PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN KABUPATEN JENEPONTO

Main Article Content

Sutrisnayanti Sutrisnayanti
Tahmrin Tayeb
Safei Safei
Suarti Suarti

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar peserta
didik kelas V MIN 2 Jeneponto. dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana kompetensi profesional
guru di MIN 2 Jeneponto, (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik di MIN 2 Jeneponto, dan (3)
apakah ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar peserta didik di MIN 2
Jeneponto. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambarankompetensi profesional guru
di MIN 2 Jeneponto, (2) Gambaran hasilbelajar peserta didik di MIN 2 Jeneponto, dan (3)
Untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasilbelajar peserta didik di
MIN 2 Jeneponto.Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatankuantitatif.Sampeldalam penelitian
ini adalah peserta didik di MIN 2 Jenepontoyang berjumlah 15orang, dengan menggunakanmetode
random sampling. Data diperoleh melalui instrumen angket dan dokumentasi, dianalisis dengan
menggunakanstatistikdeskriptifdaninferensial.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kompetensi guru
berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif
dari hasil perhitungan diperoleh thitung= 2.234. Sementara ttabel = 2.160. Gambaran kompetensi
profesionalguru di MIN 2 Jenepontoberada pada kategori sedang yakni 60%. Hasil perhitungan
hasil belajar peserta didik berada pada kategori sedang yakni 80 %. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, ada beberapa saran terhadap pihak yang berkompetendemi hasil belajar peserta
didikyaitu: 1) mengoptimalkan kompetensi keprofesionalan guru, 2) hendaknya pimpinan
memberikanevaluasi yang berkesinambungan tentang kompetensi terutama profesionalisme guru,
agar lembaga pendidikanyang dipimpinnya sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan
internal maupun eksernal, 3) disarankan adanya penellitian lanjutan dengan jumlah sampel yang
lebih besar lagi tentang pengaruh kompetensi guru (tidak hanya kompetensi profesional guru)
terhadap hasil belajar peserta didik, serta faktor-faktor lain yang menunjang hasil belajar peserta
didikyang lebihbaik.

Article Details

How to Cite
Sutrisnayanti, S., Tayeb, T., Safei, S., & Suarti, S. (2021). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN KABUPATEN JENEPONTO. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 3(1). https://doi.org/10.24252/jipmi.v3i1.19680
Section
Artikel

References

BNSP. (2005).Peraturan Pemerintah no. 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan.Jakarta.
Djamarah, Syarif Bahri. (2013).Perestasi Belajar
dan Kompetensi Mengajar. Surabaya:
Usaha Nasional.
Gunawan, Muhammad Ali. (2013).Statistik
Untuk Penelitian Pendidikan.Yogyakarta:
Parama Publishing.
Haifa Kasman. (2018).Pengaruh Kompetensi
Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Di
SMA Negeri 10
Makassar.Skripsi.Perpustakaan FTK UIN
Alauddin Makassar.
J, Suprihatiningrum.(2012). Guru Profesional,
Pedoman Kinerja, kualifikasi, dan
Kompetensi Guru.Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Kadir. (2015).Statistika Terapan.Jakarta:
Rajawali Pers.
Majid, Abdul. (2006).Perencanaan Pembelajaran
Mengembangkan Standar Kompetensi
Guru.Bandung: PT. Remaja.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No16
tahun 2006tentang Standar Kompetensi
Guru.
Siti Rohmi. (2012).Study Tentang Kompetensi
Profesionalisme Guru Mata Pelajaran
Matematika dan implikasinya terhadap
Prestasi Belajar Matematika Siswa Di
MTs. Negeri Model Praya Tahun
Pelajaran
2011/2012.Skripsi.Perpustakaan FITK
IAIN Mataram.
Slameto. (2003).Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhi.Jakarta : Rineka Cipta.
Sopiatin, Popi. (2010).Manajemen Belajar
Berbasis Kepuasan Siswa, Bogor: Ghalia
Indonesia.
Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R & D. Bandung:Penerbit
Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2013).Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana prenada media group.
U, M. Shabir.(2015).Kedudukan Guru Sebagai
Pendidik: Tugas dan Tanggung Jawab
dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru.
Makassar: Auladuna Jurnal pendidikan
Dasar Islam Vol.2, No. 2.
Winarsunu,Tulus. (2017).Statistika dalam
Peneitian Psikologi dan Pendidikan.Malang:
Cet. VIII, UMM Press.
Zaeni, Akhmad, dkk. (2016).Pengaruh
Kompetensi Pedagogik Guru dan
Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru
SD/MI di Kecamatan Petarukan
Kabupaten Pemalang, Semarang: Jurnal
Manajemen Pendidikan Vol. 5, No. 2.