Penerapan Metode Bercerita Tema Islami dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama Pada Anak Usia 5-Tahun

  • Siti Hajrah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Wahyuni Ismail Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perkembangan metode bercerita tema islami dalam meningkatkan perkembangan nilai agama pada anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Paccinongang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan berjumlah 10 anak yang berusia 5-6 tahun yang bertempat tinggal di Kelurahan Paccinongang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Instrumen penelitian menggunakan lembar cheklist dari hasil observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukan terjadinnya peningkatan nilai rata-rata perkembangan nilai agama dari sebelum perlakuan (pre-test) ke setelah perlakuan (post-test) menggunakan metode bercerita tema islami yakni sebesar 21,6. Dapat disimpulkan bahwa metode bercerita tema islami dapat membantu meningkatkan perkembangan nilai agama pada anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Paccinongang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wahyuni Ismail, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

 

 

Published
2022-12-31
How to Cite
Hajrah, S., Ismail, W., & Damayanti, E. (2022). Penerapan Metode Bercerita Tema Islami dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama Pada Anak Usia 5-Tahun. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(2), 112-120. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i2.35330
Abstract viewed = 259 times