Challenges of Online Learning for Library Science Students

  • Marni Marni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

The Covid-19 pandemic has changed various aspects of life such as working at home, studying at home, to break the chain of spreading Covid-19. The purpose of this study was to determine how to use online learning tools for library science students and to find out the obstacles faced during learning process. This qualitative research uses descriptive approach. The data were collected from library science students of UIN Alauddin Makassar through Interview and observation. To support learning during the Covid-19, integration of technology and various kinds of learning technology tools such as Google Classroom, WhatsApp, E-learning, Lentera, Zoom, Youtube were used. WhatsApp is the most used because it is easier to understand and easier to access from villages.

ABSTRAK

Pandemi covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan seperti mahasiswa belajar di rumah dan bekerja di rumah, ini merupakan salah satu solusi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana pemanfaatan daring dalam proses belajar mengajar jurusan Ilmu Perpustakaan dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi selama proses belajar mengajar menggunakan daring (jaringan internet). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, jenis data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder, dan yang mejadi informan adalah mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora. Teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Selama masa pandemi Covid-19 pembelajaran di rumah atau daring sebagai cara melanjutkan perkuliahan. Untuk menunjang pembelajaran selama pandemi Covid-19, integrasi teknologi dan macam inovasi selain itu kesiapan pendidik dan peserta didik. Infrastruktur yang mendukung pembelajaran melalui daring secara gratis melalui berbagai ruang diskusi seperti Google Classroom, WhatsApp, E-learning, Lentera, Zoom, Youtube. Dari sekian banyak fasilitas yang disediakan, mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan lebih banyak menggunakan WhatsApp karena penggunaan lebih mudah dipahami dan lebih gampang diakses dari kampung yang terkendala dengan layanan internet, seperti penyediaan layanan internet di daerah yang tidak merata kadang mengalami kelambatan layanan, peningkatan biaya kuota, dan kondisi alam yang tidak mendukung seperti hujan yang bisa melambatkan layanan internet.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bates, T The Impact of Teknological Chage on open and distance learning distance education, 1997.

Bagur, Sitomorang, pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Lerning pada Mata pelajaran Etimologi Multimedia, Jurnal Tknlogi Pendidikan(2020) 152-165

Chandra Edy, youtube citra media interaktif atau media penyampaiyan apirasi pribadi, jurnal muara ilmu sosial, Humaniora dan seni, Vol.1, No, 2 oktober 2017: hal 404-417 diakses 5 Mei 2020.

Firman dan Rahayu, Pembelajaran online di Tengah Pandemi Covid-19 Indonesia Jurnal of educational Science,2020, 81-89.

Hartanto, Wiwi(2016), Penggunaan Elearning sebagai Media pembelajar Online, jurnal ENJE, diakses 5 Mei 2020.

Lexy j, Maleong, metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Mustofa Iklil Mokhamad, DKK, formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan diparitas kualitas perguruang tinggi, walisongo journal of informasi tegnology, vol.no 2(2019) 151-160.

Roidah dan Yuni, Analisis pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh ditengah pandemic virus corona covid-19, Vol.4, No.2, Mei 2020. Diakses 5 Mei 2020.

Toung Yao,Pendidikan dan Riset Internet, Jakarta: Dinastindo,2000.

Yandwiputra, Kuliah Jarak Jauh karena Virus Corona, UI: 2020.

Published
2020-09-21
How to Cite
Marni, M. (2020). Challenges of Online Learning for Library Science Students. Literatify : Trends in Library Developments, 1(2), 86-92. https://doi.org/10.24252/literatify.v1i2.15824
Section
Artikel
Abstract viewed = 397 times