PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSSAR

  • Nur Oktafiani Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Rosdiana Rosdiana Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan literasi digital mahasiswa
Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2)
Keterampilan menulis narasi mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar, 3) Pengaruh kemampuan literasi digital terhadap
keterampilan menulis narasi mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar.Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 225
mahasiswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang mahasiswa. Teknik
sampiling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling yaitu pengambilan
anggota sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada pupulasi.
Instrumen penelitian ini menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul
diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif kemampuan literasi digital mahasiswa termasuk dalam
kategori sedang dengan persentase 66% dan keterampilan menulis narasi termasuk dalam
kategoti sedang dengan persentase 71,4. Berdasarakan hasil statistik inferensial dengan
pengujian hipotesis diperoleh hasil perhitumgan yaitu thitung= 0,176 sementara ttabel = 1,995
untuk taraf siginifikasi 5%. Karena thitung lebih kecil daripada ttabel maka dapat disimpulkan
bahwa H0 diterima dan HI ditolak. Artinya tidak ada pengaruh positif dan signifikan
kemampuan literasi digital terhadap keterampilan menulis narasi mahasiswa Program Studi
PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

References

Arikunto, Suharsimi. (2016) Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Elpira, Bella. (2018).Pengaruh

Penerapan Literasi Digital

Terhadap Peningkatan

Pembelajaran Siswa di SMP

Negeri 6 Banda aceh”, Skripsi.

Banda aceh: UIN ar-raniry

Darussalam.

Sangaji, E. M & Sopiah, (2010).Metode

Penelitian Pendekatan Praktis

dalam Penelitian (Yogyakarta:

Andi Offst)

Habibi, Firdaus. (2016) “The Efect of

Reflective Journal Writing on

student’ Writing ability of

Narattive Text”, Journal of

English Languange Teaching

and Learning of FBS UNIMED

Vol I, no 1.

Kaeophanuek, Siriwatchana. (2018).

“How to Enhance Digital

Literacy skills Among

Information Sciences Students”

International Joural of Information

anf Education Technology,Vol

VIII, no 4.

Resmini , Novi & Dadan Juanda,

(2017). Pendidikan Bahasa dan

Sastra di Kelas Tinggi (Bandung:

UPI PRESS)

Shopova, Tatiana.(2014). “Digital

Literacy of Studens and its

Improvement at the University”

Joural on Effhciency and

Responsibility in Educatioan and

Science, vol VII, no 2.

Saat, Sulaiman dan Sitti Mania. (2015).

Metodologi Penelitian Panduan

Bagi Peneliti Pemula. Yogyakarta:

Aynat Publishing.

Saputri, Ira.(2018). “Analisis Literasi

Digital dalam E-library Oleh

Mahasiswa Prodi S1 Ilmu

Perpustakaan Angkatan 2014 Pada

Fakultas Adab dan Humaniora

UIN Ar-raniry Banda aceh”,

Skripsi.Banda aceh: UIN arraniry

Darussalam.

Sekar, Regganis W. (2016). “Litersi

Digital dan Kontrol Diri

Sebagai Prediktor Terhadap

Internet Addiction Pada

Mahasiswa”, Skripsi.Yogyakarta

: Universitas Gajah Mada.

Sudaryono.(2017). Metodologi

Penelitian.Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2016).Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Taringan, Henry Guntur. (2008).

Menulis Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Yusuf T, M. (2015). “Literasi

Pengetahuan dan Implikasinya

terhadap Keterampilan Menulis

”, Jurnal Lentera Pendidikan,

Vol XVIII, no 2

Published
2020-08-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 483 times