PENGEMBANGAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 2 MAKASSAR

  • Rahmawati Rahmawati Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Syamsudduh Syamsudduh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Shabir Umar Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan
sebuah produk berupa perangkat pembelajaran yaitu instrumen penilaian yang digunakan
untuk menilai tugas kinerja peserta didik yang berkualitas valid, praktis dan efektif.
Penelitian ini menguraikan proses pengembangan instrumen penilaian dan rubrik yang
digunakan untuk mengukur keterampilan komunikasi peserta didik kelas IV. Langkahlangkah
pengembangan produk ini menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi
3D, dengan tahapan sebagai berikut: (1) Pendefinisian (define), (2) perancangan (Design),
(3) pengembangan (develop), dan penyebaran (dissiminate). Lokasi penelitian ini di MIN 2
Makassar dan kelas IVC dipilih menjadi kelas uji coba. Untuk memperoleh kevalidan
produk, maka dilakukan proses validasi oleh validator, hal yang sama juga dilakukan
terhadap angket respon guru. Untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk yang
dikembangkan dilakukan melalui angket kepada guru yang telah menggunakan produk
dan guru wali kelas IV. Untuk mengetahui tingkat keefektifan produk yang
dikembangkan dilakukan uji coba produk dengan mengacu pada persentase ketuntasan
klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan bahwa instrumen yang
dikembangkan berupa instrumen penilaian kinerja untuk mengukur keterampilan
komunikasi peserta didik telah memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 3.6,
kriteria kepraktisan sangat baik dengan rata-rata nilai 3.52, dan kriteria keefektifan tinggi
dengan persentase 76.92%. Dengan demikian produk berupa instrumen penilaian dan
rubrik yang terdiri atas instrumen penilaian kinerja yang dilengkapi materi dan langkahlangkah
mengerjakan pedapat digunakan untuk mengukur keterampilan komunikasi
peserta didik.Produk yang dikembangkan ini telah berkualitas valid, praktis, dan efektif
sehingga pendidik bisa menggunakannya dalam proses pembelajaran yang melakukan
penilaian terhadap tugas kinerja peserta didik terlebih ketika pendidik melakukan
penilaian kinerja untuk mengukur keterampilan komunikasi peserta didik.

References

Agung, “Implementasi Kurikulum 2013 Edisi

Tahun 2018 Untuk Tenaga Pendidik

Tingkat SD”, (Mey 2018),

https://agungagmi.blogspot.com-

/2018/05/edisi-tahun-201-

implementasi-kurikulum.html

(Diakses 15 Januari 2019).

Amalia Hikmah, “Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Berbasis Keterampilan

Informasi Pokok Bahasan Ekosistem

Kelas X di SMAN 9 Makassar”,

Skripsi. Makassar.Fakultas Tarbiyah

dan Keguruan UIN Alauddin. 2017.

Ansyar, Mohamad. Kurikulum Hakikat,

Fondasi, Desain dan Pengembangan.

Jakarta: Kencana, 2017.

Apriliyanto, Niko Rahmad dan Insih

Wilujeng.“Pengembangan Performance

Assessment Teknik Peer Assessment untuk

Menilai Kinerja Siswa pada Kegiatan

Praktikum SMA.”Jurnal Vol. 2 no. 2

(April 2013). http://journal.-

student.uny.ac.id/jurnal/

edisi/333/46 (Diakses 04 Januari

.

Arikunto Suharsimi. “Dasar-Dasar Evaluasi

Pendidikan”. Yogyakarta: PT Rineka

Cipta, 2010.

Arumsari Tiara Lusia.“Pengembangan

Instrumen Asesmen Keterampilan

Proses Sains pada Materi Teori

Tumbukan”.Skripsi.Lampung: Fak.

Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Basri Qalbiah,” Pengembagan Penilaian

Kinerja Teknik Peer Assesment pada

Pembelajaran Biologi Kelas XI di

Madani Alauddin Paopao”, Skripsi.

Makassar: Fakultas Tarbiyah dan

Keguruan UIN Alauddin, 2017.

Benni.Desain dan Pengembangan Pogram

Pelatihan Berbasis Kompetensi

Implementasi Model ADDIE.Jakarta:

Kencana, 2014.

Ishak Baego dan Syamsuduha. “Evaluasi

Penilian”. Makassar: Alauddin Press,

Ismail Risma, “Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Matematika Berbasis

Kontekstual Pada Pokok Bahasan

Perbandingan Kelas VII SMPN 27

Makassar”, Skripsi. Makassar:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

UIN Alauddin, 2017.

Jumiati.“Pengembangan Model Asesmen

Kinerja Siswa Kelas V padaPembelajaran

Terpadu Berbasisi Literasi

Sains Pembelajaran Terpadu

Berbasisi Literasi Sains.”Tesis,

Lampung: Fakultas Keguruan dan

Ilmu Pendidian, Universitas

Lampung, 2017.

Kamus Besar Bahasa Indonesia/ Online

Kunandar.Penilaian Autentik (Penilaian Hasil

Belajar Peserta Didik Berdasarkan

Kurikulum 20013). Jakarta: PT. Raja

Grafindi Persada, 2014.

Kurniawan, Deni. Pembelajaran Terpadu

Tematik (Teori, Praktik, Dan Penilaian).

Bandung CV. Alfabeta, 2014.

Kuswarno Engku. Etnografi

komunikasi.Bandung: Widya

Padjajaran, 2008.

Layyinah Iffanatul. “Pengembangan

Instrumen Penilaian aspek

Psikomotorik pada Praktikum pada

huum Hooke dengan Teknik Peer

Assessment (Peniaian Teman

Sebaya)”.Skripsi, Yogyajakarta: FST

UINSKY, 2013.

Majid, Abdul dan Chairul

Rochman.Pendekatan Ilmiah dalam

Implementasi Kurikulum

Bandung: PT. Remaja Rosda

Karya, 2015.

Majid, Abdullah. Perencanaan Pembelajaran

Mengembangkan Standar Kompetensi

Guru.Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya, 2013.

Mania Sitti.Pengantar Evaluasi Pengaran.

Makassar: Alauddin University Press,

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016

tentang Standar Penilaian Pendidikan,”

Jakarta: t.p, 2016.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018

tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi

Dasar Pelajaearan pada Kurikulum 2013

pada Pendidikan dasar dan Pendidikan

Menengah,” Jakarta: t.p, 2018.

Mustami Khalifa Muhammad. Dan Guftan

Ridwan. “, Development Of Worksheet

Students Orieted Scientific Approach At

Subject Of Biology”, (diakses 24

Agusttus 2019).

Nofrion. Komunikasi Pendidikan (Penerapan

Teori dan Konsep Komunikasi dalam

Pembelajaran), Jakarta: Prenadamedia

Group, 2018.

Purwanto Ngalim M. Prisip-prinsip dan Teknik

Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya, 2002.

Rafiqah.Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Berbasis Konstruktivisme. Makassar:

Alauddin University Press, 2013.

Rahana Sri, “Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Matematika Materi

Sududt Berbasis Teori Brunner Setting

Cooperative Pada Kelas VII SMPN 26

Makassar”.Skripsi.Makassar.Fakultas

Tarbiyah dan Keguruan UIN

Alauddin. 2017

Ratnawulan Elis dan A. Rusdiana, Evaluasi

Pembelajaran.Bandung: CV. Pustaka

Setia, 2015.

Sani Abdulla Ridwan. Penilaian Autentik.

Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Senjaya Wina. Penelitian Pendidikan Jenis,

Metode, dan Prosedur. Jakarta:

Kencana, 2015.

Setyosary Punaji. Metode Penelitian Pendidikan

& Pengembangan.Jakarta: Prenamedia

Group, 2016.

Simon Rahmat. “Keterampilan komunikasi

Guru kepada Siswa pada Pembelajaran

IPA dan Bahasa Indonesia Kelas

Tinggi SD Negeri Se-GUGUS II di

Kecamatan Temon, Kabupaten

Kulonprogo, Yogyakarta Semester 1

Tahun ajaran 2015/2016”, Skripsi.

Yogyakarta: Fak. Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

Supriadi.Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif,

Kognitif, dan Psikomotor (Konsep dan

Aplikasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada, 2016.

Syah Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan

Pendekatan Baru.Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 2006.

Tajibu Kamaluddin. Metode Penelitian

Komunikasi. Makassar: Alauddin

University Press, 2013.

Usman Husaini dan Purnomo

Setiady.Metodelogi PenelitianCopyright ©2020, JIPMI, ISSN 0000 – 0000 (Print), ISSN 0000 – 0000 (Online)

sosial.Jakarta: PT. Bumi Aksara,

Widyoko Saputro Eko. Evaluasi program

Pembelajaran Panduan Praktis Bagi

Pendidik dan Calon Pendidik.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Yusuf Muri A. Asesmen dan Evaluasi

Pendidikan.Jakarta: Prenada Media,

Zubaida Siti.”Ketrampilan Abad Ke-21 yang

Diajarkan Melalui Pembelajaran”, (Juni

.https://www.reseachgate.net/p

ublication/318013627(Diakses 6

Januari 2019).

Published
2020-02-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 590 times