WhatsApp as an Online Learning Tool for Library Science Students

  • Ramadayanti Ramadayanti
    (ID)

Abstract

Whatsapp sebagai salah satu media sosial paling berpengaruh dan banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Para mahasiswa di Indonesia pada era digital saat ini sudah menggunakan gawai dalam aktivitas keseharian mereka baik di kampus maupun di luar kampus. Namun, sebagian besar pelajar menggunakan aplikasi media sosial, khususnya Whatsapp, hanya untuk bermedia sosial saja, padahal di dalam aplikasi tersebut, terdapat manfaat yang bisa meningkatkan kemampuan literasi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peran Media Sosial (Whatsapp) Dalam Proses Belajar Online (Daring) Di Kelas Ap.3/4 Jurusan Ilmu Perpustakaan Uin Alauddin Makassar dan 2) manfaat Media Sosial (Whatsapp) Dalam Proses Belajar Online (Daring) Di Kelas Ap.3/4 Jurusan Ilmu Perpustakaan Uin Alauddin Makassar.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simak, catat, dan wawancara online,kajian pustaka. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu,1).peran  media sosial whatsapp sangat membantu mahasiswa dalam proses belajar  secara online    ( daring) dan 2). Manfaat media sosial whatsapp WhatsApp sebagai Media Literasi digital, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang menggunakan fitur voice note atau video call, Berbagi materi melalui Whatsapp Story. Whatsapp memudahkan dalam percakapan melalui menu chat, bisa meng-copy, men-delete, atau memforward pesan. Gambar yang terkirim bisa di-forward, Selain itu juga dapat mengirim pesan suara maupun share lokasi keberadaan pengguna.

ABSTRACT

WhatsApp as one of the most influential social media and is widely used by Indonesia. Students in Indonesia in the digital era are currently using gadgets in their daily activities. However, many students have use social media applications, especially WhatsApp, only for social media, not improve digital literacy skills. The purposes of the study were to determine: 1) the role of in online learning Process,and 2) the benefits of (WhatsApp) in online learning process for Library Sciences students at UIN Alauddin Makassar. The data were gathered through listening, , taking notes, online interviews, literature review. The results of this study showed that 1) the role of WhatsApp really helps students in learning process,and 2). the benefits of WhatsApp as digital literacy mediain distance learning (PJJ) may use voice note or video call feature, sharing material, an so on. WhatsApp makes it easy to have conversations through the chat, it can copy, delete, or forward messages. Images that are sent can be forwarded. In addition, students can also send voice messages and share the their location.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ellys Lestari Pambayun. 2012. Communication Quotient Kecerdasan Komunikasi Dalam Pendekatan Emosional Dan Spiritual. Bandung: Remaja Rosdakarya.

https://inet.detik.com/cyberlife/d-2233962/peran-media-sosial-dalam-pendidikan. Di akses pada tanggal 2020

Kurniali,S.2009. Peran Media Sosial di Ineternet Pada Penerapan Proses Knowledge Management. Graduate Program in Information System Management BINUS. Vol 1 No 2 : 5

Mulawarman, M.,& Nurfitri, A. D. 2017. Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1),36–44.https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759.

Qomariyah, A.N. 2009. Perilaku Penggunaan Internet pada Kalangan Remaja di Perkotaan. Jurnal Ilmu Sosial. Vol 2 No 2 : 1

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Syarifuddin, 2011. Metode Penelitian Dakwah dan Komunikasi. Cet.II; Ambon Indonesia: Wadakom Smart.

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M.2018. Penggunaan Sosial Media WhatsApp dan Pengaruhnya terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 07(1), 1–22. https://doi.org/10.30868/EI.V7

Published
2020-09-18
How to Cite
Ramadayanti, R. (2020). WhatsApp as an Online Learning Tool for Library Science Students. Literatify : Trends in Library Developments, 1(2), 78-85. https://doi.org/10.24252/literatify.v1i2.15917
Section
Artikel
Abstract viewed = 467 times