Uji Kesahihan dan Keandalan Kuesioner Diabetes Obstacles Questioner (DOQ) Berbahasa Indonesia pada Pasien Geriatri dengan Diabetes Mellitus Tipe 2

  • Alifia Putri Febrianti UIN Malang

Abstract

Diabetes melitus adalah penyakit menahun yang akan diderita seumur hidup serta merupakan lima penyakit terbanyak yang diderita oleh lanjut usia di Indonesia. Kualitas hidup pasien geriatri dengan diabetes melitus tipe 2 sangat dipengaruhi oleh kepatuhan pasien terhadap pengobatannya sehingga perlu diidentifikasi faktor-faktor yang menurunkan kepatuhan pasien menggunakan kuesioner Diabetes Obstacles Questionaire (DOQ). Penelitian ini bertujuan untuk menguji kesahihan dan keandalan kuesioner DOQ berbahasa Indonesia. Tiga puluh lima pasien geriatri dengan diabetes melitus tipe 2 diwawancarai menggunakan DOQ berbahasa Indonesia. Kesahihan dinilai menggunakan uji Pearson Correlation Bivariate dan keandalan dinilai menggunakan Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuesioner DOQ berbahasa Indonesia memiliki nilai >dari rtabel (0,361) serta ralpha> konstanta (0,60). Hal ini dapat disimpulkan bahwa, kuesioner DOQ berbahasa Indonesia Sahih dan Andal.

References

ADA. (2021). Standard of Medical Care in Diabetes - 2021. The Journal of Clinical and Applied Research and Education Diabetes Care, 244-1.

Dahlan, M. S. (2016). Besar Sampel Dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Epidemiologi Indonesia.

Dahlan, M. S. (2018). Penelitian Diagnostik, Validitas & Reliabilitas. Jakarta: Epidemiologi Indonesia.

Dipiro. (2020). Pharmacotherapy A Pathophysiologic Approach. New York: Mc Graw hill.

Hearnshaw, H. e. (2007). Development and validation of the Diabetes Obstacles Questionnaire (DOQ) to assess obstacles in living with Type 2 diabetes. Diabet Med, 878-82.

IDF. (2018). IDF Diabetes Atlas. New York: International Diabetes Federation.

Kemkes. (2016). Statistik Penduduk Lanjut Usia. . Jakarta: Pusdatin.

PERKENI. (2019). Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Dewasa di Indonesia. Jakarta: PB PERKENI.

Travakol, M. a. (2011). Making sense of Cronbach’s alpha. Int J Med Educ, 53-5.

Published
2021-11-29
Abstract viewed = 285 times