DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI DATA DAN PENGUKURAN DI KELAS V MIN 1 KOTA MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar matematika yang dialami
peserta didik pada materi bilanga bulat, dengan tujuan penelitian mengetahui faktor-faktor yang
menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika pada materi data
pengukuran di Kelas V MIN 1 Kota Makasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif
deskriptif. Subjek penelitian yaitu kelas V B MIN 1 Kota Makassar yang mengalami kesulitan
belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Instrumen
penenlitian yang digunakan yaitu tes diagnostik dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami peserta didik kelas V B MIN 1 Kota Makassar
dalam pokok bahasan materi data dan pengukuran, yaitu kesalahan fakta, kesalahan konsep,
kesalahan proses perhitungan dan kesalahan karna tidak menjawab soal. Faktor penyebab dari
kesulitan belajar peserta didik kelas V B MIN 1 Kota Makassar disebabkan dari faktor internal
dan faktor eksternal peserta didik, adapun faktor internal internal adalah seperti kemampuan
intelektual yang rendah, faktor emosional, minat, motivasi, dan bakat. Dan faktor eksternal
adalah seperti faktor pedagogik dan faktor sosial. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk
mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal.
Diharapkan pendidik dapat meningkatkan lagi perhatian peserta didik dalam proses belajar
mengajar agar semangat belajar peserta didik lebih aktif lagi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
BagiBerkesulitan Belajar. Cet, II; Jakarta:
Rineka Cipta.
Departemen Agama Islam, Al-Quran dan
Terjemahannya Surabaya:
DepartemenAgama Republik Islam.
Dwi, G.P. (2016) Diagnosis Kesulitan Belajar
Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal
Pendidikan,. 5 (26).1
Efficient Representation Aspect”, Jurnal
Mathematics Education Trend
Research2013, No.7.2013.
Hamzah, Ali & Muhlisrarini, Perencanaan
Dan Strategi Pembelajaran
Matematika.Jakarta: Rajagrafindo
Persada, 2014.
Ischak.,& Warji. (1992) Program Remedial
dalam Belajar Mengajar Yogyakarta: Liberty.
Nursalam (2016). Diagnosis Kesulitan
Belajar Matematika Siswa SD/MI Kota
Makassar Berbasis Komputer, Laporan
Hasil Penelitian Makassar Fak. Tarbiyah
Dan Keguruan Universitas Islam Alauddin
Makassar,
Nyayu Khodijah, Psikologi Pendidikan Cet.
II; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,2014.
Mulyadi, Diagnosis Kesulitan Belajar Dan
Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar
Khusus Cet. II; Yogyakarta: Nuha Litera,
2010.
Rachmadi, M. (2011) Diagnosis kesulitan
Matematika SMP dan Alternatif Proses
Remedialnya, Paket Fasilitas Pemerdayaan
KKG/MGPM Matematika. Yogyakarta:
Depdiknas.
Sholeh.(1998) Pokok pengajaran Mamatika di
Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan RI.
Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Pendidikan
Kuantitatif, Kualitatif, R&D Bandung:
Alfabrta.
Suryanto, (2001) Diagnosis Kesulitan SLTP
dalam Belajar Matematika.Jurnal
Kependidikan 21 (3). 167.