Sistem Perdagangan Patarpal (Studi Kasus Perubahan Sosial Ekonomi Pedagang Perabot Rumah Tangga di Desa Bonto Baji Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba

  • Mutmainnah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hajir Nonci UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Asrul Muslim UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Sistem, Perubahan Sosial, Ekonomi, Patarpal

Abstract

Abstrak

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu: 1) Untuk mengetahui usaha pedagang perabot rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Bonto Baji Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba  2) Untuk mengetahui dampak perubahan sosial ekonomi pedagang perabot rumah tangga di Desa Bonto Baji Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba  3) Untuk mengetahui konsep ajaran Islam tentang perubahan sosial ekonomi pedagang perabot rumah tangga di Desa Bonto Baji Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari pedagang perabot rumah tangga Desa Bonto Baji dan konsumen pedagang perbot rumah tangga Desa Bonto Baji. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi adapu instrumen penelitian berupa peneliti sendiri dengan alat tulis, dan camera. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)  Usaha pedagang perabot rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Bonto Baji Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba dimulai dengan usaha menawarkan barang dagangan terhadap pembeli untuk meningkatkan penjualan. 2) Pengaruh perubahan sosial ekonomi pedagang perabot rumah tangga di Desa Bonto baji Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba dipengaruhi dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yaitu: peningkatan keuangan keluarga dan terpenuhinya kebutuhan keluarga. Sedangkan faktor negatif yaitu: kurangnya kesadaran konsumen terhadap perjanjian dalam proses pembelian. 3) Konsep ajaran Islam tentang perubahan sosial ekonomi masyarakat dalam Al-Quran, menganjurkan untuk untuk tetap melakukan hal-hal baik dalam pemenuhan ekonomi keluarga.

 

Kata Kunci:  Sistem, Perubahan, Sosial, Ekonomi, Patarpal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amar Farhan.M, Etos Kerja Pedangang Pecah Belah di Pasar Lama Banjarmasin dalam Tinjauan Ekonomi Islam. Skiripsi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Antasari Banjirmasin, 2020.
Buwaiti Yahya, Dampak Sosial Budaya Dari Perkembangan Parawisata di Jambi (Studi Kasus Jasa Hiburan Umum di Kecamatan Pasar Kotamadya di Jambi, 2000.
Damsar, Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta:Prenadamedia Group, 2009.
Dinar, Pengantar Ekonomi: Teori dan Aplikasi, Makassar;CV.Nur Lina, 2018.
Ghaffar Abdul Wariyono, Interkoneksi Islam dan Kesejahteraan Sosial: Teori, Pendekata dan Studi Kasus, Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru, 2012.
Kementrian Agama RI AL-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya Surabaya: Halim Publishing Dan Distributing,2014.
Putong Iskandar, Economics Pengantar Mikro dan Makro, Jakarta;Mitar Wacana Media, 2010.
Salim Agus, Perubahan Sosial: Sketsa Teori dan Refleksi Metodologi Kasus Indoneasia, Yogyakarta; Mitar Wacana Media, 2002.
Silahi Ulber, Metodologi Penelitian Sosial, Bandung:PT. Refieka Aditama, 2010.
Soekanto Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta; Universitas Indonesia, 1974.
Soemardjan Selo & Soeleman Soemardi, Setangkai Bunga Sosiologi, Jakarta;Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1974.
Syani Abdul, Sosiologi Skematika Teori dan Terapan, Jakarta;Bumi Aksara, 1992.
http://www.artikelsiana.com/2008/01/perubahansosial. Diakses pada tanggal 18 September 2016.
http://citrawulani.wordpress.com/matapelajaran/ekonomi/pengertian/ekonomi;secara;umum./
Published
2023-08-23
How to Cite
Mutmainnah, Nonci, H., & Muslim, A. (2023). Sistem Perdagangan Patarpal (Studi Kasus Perubahan Sosial Ekonomi Pedagang Perabot Rumah Tangga di Desa Bonto Baji Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Macora, 2(2), 23-34. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/macora/article/view/42320
Section
Articles
Abstract viewed = 96 times