Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menciptakan Budaya Literasi Siswa pada Jenjang Pendidikan Menengah

  • Inawati Inawati Universitas Negeri Malang
    (ID)

Abstract

Rendahnya tingkat literasi masyarakat di Indonesia khususnya pada siswa masih menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat. Berbicara tentang literasi di sekolah maka tidak terlepas dari tugas dan tanggung jawab guru dan tenaga kependidikan, pemerintah, keluarga dan masyarakat sekitar, serta kemauan dan kesadaran siswa. Membudayakan literasi pada siswa merupakan gerakan literasi yang aktivitasnya banyak dilakukan di sekolah dengan melibatkan siswa, pendidikan dan tenaga kependidikan, serta orang tua dengan menampilkan praktik baik tentang literasi dan menjadikannya sebagai kebiasaan serta budaya di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Inawati Inawati, Universitas Negeri Malang
Prodi D3 Perpustakaan, Fakultas Sastra

References

Azis, A. (2018). Melalui Perpustakaan Di Mim Gandatapa Banyumas ( Design Implementation of School Literature Movements Through Library in Mim Gandatapa Banyumas ). Jurnal Publis, 2(1), 43–59.

Bruno, L. (2019). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Atas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Fananta, M. R. at all. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. In L. A. Maryani (Ed.), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Karima, A. (2019). PISA, Pendidikan Indonesia Molor di Peringkat 5 Terbawah, Peneliti Pendidikan Dunia Pertanyakan Metode Tes - Pikiran-Rakyat.com. Pikiran Rakyat.Com. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01325101/pisa-pendidikan-indonesia-molor-di-peringkat-5-terbawah-peneliti-pendidikan-dunia-pertanyakan-metode-tes

Kemdikbud, B. K. dan L. M. (2019). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. Retrieved July 24, 2020, from Kemdikbud.go.id website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/04/tingkatkan-literasi-bacatulis-kemendikbud-adakan-pertemuan-penulis-bahan-bacaan

KEMENDIKBUD. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: KEMENDIKBUD RI.

Kemendikbud, T. G. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Gerakan Literasi Nasional, 1–41. https://doi.org/http://dikdasmen.kemdikbud.go.id

Mu, A. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Retnaningdyah, P. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menegah Pertama. In Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Saryono, D., Ibrahim, G. A. I., Muliastuti, L., Akbari, Q. S. A., Hanifah, N., Miftahussururi;, … Efgeni. (2017). Materi pendukung literasi baca-tulis. Gerakan Literasi Nasional, 1–31.

Widuri. (2017). Kerangka Literasi Digital Indonesia (Donny BU, Ed.). Jakarta.

Wirawan, Noven Handani; Trianto, A. G. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, II(III), 300–309.

Published
2022-03-23
How to Cite
Inawati, I. (2022). Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menciptakan Budaya Literasi Siswa pada Jenjang Pendidikan Menengah . Literatify : Trends in Library Developments, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.24252/literatify.v3i1.24645
Section
Artikel
Abstract viewed = 684 times