IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SULAPA EPPA

  • Umi Kusyairi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ika Dewi Sartika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Husnul Hidayah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Hartati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurhidayat Nurhidayat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan atau penerapan, dan pengembangan kurikulum di PAUD Sulapa Eppa Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah PAUD Sulapa Eppa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik indepth interview (wawancara mendalam), observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan kurikulum dilakukan setiap semester, di rancang jauh sebelum proses pembelajaran, serta di evaluasi setiap semester. Perencanaan kurikulum di PAUD Sulapa Eppa dilakukan dengan mengadaptasi kurikulum SISDIKNAS yang diintegrasikan dengan Visi dan Misi sekolah, serta unsur manusia pada PAUD Sulapa Eppa itu sendiri lalu di cantumkan ke dalam kurikulum. 2) Pelaksanaan kurikulum PAUD Sulapa Eppa tetap mengacu pada kurikulum nasional, namun memiliki ciri khas khusus yaitu penekanan pada empat muatan karakter: a) macca (pintar), b) malempu (jujur), c) warani (berani) dan d) magetteng (teguh pendirian) yang harus ada di setiap pelaksanaan tema pembelajaran. 3) Pengembangan kurikulum PAUD Sulapa Eppa sesuai dengan kebutuhan anak, jika memiliki kemampuan pemahaman yang cepat, maka materi pembelajaran akan di tambah. Kurikulum SISDIKNAS tidak langsung di terapkan dalam pembelajaran, namun  di analisis dan di evaluasi sesuai dengan kebutuhan anak untuk semester selanjutnya. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Umi Kusyairi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Ika Dewi Sartika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Husnul Hidayah, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Sri Hartati, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Nurhidayat Nurhidayat, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Al-Tabany, B.I.T.(2011). Desain Pengebangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini Tk / Ra & Anak Usia Kelas Awal Sd/Mi. Jakarta: Prenamedia Grup.

Bahri, Syamsul. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya.Jurnal Ilmiah Islam Futura (Online), Vol. 11 No. 1 Tahun 2011.(http://raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/61&ved=2ahUKEwjFnJPAgMjfAhUMYo8KHeBVD34QFJAAegQIBHAB&usg=AOvVaw0gDuYw6dpU5Tfn5, di akses 29 Desember 2018).

Fatimah, D.F. dan Rohmah, N. (2016). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam(Online),Vol. 1 No. 2 Tahun 2016. (https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ejournal.uin-suka./manageria/article/download/1338/1187&ved=2ahUKEwjv4ausrsffAhUPEnIKHXICCooQFjABegQIAhAB&usg=AOvVaw05BM-EV-uwUiyjR2GiUN6L, di akses 29 Desember 2018).

Harahap, S.M.I. (2017). Upaya Meningkatkan perkembangan moral anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita di TK Nurul Ihsan Ilmi Medan Tembang. Skripsi publikasi(Online).(http://text-id.123dok.com/document/q5ovoxjz-skripsi-ita-melina-sari-harahap-nim-38-13-3-008.html, di akses 29 Desember 2018).

Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan, Dan Teknologi (Online), Vol. 1 No.2 Tahun 2015.(http://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publication/177274-ID-pendidikan-anak-usia-dini-paud–dalam per.pdf&ved=2ahUKEwi20uShrMffAhUF3o8KHUbxCMAQFjACegQICBAB&usg=AOvVaw2q5HZHd2R761EUXQjxF-7T, di akses 30 Desember 2018).

Hidayanti,A. (2014).Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Diponegoro 156 Karanglawas Lor Purwokerto Barat Banyumas Tahunajaran 2013/2014. Skripsi publikasi (Online).(http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1223/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf, di akses 29 Desember 2018).

Husamah, P., Yuni, R.,Arina, S., dan Puji. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Indrijati, H.(2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kristiawan, M., Safitri, D., dan Lestari, R. (2017).ManajemenPendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Kurniasih, I. dan Sani, B. (2017). Pendidikan Karakter: Internalisasi dan Metode Pembelajaran Disekolah. Jakarta:Kata Pena.

Kusyairy, U. (2018). Fenomena Irrelevant Topics pada Skripsi (Dinamika Psikologis Mahasiswa yang Sedang dan Telah Mengerjakan Skripsi pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar).Penelitian LITAPDIMAS. Tidak diterbitkan. Makassar: Kementerian Agama.

Latief, M., Zubaidah, R., Zulkhairina, dan Afandi, M.(2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori danAplikasi.Jakarta: Prenadamedia Group.

Ridho, R., Markhamah, dan Darsinah.(2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di KB “Cerdas” Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 16, No. 2, Tahun 2015:59-69 (https://id.scribd.com/document/365409785/1857-3424-1-SM-1 (Online), di akses 29 Desember 2018).

Saat, S. dan Mania, S. (2018). Pengantar Meodologi Penelitian. Makassar: Sibuku.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwendra, Wayan. I. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial,Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bandung: Nilacakra Publishing House.

Suyadi. (2017). Manajemen Paud TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim penyusun KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke-5. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Yunitasari, C., dan Japarianto, E. (2013). Analisa Faktor-Faktor Pembentuk Personal Branding dari C.Y.N. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra (Online),Vol. 1 No. 1 Tahun 2013. (https://media.neliti.com/media/publications/133264-ID-analisa-faktor-faktor-pembentuk-personal.pdf, di akses 29 Desember 2018).

Published
2018-12-31
How to Cite
Kusyairi, U., Sartika, I. D., Hidayah, H., Hartati, S., & Nurhidayat, N. (2018). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SULAPA EPPA. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 25-34. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6908
Section
Artikel
Abstract viewed = 2769 times