IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SULAPA EPPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan atau penerapan, dan pengembangan kurikulum di PAUD Sulapa Eppa Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah PAUD Sulapa Eppa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik indepth interview (wawancara mendalam), observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan kurikulum dilakukan setiap semester, di rancang jauh sebelum proses pembelajaran, serta di evaluasi setiap semester. Perencanaan kurikulum di PAUD Sulapa Eppa dilakukan dengan mengadaptasi kurikulum SISDIKNAS yang diintegrasikan dengan Visi dan Misi sekolah, serta unsur manusia pada PAUD Sulapa Eppa itu sendiri lalu di cantumkan ke dalam kurikulum. 2) Pelaksanaan kurikulum PAUD Sulapa Eppa tetap mengacu pada kurikulum nasional, namun memiliki ciri khas khusus yaitu penekanan pada empat muatan karakter: a) macca (pintar), b) malempu (jujur), c) warani (berani) dan d) magetteng (teguh pendirian) yang harus ada di setiap pelaksanaan tema pembelajaran. 3) Pengembangan kurikulum PAUD Sulapa Eppa sesuai dengan kebutuhan anak, jika memiliki kemampuan pemahaman yang cepat, maka materi pembelajaran akan di tambah. Kurikulum SISDIKNAS tidak langsung di terapkan dalam pembelajaran, namun di analisis dan di evaluasi sesuai dengan kebutuhan anak untuk semester selanjutnya.
Downloads
References
Al-Tabany, B.I.T.(2011). Desain Pengebangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini Tk / Ra & Anak Usia Kelas Awal Sd/Mi. Jakarta: Prenamedia Grup.
Bahri, Syamsul. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya.Jurnal Ilmiah Islam Futura (Online), Vol. 11 No. 1 Tahun 2011.(http://raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/61&ved=2ahUKEwjFnJPAgMjfAhUMYo8KHeBVD34QFJAAegQIBHAB&usg=AOvVaw0gDuYw6dpU5Tfn5, di akses 29 Desember 2018).
Fatimah, D.F. dan Rohmah, N. (2016). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam(Online),Vol. 1 No. 2 Tahun 2016. (https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ejournal.uin-suka./manageria/article/download/1338/1187&ved=2ahUKEwjv4ausrsffAhUPEnIKHXICCooQFjABegQIAhAB&usg=AOvVaw05BM-EV-uwUiyjR2GiUN6L, di akses 29 Desember 2018).
Harahap, S.M.I. (2017). Upaya Meningkatkan perkembangan moral anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita di TK Nurul Ihsan Ilmi Medan Tembang. Skripsi publikasi(Online).(http://text-id.123dok.com/document/q5ovoxjz-skripsi-ita-melina-sari-harahap-nim-38-13-3-008.html, di akses 29 Desember 2018).
Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan, Dan Teknologi (Online), Vol. 1 No.2 Tahun 2015.(http://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publication/177274-ID-pendidikan-anak-usia-dini-paud–dalam per.pdf&ved=2ahUKEwi20uShrMffAhUF3o8KHUbxCMAQFjACegQICBAB&usg=AOvVaw2q5HZHd2R761EUXQjxF-7T, di akses 30 Desember 2018).
Hidayanti,A. (2014).Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Diponegoro 156 Karanglawas Lor Purwokerto Barat Banyumas Tahunajaran 2013/2014. Skripsi publikasi (Online).(http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1223/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf, di akses 29 Desember 2018).
Husamah, P., Yuni, R.,Arina, S., dan Puji. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Indrijati, H.(2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kristiawan, M., Safitri, D., dan Lestari, R. (2017).ManajemenPendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Kurniasih, I. dan Sani, B. (2017). Pendidikan Karakter: Internalisasi dan Metode Pembelajaran Disekolah. Jakarta:Kata Pena.
Kusyairy, U. (2018). Fenomena Irrelevant Topics pada Skripsi (Dinamika Psikologis Mahasiswa yang Sedang dan Telah Mengerjakan Skripsi pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar).Penelitian LITAPDIMAS. Tidak diterbitkan. Makassar: Kementerian Agama.
Latief, M., Zubaidah, R., Zulkhairina, dan Afandi, M.(2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori danAplikasi.Jakarta: Prenadamedia Group.
Ridho, R., Markhamah, dan Darsinah.(2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di KB “Cerdas” Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 16, No. 2, Tahun 2015:59-69 (https://id.scribd.com/document/365409785/1857-3424-1-SM-1 (Online), di akses 29 Desember 2018).
Saat, S. dan Mania, S. (2018). Pengantar Meodologi Penelitian. Makassar: Sibuku.
Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwendra, Wayan. I. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial,Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bandung: Nilacakra Publishing House.
Suyadi. (2017). Manajemen Paud TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim penyusun KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke-5. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Yunitasari, C., dan Japarianto, E. (2013). Analisa Faktor-Faktor Pembentuk Personal Branding dari C.Y.N. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra (Online),Vol. 1 No. 1 Tahun 2013. (https://media.neliti.com/media/publications/133264-ID-analisa-faktor-faktor-pembentuk-personal.pdf, di akses 29 Desember 2018).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).