PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN TANABANGKA KEC.BAJENG BARAT KAB.GOWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : a). Untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar
peserta didik sebelum diterapkan model Mind Mapping pada mata pelajaran
pendidikan Agama Islam di SDN Tanabangka kec. Bajeng Barat Kab. Gowa.
b).Untuk Mengetahui Bagaimana hasil belajar peserta didik setelah diterapkan
model pembelajaran Mind Mapping di SDN Tanabangka kec. Bajeng Barat Kab.
Gowa, c). Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh penerapan model
pembelajaran Mind Mapping sebelum dan sesudah diterapakn pada mata pelajaran
pendidikan Agama Islam di SDN Tanabangka kec. Bajeng Barat Kab. Gowa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain one
group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik
kelas IV SDN Tanabangka tahun pelajaran 2018/2019, yang jumlahnya 29 orang.
Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuhdiperoleh sampel dengan jumlah
peserta didik 29 peserta didik. Untuk mengumpulkan data menggunakan
instrumen tes hasil belajar pendidikan agama islam dan observasi. Kemudian
dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.Hasil penelitian menyatakan bahwa :1)
Hasil belajar peserta didik yang diajar sebelum penerapan model pembelajaran
Mind mapping berada pada kategori “rendah” dengan nilai tertinggi 70 dan
terendah 20 sehingga rata-rata 38,62. 2).Hasil belajar peserta didik yang diajar
setelah penerapan model pembelajaran Mind mapping berada pada kategori “tinggi”
dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 40 sehingga rata-rata73,10. 3). Terdapat
perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran Mind
mapping memiliki kategorisasi rendah dengan nilai 70-20sedangkan setelah
penerapan model pembelajaran Mind mapping dengan kategorisasi tinggi dan nilai
90-40. perbedaan hasil belajar peserta didik juga dapat dilihat dari hasil
perhitungan uji T2 sampel, dimana thitung = 3,316 sedangkan nilai ttabel =2,051
artinya nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Implikasi penelitian ini yaitu: mampu
memotivai peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan
penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada pelajaran pendidikan agama
Islam, pada penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu dasar peningkatan dan
memotivasi peserta didik dalam pembelajaranmenambah referensi untuk perbaikan
dfan peningkatan kualitas pembelajaran serta bahan kajian bersama agar dapat
meningkatkan kualitas sekolah.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Pembelajaran Kontekstual
(Inovatif),Bandung: Yrama Widya.
Buzan,T.(2003). Buku Pintar Mind
Map,Jakarta:PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Monica, A. (2012). Mind Mapping And
Brainstorming As Methods of
Teaching Business concepts in English
As A Foreign Language.Academia
Science Journal Psychologica Series.
Republik Indonesia. UU No. 20 Tahun
2003. (Jakarta: Ditjen Kelembagaan
Agama Depag.
Syarifuddin, T. (2009). Landasan
pendidikan, Jakarta: Percikan Ilmu.
Slameto. (1991). Belajar dan Faktor-Faktor
yang Mempengaruhinya,Jakarta:
Balai pustaka.
Uno, H.B. (2007). Model Pembelajaran
Menciptakan Kegiatan Belajar Mengajar
Kreatif Efisien. Jakarta Bumi Angkasa.
Yasin, S.,& Borahima. (2010). Pengelolaan
Pembelajaran,Makassar:
Alauddin Press.