pengaran.
Makassar: Alauddin University Press,
2012.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.
“Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016
tentang Standar Penilaian Pendidikan,”
Jakarta: t.p, 2016.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.
“Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018
tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi
Dasar Pelajaearan pada Kurikulum 2013
pada Pendidikan dasar dan Pendidikan
Menengah,” Jakarta: t.p, 2018.
Mustami Khalifa Muhammad. Dan Guftan
Ridwan. “, Development Of Worksheet
Students Orieted Scientific Approach At
Subject Of Biology”, (diakses 24
Agusttus 2019).
Nofrion. Komunikasi Pendidikan (Penerapan
Teori dan Konsep Komunikasi dalam
Pembelajaran), Jakarta: Prenadamedia
Group, 2018.
Purwanto Ngalim M. Prisip-prinsip dan Teknik
Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya, 2002.
Rafiqah.Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Berbasis Konstruktivisme. Makassar:
Alauddin University Press, 2013.
Rahana Sri, “Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Matematika Materi
Sududt Berbasis Teori Brunner Setting
Cooperative Pada Kelas VII SMPN 26
Makassar”.Skripsi.Makassar.Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin. 2017
Ratnawulan Elis dan A. Rusdiana, Evaluasi
Pembelajaran.Bandung: CV. Pustaka
Setia, 2015.
Sani Abdulla Ridwan. Penilaian Autentik.
Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Senjaya Wina. Penelitian Pendidikan Jenis,
Metode, dan Prosedur. Jakarta:
Kencana, 2015.
Setyosary Punaji. Metode Penelitian Pendidikan
& Pengembangan.Jakarta: Prenamedia
Group, 2016.
Simon Rahmat. “Keterampilan komunikasi
Guru kepada Siswa pada Pembelajaran
IPA dan Bahasa Indonesia Kelas
Tinggi SD Negeri Se-GUGUS II di
Kecamatan Temon, Kabupaten
Kulonprogo, Yogyakarta Semester 1
Tahun ajaran 2015/2016”, Skripsi.
Yogyakarta: Fak. Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.
Supriadi.Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif,
Kognitif, dan Psikomotor (Konsep dan
Aplikasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada, 2016.
Syah Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan
Pendekatan Baru.Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2006.
Tajibu Kamaluddin. Metode Penelitian
Komunikasi. Makassar: Alauddin
University Press, 2013.
Usman Husaini dan Purnomo
Setiady.Metodelogi PenelitianCopyright ©2020, JIPMI, ISSN 0000 – 0000 (Print), ISSN 0000 – 0000 (Online)
94
sosial.Jakarta: PT. Bumi Aksara,
2017.
Widyoko Saputro Eko. Evaluasi program
Pembelajaran Panduan Praktis Bagi
Pendidik dan Calon Pendidik.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
Yusuf Muri A. Asesmen dan Evaluasi
Pendidikan.Jakarta: Prenada Media,
2015.
Zubaida Siti.”Ketrampilan Abad Ke-21 yang
Diajarkan Melalui Pembelajaran”, (Juni
2017).https://www.reseachgate.net/p
ublication/318013627(Diakses 6
Januari 2019).