PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSSAR

Main Article Content

Nur Oktafiani
Thamrin Tayeb
Rosdiana Rosdiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan literasi digital mahasiswa
Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2)
Keterampilan menulis narasi mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar, 3) Pengaruh kemampuan literasi digital terhadap
keterampilan menulis narasi mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar.Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 225
mahasiswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang mahasiswa. Teknik
sampiling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling yaitu pengambilan
anggota sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada pupulasi.
Instrumen penelitian ini menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul
diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif kemampuan literasi digital mahasiswa termasuk dalam
kategori sedang dengan persentase 66% dan keterampilan menulis narasi termasuk dalam
kategoti sedang dengan persentase 71,4. Berdasarakan hasil statistik inferensial dengan
pengujian hipotesis diperoleh hasil perhitumgan yaitu thitung= 0,176 sementara ttabel = 1,995
untuk taraf siginifikasi 5%. Karena thitung lebih kecil daripada ttabel maka dapat disimpulkan
bahwa H0 diterima dan HI ditolak. Artinya tidak ada pengaruh positif dan signifikan
kemampuan literasi digital terhadap keterampilan menulis narasi mahasiswa Program Studi
PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Article Details

How to Cite
Oktafiani, N., Tayeb, T., & Rosdiana, R. (2020). PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSSAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 2(2). https://doi.org/10.24252/jipmi.v2i2.15348
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. (2016) Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Elpira, Bella. (2018).Pengaruh
Penerapan Literasi Digital
Terhadap Peningkatan
Pembelajaran Siswa di SMP
Negeri 6 Banda aceh”, Skripsi.
Banda aceh: UIN ar-raniry
Darussalam.
Sangaji, E. M & Sopiah, (2010).Metode
Penelitian Pendekatan Praktis
dalam Penelitian (Yogyakarta:
Andi Offst)
Habibi, Firdaus. (2016) “The Efect of
Reflective Journal Writing on
student’ Writing ability of
Narattive Text”, Journal of
English Languange Teaching
and Learning of FBS UNIMED
Vol I, no 1.
Kaeophanuek, Siriwatchana. (2018).
“How to Enhance Digital
Literacy skills Among
Information Sciences Students”
International Joural of Information
anf Education Technology,Vol
VIII, no 4.
Resmini , Novi & Dadan Juanda,
(2017). Pendidikan Bahasa dan
Sastra di Kelas Tinggi (Bandung:
UPI PRESS)
Shopova, Tatiana.(2014). “Digital
Literacy of Studens and its
Improvement at the University”
Joural on Effhciency and
Responsibility in Educatioan and
Science, vol VII, no 2.
Saat, Sulaiman dan Sitti Mania. (2015).
Metodologi Penelitian Panduan
Bagi Peneliti Pemula. Yogyakarta:
Aynat Publishing.
Saputri, Ira.(2018). “Analisis Literasi
Digital dalam E-library Oleh
Mahasiswa Prodi S1 Ilmu
Perpustakaan Angkatan 2014 Pada
Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Ar-raniry Banda aceh”,
Skripsi.Banda aceh: UIN arraniry
Darussalam.
Sekar, Regganis W. (2016). “Litersi
Digital dan Kontrol Diri
Sebagai Prediktor Terhadap
Internet Addiction Pada
Mahasiswa”, Skripsi.Yogyakarta
: Universitas Gajah Mada.
Sudaryono.(2017). Metodologi
Penelitian.Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2016).Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Taringan, Henry Guntur. (2008).
Menulis Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Yusuf T, M. (2015). “Literasi
Pengetahuan dan Implikasinya
terhadap Keterampilan Menulis
”, Jurnal Lentera Pendidikan,
Vol XVIII, no 2