Budaya Konsumsi Makanan Cepat Saji Dalam Kehidupan Remaja Di Kelurahan Dengerakko Kecamatan Wara Kota Palopo (Studi Kasus Franchise KFC)

  • Suriyadi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Akilah Mahmud UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Marhaeni Saleh UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Busaya Konsumsi, Makanan Cepat Saji, Remaja

Abstract

Penelitian ini berjudul “Budaya Konsumsi Makanan Cepat Saji Dalam Kehidupan Remaja Di Kota Palopo (Studi Kasus Franchise KFC)”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Fokus penelitian adalah memahami pemahaman remaja di Kelurahan Dangerakko, Kecamatan Wara, Kota Palopo tentang makanan cepat saji serta faktor-faktor yang menarik mereka untuk memilihnya. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja memahami fast food dalam konteks jenis dan konsep makanan cepat saji. Alasan mereka memilih fast food meliputi promosi media, suasana dan fasilitas, harga dan rasa, serta kebutuhan untuk hangout. Penelitian ini menyarankan untuk mengupas lebih dalam fenomena konsumsi makanan cepat saji dengan pendekatan teori lain untuk menemukan solusi menjaga atau mengubah budaya ini menjadi gaya hidup yang lebih baik, khususnya di Kota Palopo.        

Kata Kunci: Budaya Konsumsi, Makanan Cepat Saji, Remaja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ahmadi, Munawar Sholeh, Psikologi Perkembangan Jakarta : PT Rineka Cipta, 2005.

Assael, Henry. Consumer Behavior and Marketing Action, New York. PWS-KENT Publishing Company, 1992.

Chris Barker, Cultural Studies Teori dan Praktik Bantul: Kreasi Wacana, 2010.

Dainur, Gaul Benar Tanpa Minder Jakarta: Qultum Media, 2015.

David Chaney. Lifestyles: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra, 1996.

Debora dan Stella, Nanny 911 " Nasihat Para Pakar Untuk Semua Darurat Pengasuhan Anak Anda." Jakarta: Mizan Publika, 2008.

Dewi, FINANCIAL PARENTING. Menjadikan Anak Cerdas Dan Cermat Mengelolah Uang Jakarta: Mizan Digital Publishing, 2012.

Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak, Alih Bahasa Med. Meltasari Tjandasra edisi keenam Jakarta: Erlangga, 1978

Khomsan, A. Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Lury, Celia. Budaya Konsumen. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1998.

Minor dan Mowen, Perilaku Konsumen Jakarta: Erlangga, 2002.

Nelson dan Niall, Heavy Metal Music and the Communal Experience. United states of America: Lexington Book, 2016.

Oktaviani. http://repository.usu.ac.id. Diunduh pada tanggal 13 Februari 2018.

Piliang, Yasraf A. Dunia Yang di Lipat: Bertamasya Melampaui Kebudayaan, Bandung: Matahari, 2004.

Sarlito Wirawan Sarwono, Psikologi Remaja Jakarta : PT Raja Grafindo Persada edisi revisi 2013.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Peneliti Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Sulistijani, A.D. Sehat Dengan Menu Berserat Jakarta: Trubus Agriwidya, 2002.

Suratno dan Rismiati, Kelas Sosial Dan Status Dalam Masyarakat Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Sutisna. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.

Syofian Siregar, Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

W. Gulo, Metodologi Penelitian Jakarta: Grasindo, 2002.

Mufidah, Nur Lailatul. Pola Konsumsi Masyarakat Perkotaan: Studi Deskriptif Pemanfaatan Foodcourt Oleh Keluarga. Biokultur, 2012.

Nurdiansyah Rachmat. Budaya Pola Konsumsi Makanan Cepat Saji dalam Kehidupan Remaja Jakarta Studi Kasus : Franchise KFC, 2019.

Seppina Anjar Sari, “FRIED CHICKEN KAKI LIMA (Kajian Kebiasaan Dan Selera Makan Pada Masyarakat Perkotaan di Bandar Lampung)”. Universitas Lampung, 2017.

Solikatun, Drajat Tri Kartono, and Demartoto Argyo. Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi: Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang, 2005.

Susanto, Is, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, and Hanif. Budaya Konsumerisme Masyarakat Perkotaan Dalam Perspektif Ekonomi Islam Studi Pada Masyarakat Perkotaan Di Kota Bandar Lampung, 2018.

Bachri S Bachtiar, “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1):46-62, 2010.

Bakti, Indra Setia, Nirzalin Nirzalin, and Alwi Alwi. Konsumerisme Dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2):147–66. doi: 10.24815/jsu.v13i2.15925, 2019.

Heldi. “Pola Konsumsi Masyarakat Postmodern (Suatu Telaah Perilaku Konsumtif Dalam Masyarakat Postmodern)”. Jurnal Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Indriantoro, N. B. S. Metodologi Penelitian Bisnis. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis UGM, 2013.

Mambela, Imatius Joni. Pengaruh Perkembangan Zaman Modern yang Memunculkan Perilaku Gaya Hidup Konsumerisme, di Kalangan Mahasiswa Teologi Zaman Ini. Pengaruh Perkembangan Zaman Modern Yang Memunculkan Perilaku Gaya Hidup Konsumerisme, di Kalangan Mahasiswa Teologi Zaman Ini, 2020.

Published
2024-08-19
How to Cite
Suriyadi, Mahmud, A., & Saleh, M. (2024). Budaya Konsumsi Makanan Cepat Saji Dalam Kehidupan Remaja Di Kelurahan Dengerakko Kecamatan Wara Kota Palopo (Studi Kasus Franchise KFC). Macora, 3(2), 150-165. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/macora/article/view/50809
Section
Articles
Abstract viewed = 246 times