Peran Kader PC Ikatan Pelajar Muhammadiyah Barembang dalam Pengembangan Wawasan Moderasi Beragama di Desa Bontobireng Selatan Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa

  • Nur Rahma UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Akilah Mahmud
    (ID)
  • Wahyuni UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Moderasi Baragama, Peran

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan tentang peran kader PC Ikatan Pelajar Muhammadiyah Barembeng dalam pengembangan wawasan dan penerapan nilai-nilai moderasi beragama di Desa Bontobiraeng Selatan Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan sosiologis dan fenomenologis. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman mengenai pentingnya pengembangan wawasan moderasi dalam beragama sudah dipahami oleh mayoritas kader yang tergolong kader senior melalui kajian-kajian IPM yang dominan mengarah ke paham moderat, hal ini sesuai dengan konsep wasathiyah Islam. Peran kader dalam pengembangan dan penerapan nilai-nilai moderasi beragama yang dilakukan yaitu peningkatan literasi baca, gerakan sosial kemasyarakatan, pencegahan dan penanganan covid-19, dialog kebangsaan serta penghargaan terhadap tradisi lokal. Faktor pendorong kader IPM dalam pengembangan wawasan moderasi beragama adalah jumlah anggota yang banyak serta dukungan penuh dari segenap elemen masyarakat terkhusus dari pembina dan penanggung jawab. Faktor penghambat yang dimiliki dalam menjalankan perannya adalah ketidakmandirian para anggota muda, serta saling mengharapkannya kader antara satu dengan yang lainnya.

Kata kunci:  Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Moderasi Beragama,  Peran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amar, Abu. “Pendidikan Islam Wasathiyah Ke-Indonesiaan”. Jurnal: Al-Insyiroh 2, no. 2, (2018).
Anwar, Nurul Rosyda dan Siti Muhayati. “Upaya Membangun Sikap moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum”. Journal Pendidikan Islam 12, no. 1 (2021).
Dewi, Made Ika Kusuma dan Ni Made Rsai Kristina. “Peran Organisasi Kemasyarakat an dalam Penguatan Moderasi Beragama". Journal Prosiding Nasional No. 4 (2021), https://prosiding.iahntp.ac.id (Diakses 08 September 2021).
Fahrizal, S. http://repository.radenintan.ac.id/2535/5/BAB%2011%20TESIS.pdf, diakses pada tanggal 20 Agustus 2021 Pukul 20.13 WITA.
Fathurahman, Oman. Kenapa Harus Moderasi Beragama?, https://kemenag.go.id/re ad/kenapa-harus-moderasi-beragama-yko6k (Diakses 15 September 2021).
Hanafi, Muchkis M. Moderasi Islam. Ciputat: Ikatan Alumni Al-Azhar dan Pusat Studi Al-Qur’an 2013.
J Moleong, Lexy. Metedologi Pene,itian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya, 2001.
Junaedi, Edi. “Telaah Pustaka: Inilah Moderasi Beragama Perspektif Kementerian Agama”. Jurnal Multikultural & MultiReligius 18, no. 2.
Kementrian Agama RI. Al Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Dharma Karsa Utama, 2015.
Khoirudin, Azaki. Ideologi Gerakan Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Cet. I; Jakarta: LaPSI, 2016.
Kusuma, Mulyana. “Terorisme dalam Perspektif Politik dan Hukum”. Jurnal Kriminologi Indonesia, Vol. 2. No. 3 (2002).
Moeljadi. “Dasar-Dasar Gerakan IRM”. Blog Moeljadi. http://moeljadi.multiply. com/journal /item/15/Dasar-Dasar_Gerakan_IRM (14 Januari 2008).
Nur, Afrizal dan Mukhlis. “Konsep Wasathiyah dalam Al-Qur‟an: Studi Komparatif Antara Tafsir At-Tahrir Wa At-Tanwir Dan Aisar At-Tafsir”. Jurnal An-Nur 4, no. 2, (2015).
Pahdepie Djibran. Menatap Punggung Muhammad. Cet. I; Jakarta: Litera, 2010.
Qodir, Zuly. Radikalisme Agama: Gerakan Keagamaan di Indonesia. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
Saifuddin, Lukman Hakim. Moderasi Beragama. Cet. I; Jakarta: Kementran Agama RI, 2019.
Sarwono, Sarlito dan Eko Meinarno. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2015.
Sila, Muhammad Adlin. Pedoman Penguatan Moderasi Beragama di Masjid. Jakarta: Pusat Pengkajian Islam, 2020.
Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatau Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Umar Nasaruddin. Islam Nusantara Jalan Panjang Moderasi di Indonesia. Cet. I; Jakarta: PT Gramedia, 2019.
Wahyuni. Pengantar Sosiologi. Makassar: PKBM Rumah Buku Cara Baca, 2017.
Published
2022-08-23
How to Cite
Rahma, N., Mahmud, A., & Wahyuni. (2022). Peran Kader PC Ikatan Pelajar Muhammadiyah Barembang dalam Pengembangan Wawasan Moderasi Beragama di Desa Bontobireng Selatan Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa . Macora, 1(2), 32-43. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/macora/article/view/31609
Section
Articles
Abstract viewed = 279 times