MANAJEMEN KURIKULUM PADA TAMAN KANAK-KANAK AULIA SAMATA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini (PAUD) di Taman Kanak-kanak (TK) Aulia Samata Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Tulisan ini dihasilkan melalui penelitian kualitatif dengan metode survey yang dilaksanakan pada bulan Desember 2018. Penelitian dilakukan dengan teknik wawancara dan angket terhadap manajemen dan tenaga pendidik pada TK Aulia Samata. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan: (1) TK Aulia Samata telah mengimplementasi kurikulum 2013; (2) Proses penyusunan kurikulum TK Aulia Samata telah melibatkan guru dan masyarakat; (3) Konten kurikulum dikembangkan untuk mencapai visi membentuk kepribadian anak yang beriman, kreatif, cerdas dan mandiri yang disusun mengikuti capaian yang terkandung dalam rumusan visi, TK Aulia Samata yakni mewujudkan anak didik yang beriman, kreatif, cerdas, dan mandiri. Implikasi dari pencapaian tujuan sekolah, manajemen sekolah memfasiltasi pembelajaran dengan konsep, metode dan media yang relevan dengan isi kurikulum dan mengintegrasikannya ke dalam rancangan kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan seluruh aspek perkembangan peserta didik secara optimal.
Downloads
References
Choiriah, M. (2015). Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Di TK Islam Miftahul Jannah Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Fitri, A.E, Saparahayuningsih, S & Agustriana, N (2017) Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, PG-PAUD FKIP UNIB, Vol.2 No.1 Tahun 2017 ( https://ejournal.unib.ac.id › downloadPDFPERENCANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 ... - eJournal UNIB, diakses 28 Desember 2018)
Lestari, T (2017). Implememntasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina Singkut II Sarolangon. Skripsi. Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Muharrahman (2017). Manejemen Kurikulum Anak Usia Dini Berbasis Pesantren di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Ifttifaqiah (TAKIAH). Tesis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dab Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Setiyani, I. (2009). Menejemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Skripsi. Surakarta: fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suyadi (2017). Manejemen PAUD TPA-KB/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syafaruddin & Amiruddin (2017). Manajemen Kurikulum. Medan: Perdana Publishing.
Walujo, D,A & Listyowati, A, (2017) Kompedium Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: Prenadamedia Group.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).