Peningkatan Kualitas Penataan Koleksi Bahan Pustaka di Perpustakaan Pondok Pesantren IMMIM Putri Pangkep Melalui Pendekatan Asset Based for Community Development

  • Irvan Muliyadi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Husaebah Pattah
    (ID)

Abstract

Perpustakaan madrasah merupakan unit yang berkontribusi secara signifikan terhadap capaian pembelajaran siswa apabila perpustakaan tersebut terkelola dengan baik. Tidak banyak perpustakaan madrasah dan perpustakaan pondok pesantren yang terkelola dengan baik, oleh karena itu kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pegelolaan koleksi bahan pustaka di perpustakaan pondok pesantren.

Kegiatan pengabdian ini yang menggunakan pendekatan Assets Based for Community Development digabungkan dengan Service Learning bertempat di perpustakaan pondok pesantren IMMIM Putri Pangkep Sulawesi Selatan sebagai komunitas mitra. Kegiatan ini diawali dengan “Mappatabe”, mohon ijin sekaligus wawancara apresiatif, dilanjutkan pemetaan aset, tudang sipulung (low hanging fruits) dan monitoring evaluasi. Intervensi dari tim pengadi adalah pelatihan pengelolaan bahan pustaka diberikan kepada staf perpustakaan dan tim service-learning yang melakukan penataan koleksi bahan pustaka.

Hasil pengabdian menunjukkan bahwa perpustakaan pondok pesantren IMMIM Putri Pangkep memiliki: aset individu berupa staf yang memiliki kemampuan mengadministrasi kegiatan, kemampuan  mengoperasikan komputer dan kemampuan berkomunikasi dengan baik; aset infrastruktur dan fisik berupa ruang referensi, ruang baca, ruang sirkulasi & pengolahan, rak buku, dan 3 unit komputer; aset sumber daya alam berupa halaman yang luas, tanaman hias yang beragam dan pepohonan; aset sosial berupa organisasi seperti YASDIC IMMIM dan aset sosial berupa assosiasi seperti koperasi, organisasi daerah, English Club, komunitas baca dan tahfidz; sumber keuangan berupa pembayaran SPP santri dan  Yasdic IMMIM.

Aset yang dimiliki perpustakaan pondok pesantren IMMIM dimobilisasi melalui pelatihan sebagai bentuk intervensi dari pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kualitas pengelolaan/penataan koleksi bahan pustaka yang dimilikinya & berbagai kontribusi diberikan oleh tim sevice learning tersebut dalam meningkatkan penataan koleksi bahan pustaka perpustakaan pondok pesantren IMMIM.

Perubahan pengelolaan perpustakaan madrasah atau perpustakaan pondok pesantren ke arah yang lebih baik dapat lebih efektif melalui darma pengabdian masyarakat dari PTKI melalui kegiatan peningkatan kapasitas pengelola perpustakaannya dan tim service learning dari PTKI yang memiliki program studi Ilmu Perpustakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rohman, Asep Saeful, Wina Erwina, and Elnovani Lusiana. "Transformasi Perpustakaan Desa Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Majalengka." Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2.12 (2018): 1062-1065. Diakses 13 Oktober 2021 di http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20269

Kurnianingsih, Indah, Rosini Rosini, and Nita Ismayati. "Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi." Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3.1 (2017): 61-76. Diakses 13 Oktober 2021 di https://core.ac.uk/download/pdf/193948859.pdf

Syarif, Irman, and Elihami Elihami. "Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio." MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT 2.1 (2020): 109-117. Diakses tanggal 13 Oktober 2021 di https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/548

Kusumaningrum, Desi Eri, et al. "Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah." Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 2.3 (2019): 164-169. Diakses tanggal 13 Oktober 2021 di http://journal2.um.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/10989

Bestari, Melati Purba, and M. Hudhan Hakiki. "Peningkatan Literasi Sekolah Guru dan Siswa melalui Pengabdian Kepada Masyarakat Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya." Pustabiblia: Journal of Library and Information Science 2.1 (2018): 137-148. Diakses 13 oktober 2021 di https://pustabiblia.iainsalatiga.ac.id/index.php/pustabiblia/article/viewFile/1837/969

Widayanto, Mutinda Teguh. "Optimalisasi perpustakaan desa untuk meningkatkan budaya literasi di Desa Jatiadi, Kabupaten Probolinggo." Jurnal Pengabdian Barelang 2.01 (2020): 32-39. Diakses tanggal 13 Oktober 2021 di http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jpkm/article/view/1640

Anwar, Rully Khairul, and Agus Rusmana. "Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial Dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, Dan Tenaga Pengelola Perpustakaan Sekolah/Madrasah Di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat." Dharmakarya 6.4 (2017). Di http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/14891

Rosyadi, Alfiani Athma Putri, and Adi Slamet Kusumawardana. "Iptek berbasis masyarakat melalui program JIBAS (jaringan informasi bersama antar sekolah) dalam pengelolaan perpustakaan sekolah." Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) 4.2 (2021): 241-250. Diakses 13 Oktober 2021 di http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/9314

Novyanti, Rika, et al. "Manajemen perpustakaan sekolah pada sdn mawar vi banjarmasin." Jurnal Impact: Implementation and Action 1.1 (2019): 54-58. Diakses 13 oktober 2021 di http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/329/

Nurdiyanah et al. Panduan Pelatihan Dasar Asset Based for Community Driven Development (ABCD). Makassar, Nur Khaerunnisa ; 2016. Di akses tanggal 13 Oktober 2021 di https://acced.uin-alauddin.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/PANDUAN-ABCD.pdf

Syahdan, S., Ridwan, M. M., Ismaya, I., Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’had Manailil Ulum Pondok Pesantren Guppi Samata. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 48-65.

Maskur, A. (2019). Penguatan Budaya Literasi di Pesantren. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 1-16.

Rubin, R. E. (2010). Foundations of Library and Information Science. New York: Neal-Schuman Publishers.

Widyastuti, D. R., & Ramdhani, M. A. (2020). Perpustakaan dan Katalogisasi: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Refika Aditama.

Ariyanto, W. P., Susanto, H., & Muljono, P. (2012). Desain dan Pengembangan Katalog Perpustakaan. Yogyakarta: Gava Media.

Campbell, J. (2017). Subject Headings. In The Oxford Guide to Library Research (4th ed., pp. 107-120). Oxford University Press: New York.

Hernández-García, A., & Jiménez, M. (2019). Analysis of Subject Headings and their impact on the readability and accessibility of Library Catalogs. Information Research, 24(4). https://doi.org/10.47989/irpaper809

Wei, Y., & Mu, X. (2018). A Comparative Study of Subject Headings and Keywords in Library Catalogs. Journal of Academic Librarianship, 44(4), 460-467. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2018.05.008

Delgado, C., & Candeias, A. (2020). Subject Headings in Library Catalogs: Issues and challenges. Library Hi Tech, 38(1), 20-28. https://doi.org/10.1108/LHT-03-2019-0055
Published
2023-03-31
How to Cite
Muliyadi, I., & Pattah, S. H. (2023). Peningkatan Kualitas Penataan Koleksi Bahan Pustaka di Perpustakaan Pondok Pesantren IMMIM Putri Pangkep Melalui Pendekatan Asset Based for Community Development. Literatify : Trends in Library Developments, 4(1), 45-57. https://doi.org/10.24252/literatify.v4i1.36879
Section
Artikel
Abstract viewed = 137 times

Most read articles by the same author(s)