PERLAKUAN ORANG TUA KEPADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA PARAPPE KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang perlakuan orang tua dan keadaan anak
putus sekolah yang ada di Desa Parappe Kecamatan Campalagian
Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan peneliti ini adalah untuk
mengetahui:1) untuk mengetahui perlakuan orang tua terhadap anak putus
sekolah di dalam lingkungan keluarga, 2) untuk mengetahui kedaan anak
putus sekolah, 3) mengetahui faktor penyebab anak putus sekolah di Desa
Parappe.Jenis Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, sifatnya
deskriptif analitis. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Proses Analisis data yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sumber data yang
digunakan adalah orang tua dan anak putus sekolah, aparatur desa, dan
tokoh agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan anak putus
sekolah, Adapun Perlakuan-pelakuan orang tua terhadap anak putus
sekolah, orang tua telah memberikan perlakuan permisif yaitu perlakuan
sedikit terlibat dengan anak dan tidak menyadari apa yang dilakukan anak
sehingga cenderung kehilangan control diri dalam pergaulan dan
mengalami putus sekolah,. Faktor penyebab anak putus sekolah yaitu faktor
internal, karena kurangnya motivasi dari dalam diri sendiri, faktor
eksternal yaitu faktor ekonomi orang tua yang tidak mampu membiayai
anaknya sekolah, dan faktor sosial budaya masyarakat yaitu faktor pergaul
anak.Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan keluarga harus
menjalankan fungsinya baik sebagai orang tua maupun sebagai anak-anak
khususnya keluarga yang memiliki anak putus sekolah. Keluarga,
masyarakat, serta pengusaha yang ada di Desa Parappe harus bekerja sama
dalam meningkatkan sumber daya manusia, khususnya dalam bidang
pendidikan. Agar tidak ada lagi anak yang mengalami putus sekolah.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Sholihah. (2017). Hubungan Pola Asuh
Orang Tua Dengan Kepribadian Siswa
SMA Di Kota Bengkulu, Jurnal Ilmiah
Bimbingan dan Konseling, Volume 1
Nomor 1.
Afrizal. (2017) Metode Penelitian Kualitatif .
Cet. VI; Depok: PT. RajaGrafindo
Persada.
Drajat Manpan & Ridwan Effendi. (2014).
Etika Profesi Guru. Cet. I; Bandung:
Alfabeta.
Djam’an, S & Aan, K. (2011). Metodogi
Penelitian Kualitatif. Cet. 3; Bandung
ALFABETA,CV.
Gunawan,A (1996). Administrasi Sekolah.
Jakarta : PT. Rineka Cipta..
Gunawan,I, (2015). Metode Penelitian Kualitatif
Teori dan Praktik. PT Bumi Aksara.
Gunarsa. (2008). Dasar dan Teori Perkembangan
Anak (Jakarta: Gunung Mulia
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian
Administrasi. Bandung : Alfabeta.
Trianto. (2010). Pengatar Penelitian Pendidikan
Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan
Tenaga Kependidikan. Jakarta:
Kencana.
Ulfiani Rahman, Mardhiah & Azmidar.
(2015). Hubungan Antara Pola Asuh
Permisif Orang Tua Dan Kecerdasan
Emosional Siswa Dengan Hasil Belajar
Matematika Siswa. Auladuna, Vol. No. 1
JUNI.