MANAJEMEN KURIKULUM PADA TAMAN KANAK-KANAK AULIA SAMATA

  • M. Yusuf Tahir M. Yusuf Tahir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ismawati Ismawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rismayani Rismayani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nurhikmah Nurhikmah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini (PAUD) di Taman Kanak-kanak (TK) Aulia Samata Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Tulisan ini dihasilkan melalui penelitian kualitatif dengan metode survey yang dilaksanakan pada bulan Desember 2018. Penelitian dilakukan dengan teknik wawancara dan angket terhadap manajemen dan tenaga pendidik pada TK Aulia Samata.  Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan: (1) TK Aulia Samata telah mengimplementasi kurikulum 2013; (2) Proses penyusunan kurikulum TK Aulia Samata telah  melibatkan guru dan masyarakat; (3) Konten kurikulum dikembangkan untuk mencapai visi membentuk kepribadian anak yang beriman, kreatif, cerdas dan mandiri yang disusun mengikuti capaian yang terkandung dalam rumusan visi, TK Aulia Samata yakni mewujudkan anak didik yang beriman, kreatif, cerdas, dan mandiri. Implikasi dari pencapaian tujuan sekolah, manajemen sekolah memfasiltasi pembelajaran dengan konsep, metode dan media yang relevan dengan isi kurikulum dan mengintegrasikannya ke dalam rancangan kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan seluruh aspek perkembangan peserta didik secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. Yusuf Tahir M. Yusuf Tahir, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Ismawati Ismawati, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Rismayani Rismayani, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Nurhikmah Nurhikmah, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Choiriah, M. (2015). Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Di TK Islam Miftahul Jannah Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Fitri, A.E, Saparahayuningsih, S & Agustriana, N (2017) Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, PG-PAUD FKIP UNIB, Vol.2 No.1 Tahun 2017 ( https://ejournal.unib.ac.id › downloadPDFPERENCANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 ... - eJournal UNIB, diakses 28 Desember 2018)

Lestari, T (2017). Implememntasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina Singkut II Sarolangon. Skripsi. Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Muharrahman (2017). Manejemen Kurikulum Anak Usia Dini Berbasis Pesantren di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Ifttifaqiah (TAKIAH). Tesis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dab Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Setiyani, I. (2009). Menejemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Skripsi. Surakarta: fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suyadi (2017). Manejemen PAUD TPA-KB/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syafaruddin & Amiruddin (2017). Manajemen Kurikulum. Medan: Perdana Publishing.

Walujo, D,A & Listyowati, A, (2017) Kompedium Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: Prenadamedia Group.

Published
2018-12-31
How to Cite
M. Yusuf Tahir, M. Y. T., Ismawati, I., Rismayani, R., & Nurhikmah, N. (2018). MANAJEMEN KURIKULUM PADA TAMAN KANAK-KANAK AULIA SAMATA. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 63-72. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6916
Section
Artikel
Abstract viewed = 860 times