PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN KABUPATEN JENEPONTO

  • Sutrisnayanti Sutrisnayanti Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Tahmrin Tayeb Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Safei Safei Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Suarti Suarti Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar peserta
didik kelas V MIN 2 Jeneponto. dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana kompetensi profesional
guru di MIN 2 Jeneponto, (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik di MIN 2 Jeneponto, dan (3)
apakah ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar peserta didik di MIN 2
Jeneponto. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambarankompetensi profesional guru
di MIN 2 Jeneponto, (2) Gambaran hasilbelajar peserta didik di MIN 2 Jeneponto, dan (3)
Untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasilbelajar peserta didik di
MIN 2 Jeneponto.Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatankuantitatif.Sampeldalam penelitian
ini adalah peserta didik di MIN 2 Jenepontoyang berjumlah 15orang, dengan menggunakanmetode
random sampling. Data diperoleh melalui instrumen angket dan dokumentasi, dianalisis dengan
menggunakanstatistikdeskriptifdaninferensial.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kompetensi guru
berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif
dari hasil perhitungan diperoleh thitung= 2.234. Sementara ttabel = 2.160. Gambaran kompetensi
profesionalguru di MIN 2 Jenepontoberada pada kategori sedang yakni 60%. Hasil perhitungan
hasil belajar peserta didik berada pada kategori sedang yakni 80 %. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, ada beberapa saran terhadap pihak yang berkompetendemi hasil belajar peserta
didikyaitu: 1) mengoptimalkan kompetensi keprofesionalan guru, 2) hendaknya pimpinan
memberikanevaluasi yang berkesinambungan tentang kompetensi terutama profesionalisme guru,
agar lembaga pendidikanyang dipimpinnya sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan
internal maupun eksernal, 3) disarankan adanya penellitian lanjutan dengan jumlah sampel yang
lebih besar lagi tentang pengaruh kompetensi guru (tidak hanya kompetensi profesional guru)
terhadap hasil belajar peserta didik, serta faktor-faktor lain yang menunjang hasil belajar peserta
didikyang lebihbaik.

References

BNSP. (2005).Peraturan Pemerintah no. 19

tahun 2005 tentang Standar Nasional

Pendidikan.Jakarta.

Djamarah, Syarif Bahri. (2013).Perestasi Belajar

dan Kompetensi Mengajar. Surabaya:

Usaha Nasional.

Gunawan, Muhammad Ali. (2013).Statistik

Untuk Penelitian Pendidikan.Yogyakarta:

Parama Publishing.

Haifa Kasman. (2018).Pengaruh Kompetensi

Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Di

SMA Negeri 10

Makassar.Skripsi.Perpustakaan FTK UIN

Alauddin Makassar.

J, Suprihatiningrum.(2012). Guru Profesional,

Pedoman Kinerja, kualifikasi, dan

Kompetensi Guru.Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Kadir. (2015).Statistika Terapan.Jakarta:

Rajawali Pers.

Majid, Abdul. (2006).Perencanaan Pembelajaran

Mengembangkan Standar Kompetensi

Guru.Bandung: PT. Remaja.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No16

tahun 2006tentang Standar Kompetensi

Guru.

Siti Rohmi. (2012).Study Tentang Kompetensi

Profesionalisme Guru Mata Pelajaran

Matematika dan implikasinya terhadap

Prestasi Belajar Matematika Siswa Di

MTs. Negeri Model Praya Tahun

Pelajaran

/2012.Skripsi.Perpustakaan FITK

IAIN Mataram.

Slameto. (2003).Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhi.Jakarta : Rineka Cipta.

Sopiatin, Popi. (2010).Manajemen Belajar

Berbasis Kepuasan Siswa, Bogor: Ghalia

Indonesia.

Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R & D. Bandung:Penerbit

Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013).Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana prenada media group.

U, M. Shabir.(2015).Kedudukan Guru Sebagai

Pendidik: Tugas dan Tanggung Jawab

dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru.

Makassar: Auladuna Jurnal pendidikan

Dasar Islam Vol.2, No. 2.

Winarsunu,Tulus. (2017).Statistika dalam

Peneitian Psikologi dan Pendidikan.Malang:

Cet. VIII, UMM Press.

Zaeni, Akhmad, dkk. (2016).Pengaruh

Kompetensi Pedagogik Guru dan

Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru

SD/MI di Kecamatan Petarukan

Kabupaten Pemalang, Semarang: Jurnal

Manajemen Pendidikan Vol. 5, No. 2.

Published
2021-02-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 244 times