PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAM TUMBUHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASI BENDA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh penggunaan media alam tumbuhan terhadap kemampuan mengklasifikasi benda pada anak usia 4-5 tahun di lingkungan Langguli. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-eksperimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak usia 4-5 tahun yang ada di Lingkungan Langguli berjumlah 5 orang yang terdiri dari 2 laki-laki dan 3 perempuan sehingga penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua jumlah populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial jenis nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kemampuan mengklasifikasi benda sebelum penggunaan media alam tumbuhan berada pada kategori sedang. (2) Kemampuan mengklasifikasi benda setelah penggunaan media alam tumbuhan berada pada kategori tinggi. (3) Hasil penelitian jika dibandingkan sebelum dan setelah penggunaan media alam tumbuhan maka terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan mengklasifikasi benda pada anak usia 4-5 tahun di lingkungan Langguli.
Downloads
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Budiningsih, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Duriani. (2018). Implementasi Perencanaan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini pada Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo. Nanaeke, 2. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nanaeke/article/view/39-50/6483
Fatmawati, S. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERSUMBER DARI ALAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (p. 2). Pascasarjana. http://digilib.unila.ac.id/30676/2/SKRIPSI TANPA BAB Pembahasan.
Indrijati, H. (2016). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.
Latif, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Kencana.
Nugroho, S. (2008). Statistika Nonparametrika. UNIB Press.
Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 50. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paudlectura/article/view/503.
Piaget, J. (2018). Psikologi Anak. Pustaka Pelajar.
Quroisin, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Bentuk Geometri dengan Menggunakan Media Alam Sekitar di TK PGRI 79/03 Ngaliyan, Semarang (p. 138). UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22614.
Sujiono, B., & Nurani, Y. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks.
Sujiono Dkk.. (2010). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka.
Sumini. (2013). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengklasifikasikan Benda Melalui Media Realia Alam Sekitar Pada Kelompok B Di Bustanul AthfalAisyiyah Babadan I Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten 2013/2014 (p. 6). UMS. http://eprints.ums.ac.id/26702/10/NASK AH_PUBLIKASI.pdf. (diakses pada 2 Januari 2018)
Trimawartinah. (2020). Bahan Ajar Statistik Nonparametrik. Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.
Yusuf Tahir, M., & Rismayani. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Nanaeke. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nanaeke/article/view/39-50/6483
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).