PENGUASAAN GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH DI MIN 1 TAKALAR

  • Nurfadila Lira Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Khalifah Mustami Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Umar Sulaiman Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah penguasaan guru pada pembelajaran
tematik kelas rendah di MIN 1 Takalar. Penelitian ini bertujuan: (1) Penguasaan guru
pada pembelajaran tematik kelas rendah di MIN 1 Takalar. (2) Kendala yang dihadapi
guru dalam proses pembelajaran tematik kelas rendah di MIN 1 Takalar. (3) Upaya
yang dilakukan guru dalam meningkatkan proses pembelajaran tematik kelas rendah di
MIN 1 Takalar. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan sumber
data guru tematik kelas rendah di MIN 1 Takalar melalui teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pedoman observasi, pedoman wawancara mendalam, dan pedoman dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.Hasil analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif, dapat dikemukakan bahwa penguasaan guru pada pembelajaran tematik
kurang dikuasai dan diterapkan dengan baik oleh guru di sekolah tersebut. Adapun
kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran tematik yaitu kurangnya
kemampuan guru dalam mentematikkan mata pelajaran, metode pembelajaran yang
kurang bervariasi serta kurang menguasai kelas. Kemudian upaya yang dilakukan guru
dalam meningkatkan proses pembelajaran tematik yaitu menyediakan media
pembelajaran serta alat peraga serta mengikuti pelatihan pembelajaran tematik dari
dinas pendidikan dan sosialisasi dari kepalasekolah.

References

A, Muchlisani. A. (2012). Penerapan

Pembelajaran Tematik Pada Siswa

Kelas Ii Sdit Al-Akhyar Kecamatan Biring Kanaya, Kota Makassar.

Skripsi, Uin Alauddin Makassar.

Antari, L. (2015). Penggunaan Bahan Ajar

Tematik Pembagian Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas

Iia Mi Ahliyah Ii Palembang. Skripsi,

, No.2;

Https://Doaj.Org/Article/0bb25b72

c524cc58d18feac400d5bbe. (10 Juni

.

Arikunto, S. (2013) Prosedur Penelitian. Cet.

XV; Jakarta; Rineka Cipta.

Irene. C. (2013). Implementasi Pembelajaran

Tematik Pada Siswa Kelas Rendah

Di Sd Negeri Balekerto Kecamatan

Kaliangkrik. Skripsi, (Yogyakarta:

Uny),

Http://Eprints.Uny.Ac.Id/14838/1/

Skripsi%2009108241071%20fip.Pdf

(16 Maret 2018).

Karli, H. (2016). Penerapan Pembelajaran

Tematik Sd Di Indonesia, (2), No,1;

Https://Doaj.Org/Article/13b1c4b40

cb19c3d0a65002f972c. (9 Juni

.

Kunandar, (2009). Guru Profesional:

Implementasi Tingkat Satuan

Pendidikan (Ktsp) Dan Sukses Dalam

Sertifikasi Guru, (Ed, I; Jakarta:

Rajawali Pers).

Leksono, A. B. (2014). Penerapan

Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd

Negeri Watuadeg Kecamatan

Cangkringan. Skripsi,

(Yogyakarta:Uny).

Http://Eprints.Uny.Ac.Id/14427/1/

Skripsi.Pdf. (20 Februari 2018).

Moleong, J. L.(2014) Metedologi Penelitian

Kualitatif, Cet-32; Pt Remaja

Rosdakarya.

Mustami. K. M. And Gufran, D. D. (2015)

Development Of Worksheet Student

Oriented Scientific Approach At

Subject Of Biology. Man In India 95

(4). Www.Serialsjournals.Com>Pdf.

(20 April 2018).

Nurmin, Kartowagiran, B. Evaluasi

Kemampuan Guru Dalam

Mengimplementasikan Pembelajaran

Tematik Di Sd Kecc. Salahutu Kab.

Maluku Tengah. Vol.1, No 2.

Http://Dx.Doi.Org./1021831/Jpe/V

i2.26.35. ( 8 November 2018).

Prasetyo, G. (2012). Pelaksanaan

Pembelajaran Terpadu Model

Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar

Gugus Ki Hajar Dewantara

Kecamatan Manyaran Kabupaten

Wonogiri. Skripsi. (Yogyakarta;

Uny).

Http://Eprints.Uny.Ac.Id/7784/1/C

over%20-%2008108241020.Pdf. (20

Februari 2018).

Prasetyo, G. & Prasetyo, L., D., P. (2016).

Developing Adobe Flash At The

Integrative Tematic Learning Based

On Scientific Approach Sub-Thems

Beauty Of Historical Heritage. 4,

No.1;

Https://Doaj.Org/Article/07925d0f3

f9f86bbd0104bc4407f. ( 20 Juni

Permedikbud Nomor 103 (2014). Teantang

Kurikulum Sd/Mi.

Rusman, (2012) Model-Model Pembelajaran,

Pengembangkan Profesionalisme

Guru (Jakarta, Rajawali Pers).

Trianto, (2007). Model Pembelajaran Terpadu

Dalam Teori Dan Praktek, Cet Ke-1,

Prestasi Pustaka, Jakarta.

Published
2021-02-01
Section
Artikel
Abstract viewed = 122 times