Pola Pengasuhan dalam Rumah Tangga Pasangan Etnik Mandar dan Etnik Jawa (Studi Kasus di Desa Sidorejo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat)

  • Wan Siti Nurfadilla Prodi Sosiologi Agama UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Akilah Mahmud Prodi Sosiologi Agama UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Santri Sahar Prodi Sosiologi Agama UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Pola Pengasuhan Anak, Perbedaan Etnik, Nilai Sibali Parri’ dan Nilai Soyo

Abstract

Hasil Penelitian menunjukkan  bahwa pola pengasuhan yang terjadi dalam suatu pernikahan yang berlatar belakang berbeda etnik di Desa Sidorejo terdapat beberapa pola pengasuhan, baik itu pengasuhan demokratis dari Diana Baumrind dan pengasuhan dalam antar jejaring, yaitu pengasuhan Adaptif, pengasuhan transaksional-demokratis dan pengasuhan negoisasi-otoritatif. Penanaman nilai sosial keagamaan seperti nilai sibali’ parri, nilai soyo, dan nilai moral dilakukan orang tua dengan cara menasehati, mempraktekkan dan membiasakan anak untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Pola pengasuhan yang diterapkan pasangan etnik Mandar dan etnik Jawa di Desa Sidorejo didukung oleh beberapa faktor, yaitu faktor kepribadian orang tua, faktor lingkungan, faktor hubungan orang tua, faktor sosial dan faktor agama. Adanya suatu faktor pendukung dalam pengasuhan anak tentu ada juga yang menjadi faktor penghambat dalam pengasuhan anak, yaitu faktor bahasa, faktor lingkungan dan faktor pendidikan. Pandangan masyarakat terhadap pola pengasuhan pada pasangan etnik yang berbeda terjalin dengan baik meskipun masih ada beberapa anak yang tidak mampu menerapkan nilai yang ada dalam etnik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayun, Qurrotu. 2017, Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Parenting, Education Methods In Children 5, no.1
Danim, Sudarwan. 2010, Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta. Kay, Janet.2013, Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kanisius.
Kementrian Agama RI. 2020 Al-Qur’an dan Hafalan Mudah Terjemahan & Tajwid Warna. Jakarta: Al-Hazuf.
Merlina, Nina. 2010, Pola Pengasuhan Anak pada Komunitas Adat Giri Jaya (Suatu Tinjauan Sosial Budaya). Patanjala 2. no. 2.
Muslich, Masnur. 2011, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara.
Risyanty, Rani,dkk. Gambaran Pengasuhan Ibu dalam Mengembangkan Perilaku Adaptif Siswa Tunagrahita, Jurnal Psikologi, vol. 17 no. 1 (april 2018), h. 45. httpssmartlib.umri.ac.idassetsuploadsfiles.x. (Diakses 03 September 2021).
Ritzer, George. 2012, Teori Sosiologi dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Shihab, M.Quraish. 2003, Tafsir Al-Misbah Cet. I; Jakarta: Lentera hati.
Tridhinanto, A. 2014, Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Pt Gramedia.
Wahyuni. 2021, Pola Pengasuhan Anak Antar Generasi dalam Masyarakat Jejaring (Studi Kasus pada Etnis Bugis di Kota Makassar). Disertasi. Makassar, Universitas Hasanuddin.
Published
2022-01-13
How to Cite
Wan Siti Nurfadilla, Akilah Mahmud, & Santri Sahar. (2022). Pola Pengasuhan dalam Rumah Tangga Pasangan Etnik Mandar dan Etnik Jawa (Studi Kasus di Desa Sidorejo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat) . Macora, 1(1), 45-54. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/macora/article/view/27830
Section
Articles
Abstract viewed = 254 times