DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI DATA DAN PENGUKURAN DI KELAS V MIN 1 KOTA MAKASSAR

  • Siti Hawa Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Nursalam Nursalam Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Munirah Munirah Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar matematika yang dialami
peserta didik pada materi bilanga bulat, dengan tujuan penelitian mengetahui faktor-faktor yang
menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika pada materi data
pengukuran di Kelas V MIN 1 Kota Makasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif
deskriptif. Subjek penelitian yaitu kelas V B MIN 1 Kota Makassar yang mengalami kesulitan
belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Instrumen
penenlitian yang digunakan yaitu tes diagnostik dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami peserta didik kelas V B MIN 1 Kota Makassar
dalam pokok bahasan materi data dan pengukuran, yaitu kesalahan fakta, kesalahan konsep,
kesalahan proses perhitungan dan kesalahan karna tidak menjawab soal. Faktor penyebab dari
kesulitan belajar peserta didik kelas V B MIN 1 Kota Makassar disebabkan dari faktor internal
dan faktor eksternal peserta didik, adapun faktor internal internal adalah seperti kemampuan
intelektual yang rendah, faktor emosional, minat, motivasi, dan bakat. Dan faktor eksternal
adalah seperti faktor pedagogik dan faktor sosial. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk
mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal.
Diharapkan pendidik dapat meningkatkan lagi perhatian peserta didik dalam proses belajar
mengajar agar semangat belajar peserta didik lebih aktif lagi.

References

Abdurrahman, M.(2003)Pendidikan

BagiBerkesulitan Belajar. Cet, II; Jakarta:

Rineka Cipta.

Departemen Agama Islam, Al-Quran dan

Terjemahannya Surabaya:

DepartemenAgama Republik Islam.

Dwi, G.P. (2016) Diagnosis Kesulitan Belajar

Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal

Pendidikan,. 5 (26).1

Efficient Representation Aspect”, Jurnal

Mathematics Education Trend

Research2013, No.7.2013.

Hamzah, Ali & Muhlisrarini, Perencanaan

Dan Strategi Pembelajaran

Matematika.Jakarta: Rajagrafindo

Persada, 2014.

Ischak.,& Warji. (1992) Program Remedial

dalam Belajar Mengajar Yogyakarta: Liberty.

Nursalam (2016). Diagnosis Kesulitan

Belajar Matematika Siswa SD/MI Kota

Makassar Berbasis Komputer, Laporan

Hasil Penelitian Makassar Fak. Tarbiyah

Dan Keguruan Universitas Islam Alauddin

Makassar,

Nyayu Khodijah, Psikologi Pendidikan Cet.

II; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,2014.

Mulyadi, Diagnosis Kesulitan Belajar Dan

Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar

Khusus Cet. II; Yogyakarta: Nuha Litera,

Rachmadi, M. (2011) Diagnosis kesulitan

Matematika SMP dan Alternatif Proses

Remedialnya, Paket Fasilitas Pemerdayaan

KKG/MGPM Matematika. Yogyakarta:

Depdiknas.

Sholeh.(1998) Pokok pengajaran Mamatika di

Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan

dan Kebudayaan RI.

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Pendidikan

Kuantitatif, Kualitatif, R&D Bandung:

Alfabrta.

Suryanto, (2001) Diagnosis Kesulitan SLTP

dalam Belajar Matematika.Jurnal

Kependidikan 21 (3). 167.

Published
2021-02-01
Section
Artikel
Abstract viewed = 88 times