PENGUASAAN GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH DI MIN 1 TAKALAR

Main Article Content

Nurfadila Lira
Muhammad Khalifah Mustami
Umar Sulaiman

Abstract

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah penguasaan guru pada pembelajaran
tematik kelas rendah di MIN 1 Takalar. Penelitian ini bertujuan: (1) Penguasaan guru
pada pembelajaran tematik kelas rendah di MIN 1 Takalar. (2) Kendala yang dihadapi
guru dalam proses pembelajaran tematik kelas rendah di MIN 1 Takalar. (3) Upaya
yang dilakukan guru dalam meningkatkan proses pembelajaran tematik kelas rendah di
MIN 1 Takalar. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan sumber
data guru tematik kelas rendah di MIN 1 Takalar melalui teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pedoman observasi, pedoman wawancara mendalam, dan pedoman dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.Hasil analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif, dapat dikemukakan bahwa penguasaan guru pada pembelajaran tematik
kurang dikuasai dan diterapkan dengan baik oleh guru di sekolah tersebut. Adapun
kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran tematik yaitu kurangnya
kemampuan guru dalam mentematikkan mata pelajaran, metode pembelajaran yang
kurang bervariasi serta kurang menguasai kelas. Kemudian upaya yang dilakukan guru
dalam meningkatkan proses pembelajaran tematik yaitu menyediakan media
pembelajaran serta alat peraga serta mengikuti pelatihan pembelajaran tematik dari
dinas pendidikan dan sosialisasi dari kepalasekolah.

Article Details

How to Cite
Lira, N., Mustami, M. K., & Sulaiman, U. (2021). PENGUASAAN GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH DI MIN 1 TAKALAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 3(1). https://doi.org/10.24252/jipmi.v3i1.19690
Section
Artikel

References

A, Muchlisani. A. (2012). Penerapan
Pembelajaran Tematik Pada Siswa
Kelas Ii Sdit Al-Akhyar Kecamatan Biring Kanaya, Kota Makassar.
Skripsi, Uin Alauddin Makassar.
Antari, L. (2015). Penggunaan Bahan Ajar
Tematik Pembagian Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas
Iia Mi Ahliyah Ii Palembang. Skripsi,
4, No.2;
Https://Doaj.Org/Article/0bb25b72
1c524cc58d18feac400d5bbe. (10 Juni
2018).
Arikunto, S. (2013) Prosedur Penelitian. Cet.
XV; Jakarta; Rineka Cipta.
Irene. C. (2013). Implementasi Pembelajaran
Tematik Pada Siswa Kelas Rendah
Di Sd Negeri Balekerto Kecamatan
Kaliangkrik. Skripsi, (Yogyakarta:
Uny),
Http://Eprints.Uny.Ac.Id/14838/1/
Skripsi%2009108241071%20fip.Pdf
(16 Maret 2018).
Karli, H. (2016). Penerapan Pembelajaran
Tematik Sd Di Indonesia, (2), No,1;
Https://Doaj.Org/Article/13b1c4b40
7664cb19c3d0a65002f972c. (9 Juni
2019).
Kunandar, (2009). Guru Profesional:
Implementasi Tingkat Satuan
Pendidikan (Ktsp) Dan Sukses Dalam
Sertifikasi Guru, (Ed, I; Jakarta:
Rajawali Pers).
Leksono, A. B. (2014). Penerapan
Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd
Negeri Watuadeg Kecamatan
Cangkringan. Skripsi,
(Yogyakarta:Uny).
Http://Eprints.Uny.Ac.Id/14427/1/
Skripsi.Pdf. (20 Februari 2018).
Moleong, J. L.(2014) Metedologi Penelitian
Kualitatif, Cet-32; Pt Remaja
Rosdakarya.
Mustami. K. M. And Gufran, D. D. (2015)
Development Of Worksheet Student
Oriented Scientific Approach At
Subject Of Biology. Man In India 95
(4). Www.Serialsjournals.Com>Pdf.
(20 April 2018).
Nurmin, Kartowagiran, B. Evaluasi
Kemampuan Guru Dalam
Mengimplementasikan Pembelajaran
Tematik Di Sd Kecc. Salahutu Kab.
Maluku Tengah. Vol.1, No 2.
Http://Dx.Doi.Org./1021831/Jpe/V
1i2.26.35. ( 8 November 2018).
Prasetyo, G. (2012). Pelaksanaan
Pembelajaran Terpadu Model
Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar
Gugus Ki Hajar Dewantara
Kecamatan Manyaran Kabupaten
Wonogiri. Skripsi. (Yogyakarta;
Uny).
Http://Eprints.Uny.Ac.Id/7784/1/C
over%20-%2008108241020.Pdf. (20
Februari 2018).
Prasetyo, G. & Prasetyo, L., D., P. (2016).
Developing Adobe Flash At The
Integrative Tematic Learning Based
On Scientific Approach Sub-Thems
Beauty Of Historical Heritage. 4,
No.1;
Https://Doaj.Org/Article/07925d0f3
1874f9f86bbd0104bc4407f. ( 20 Juni
2018)
Permedikbud Nomor 103 (2014). Teantang
Kurikulum Sd/Mi.
Rusman, (2012) Model-Model Pembelajaran,
Pengembangkan Profesionalisme
Guru (Jakarta, Rajawali Pers).
Trianto, (2007). Model Pembelajaran Terpadu
Dalam Teori Dan Praktek, Cet Ke-1,
Prestasi Pustaka, Jakarta.