Penerapan Metode Single Moving Average Dalam Peramalan Curah Hujan Kota Makassar

  • Hilda Nurfaidah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Wahyuni Abidin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Hujan adalah salah satu elemen cuaca yang memiliki peran penting dalam membentuk kondisi atmosfer dan ekosistem di bumi. Saat ini, informasi mengenai hujan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam sektor pembangunan, pariwisata, ekonomi, dan pertanian. dan tujuan penelitian, Peramalan hujan termasuk bagian dari suatu informasi yang bisa digunakan dalam melakukan pengamatan pada kondisi atmosfer untuk waktu yang akan datang sebagai hasil dari pemrosesan keadaan data hujan pada masa lampau. Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam meprediksi cuaca, salah satunya dengan menggunakan Single Moving Average (SMA). Metode Single Moving Average akan digunakan dalam penelitian ini.  Pengujian model ramalan dengan menggunakan metode Single Moving Average pada Kota Makassar untuk curah hujan tahun 2022 diperoleh Mean Absolute Percentage Error (MAPE) adalah sebesar 1.27%. Hal itu menunjukkan metode Single Moving Average dapat digunakan untuk menghitung peramalan curah hujan dan mempunyai kemampuan model peramalan baik karena tingkat ketelitian hasil peramalan adalah sebesar 98,73%.

References

Riza, F. (2022). Prediksi Curah Hujan Mneggunakan Metode Long Short Term Memory (Studi Kasus: Kota Bandung). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.
Hermawan, E (2010). Pengelompokan Pola Curah Hujan yang Terjadi di Beberapa Kawasan P.Sumatera Berbasis Hasil Analisis Teknik Spektral. Jurnal Meteorologi dan Geofisika, Vol. 11 No.2.
Wardah, S., & Iskandar. (2017). Analisis Peramalan Volume Penjualan Keripik Pisang Kemasan Bungkus. Jurnal Teknik Industri, 135.
Sinaga, H.R., & Irawati, N (2018). Perbandingan Double Moving Average dengan Double Exponential Smoothing Pada Peramalan Bahan Medis Habis Pakai. JURTEKSI, 197-204.
Helna, F. Implementasi Long Short Term Memory (LSTM) Pada Data Time Series Untuk Memprediksi Curah Hujan (Studi Kasus: Kab. Malang). Skripsi. Jawa Timur: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasioan; Veteran.
Mardiansyah. A. (2020). Perbandingan Single Moving Average dan Single Smooting Eksponensial dalam Peramalan Penjualan Produk Industri Kecil Menengah (IKM) Binaan Dinas Perindustrian dan Perdagagan Kabupaten Gowa. Skripsi. Gowa: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Published
2024-02-20
How to Cite
[1]
Hilda Nurfaidah and Wahyuni Abidin, “Penerapan Metode Single Moving Average Dalam Peramalan Curah Hujan Kota Makassar”, MSA, vol. 11, no. 2, pp. 134-139, Feb. 2024.
Abstract viewed = 191 times