Tantangan Terhadap Implementasi Kualitas Layanan Prima dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Potensi Utama

  • Idzhari Rahman Universitas Potensi Utama
    (ID)
  • Nanang Hermawan Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Aisyah Azhar Adam Universitas Potensi Utama
    (ID)
  • Arbana Syamanta Universitas Potensi Utama
    (ID)
  • Linda Wahyuni Universitas Potensi Utama
    (ID)
Kata Kunci: layanan prima, layanan Perpustakaan

Abstrak

Pelayanan yang prima bukan hanya berhubungan dengan fisik saja, akan tetapi ada faktor lainnya yang ikut memengaruhinya. Layanan prima tersebut seperti berbentuk abstrak yaitu bisa dirasakan, akan tetapi sulit untuk dilihat ataupun dibuktikan. Layanan prima memang tak terlepas dari kepuasan pelanggan atau customer satisfaction. Jika pelanggan puas, maka ia akan datang dan datang lagi ke perpustakaan. Hal ini sangat berdampak positif dalam meningkatkan kunjungan pemakai ke perpustakaan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode yaitu penelitian secara kualitatif, penelitian lapangan merupakan field research yang mempunyai ciri penelitian kulitatif. Peneliti dengan mengumpulkan informasi dilapangan mengenai Tantangan terhadap Implementasi Kualitas Layanan Prima dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Potensi Utama. Perpustakaan Universitas Potensi Utama telah melakukan pelatihan tenaga pustakawan dalam bidang layanan, komputer, studi banding ke berbagai perpustakaan yang lebih maju, dan mengikuti magang di bidang ilmu perpustakaan serta teknologi informasi dan komunikasi di perpustakaan yang telah maju.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aa Kosasih. 2009. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Layanan Prima di Perpustakaan”. Artikel Pustakawan Perpustakaan Universitas Negeri Malang., https://lib.um.ac.id/ Diakses 15.30. 13 Agustus 2024.

Cahyono, Teguh Yudi. 2017. “Optimalisasi Layanan Prima di Perpustakaan”. Jurnal Pustakawan Universitas Negeri Malang., https://lib.um.ac.id/ Diakses 15.24. 13 Agustus 2024.

Hartono. Kompetensi Literasi Informasi Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto, 2019.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noverista, Dinda Ivanny, Laksmi Dewi, Angga Hadiapurwa. 2022. “Pengaruh Etika Pustakawan Terhadap Pelayanan Prima Pada Perpustakaan.”. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan., Padang. https://ejournal.unp.ac.id/, Volome 11 Number 01 2022. Diakses 15.35. 13 Agustus 2024.

Rahmah, Elva. 2018. Akses dan Layanan Perpustakaan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahmah, Elma, dkk. 2019. Manajemen Perpustakaan Penerapan TQM dan CRM. Depok: Rajawali Pers.

Rachmad Hermawan dan Zalla Zen. Aksentuasi Kepustakawanan Indonesia. Jakarta: Sagung Seto, 2006.

Saleh, Abdul Rahman. 2018. Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Masa Depan: Sebuah Analogi Pemikiran. Jakarta: Sagung Seto.

Septiyantono, T. 2016. Materi pokok literasi informasi. Universitas Terbuka.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Strauss, Anselm dan Corbin, Juliet. 1997. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif Prosedur, Teknik dan Teori Grounded. Surabaya: PT Bina Ilmu.

Diterbitkan
2024-09-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 341 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##