ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN TENAGA KEFARMASIAN DI APOTEK WILAYAH SAMATA
Abstract
Peran tenaga kefarmasian sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan pelayanan kefarmasian di fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya adalah apotek. Samata merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa yang saat ini mulai berkembang dan memiliki beberapa apotek. Kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian suatu apotek dapat memengaruhi berbagai macam aspek, seperti ketahanan apotek dan citra tenaga kefarmasian. Tingkat kepuasan pasien dianalisis dari faktor kehandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan fasilitas berwujud. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan tenaga kefarmasian di apotek wilayah Samata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif secara cross sectional dengan sampel berjumlah 36 orang dari 8 apotek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sebanyak 94% responden menyatakan puas dan 6% menyatakan tidak puas. Hasil analisis statistik dengan chi-square menunjukkan tidak ada korelasi yang bermakna antara faktor usia, jenis kelamin, pendidikan, penghasilan, pekerjaan, frekuensi kunjungan, dan tujuan pengobatan terhadap kepuasan pelayanan tenaga kesehatan.References
Adha, Zulhijjah. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Pemanfaatan Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS)Di RSUD Labuang Baji Makassar Periode Oktober 2016. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin, 2017
Dahlan S, (2010). Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel Dalam penelitian Kedokteran dan Kesehatan, Jakarta : Salemba Medika.
Ikasari, N.H., 2008, Perbedaan Tingkat Kepuasan Pemberian Informasi Obat Antara Apotek Rawat Jalan dengan Apotek Rawat Inap Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ortopedi. Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta,” Skripsi Fak. Farmasi Unismuh, Surakarta
Kurniasih, Retno. Evaluasi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Di Apotek Instalasi Farmasi RS.APemalangJawa Tengah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.
Sutrisna, dkk. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sragen.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008.